Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Makanan Fermentasi Untuk Kesehatan!

List Artikel
27 Januari 2019 | 0 Komentar
Banyak orang mungkin belum banyak yang tahu akan pentingnya makan makanan fermentasi. Bahkan mungkin di antara kalian belum banyak yang tahu apa saja makanan yang termasuk makanan fermentasi. Nah, beberapa contoh makanan fermentasi yang ada di sekitar kita yaitu seperti yoghurt, kimchi dari Korea, kemudian tempe, tape dan tauco dari Indonesia merupakan makanan fermentasi yang bukan hanya kaya akan gizi namun juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Simak dulu yuk mengapa makan makanan berfermentasi baik untuk kesehatan kita!


Sumber : Pergikuliner.com

1. Kaya Probiotik
Bakteri baik yang terkandung dalam makanan hasil fermentasi ini penting untuk kesehatan pencernaan. Probiotik akan menjaga kestabilan bakteri di dalam pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan dan bahkan mengurangi efek intoleransi terhadap laktosa.

2. Mengandung Enzim
Makanan fermentasi yang mengandung rasa asam ternyata juga mengandung enzim yang berfungsi membuat reaksi kimia, yang membantu organ dan kelenjar dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Enzim ini juga membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein.

3. Membuang Racun Dalam Tubuh
Makanan dan minuman fermentasi adalah sumber nutrisi yang baik untuk membantu proses detoksifikasi. Kandungan asam dan bakteri dalam pangan fermentasi ampuh untuk meluluhkan berbagai jenis racun dan logam berat dalam tubuh seperti merkuri dan aluminium.

4. Kaya Nutrisi
Makanan yang di fermentasi mungkin terlihat basi dan tidak layak makan, namun ternyata justru tinggi nutrisi. Proses fermentasi justru membiarkan bakteri baik untuk tumbuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan hasil fermentasi meliputi vitamin B1, B6, B9, C, K, dan mineral seperti mangan, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Nah, ini dia yang merupakan manfaat utama sekaligus yang paling terlihat jika sering makan makanan fermentasi. Gizi dari makanan fermentasi bisa mengurangi bakteri jahat di usus dan membersihkan sistem pencernaan.

Nah, itu dia nih fakta penting mengapa makanan berfermentasi itu baik untuk kesehatan. Sekarang kamu sudah tahu kan? Jika ingin mengkonsumsi makanan fermentasi lainnya kamu bisa langsung datangi tempat-tempat di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Arasseo

Foto Arasseo

Chia-Yo

Foto Chia-Yo
Foto Chia-Yo
Foto Chia-Yo

Kimchi Go Express

Foto Kimchi Go Express

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?