Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Sambal Buah yang Sukses Bikin Nagih

List Artikel
7 Desember 2018 | 0 Komentar
Sudah bukan hal yang asing lagi kalau masyarakat Indonesia sangat suka menyantap makanan yang bercita rasa pedas. Karena alasan inilah maka diciptakan sambal yang bisa mendampingi dan melengkapi seluruh masakan Indonesia, baik makanan berkuah hingga makanan kering. Cita rasa sambal yang pedas dipercaya mampu menambah nafsu makan. Jadi tak heran jika makan dengan sambal, pasti kita akan makan dengan lahap. Berhubung masyarakat Indonesia sangat suka sambal, di setiap daerahnya memiliki kreasi sambal masing-masing. Tapi ada yang unik nih dari kreasi sambal-sambal tersebut karena ternyata ada beberapa yang menggunakan campuran buah di dalamnya. Coba langsung lihat yuk sambal buah khas Indonesia!

1. Sambal Mangga


Sumber : Pergikuliner.com

Pertama ada sambal mangga yang memiliki citarasa campuran pedas dan asam. Mangga yang digunakan haruslah mangga muda yang bertekstur kenyal karena nantinya mangga harus diserut atau diiris tipis-tipis. Nantinya serutan mangga ini akan ditambahkan pada ulekan cabai merah keriting, cabai rawit, gula merah, dan terasi. Saat dijadikan satu, maka mangga akan mengeluarkan air dan aroma yang sangat wangi.

2. Sambal Belimbing Wuluh


Sumber : Kumpulanmakalahkesehatan9.blogspot.com


Mungkin sebagian dari kamu ada yang tidak mengenal belimbing wuluh. Belimbing wuluh tidak memiliki warna dan bentuk seperti buah belimbing pada umumnya karena warna buah ini adalah hijau muda dengan bentuk lonjong kecil seukuran ibu jari. Belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat asam sehingga bisa membuat sajian sambal segar. Biasanya sambal belimbing wuluh ini dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, terasi, dan garam yang sudah diulek halus.

3. Sambal Jeruk Limau

Sumber : Pagebd.com

Kalau buah yang satu ini pasti kamu sudah mengenalnya dengan baik karena sering muncul dalam sajian makanan sebagai bahan campuran yang bisa membuat cita rasa makanan jadi lebih lezat, terutama jika dijadikan sambal. Sambal jeruk limau merupakan jenis sambal mentah yang semua bahan-bahan pembuatnya mentah alias tidak digoreng atau direbus terlebih dahulu seperti sambal kebanyakan. Campuran antara bawang merah, bawang putih, cabai keriting dan cabai rawit yang berpadu dengan campuran jeruk limau akan membuat cita rasanya jadi lebih mantap.

4. Sambal Durian


Sumber : Tastemade.co.id

Siapa sangka durian yang sangat lezat disantap ini bisa dijadikan sebagai bahan utama sambal. Sambal durian atau yang lebih dikenal dengan nama sambal tempoyak merupakan sambal yang dibuat dari bahan utama durian yang sudah difermentasikan terlebih dahulu lalu diberi campuran cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Sambal durian bisa dengan mudah kamu jumpai di daerah Sumatera.

 

5. Sambal Kelapa


Sumber : Pisangsusu.com


Bagi masyarakat Indonesia, buah kelapa tak hanya lezat disantap begitu saja, tapi juga banyak dijadikan sebagai bahan baku makanan dan jajanan tradisional. Bagi masyarakat Sumatera, kelapa lebih banyak dijadikan santan. Sementara di daerah Jawa, buah kelapa lebih banyak dicampurkan dalam bentuk kelapa parut seperti sambal kelapa. Sambal kelapa ini terbuat dari campuran cabai merah keriting, cabai rawit, kencur, terasi dan bawang putih. Semua bumbu tersebut dikukus kemudian dihaluskan dan diberi campuran kelapa parut. Cita rasanya sudah pasti pedas dan creamy.

 

Dari kelima sambal buah di atas, menurut kamu mana yang paling lezat nih? Jika setelah membaca artikel ini kamu jadi ingin makan makanan yang serba pedas, kamu bisa langsung datang ke beberapa tempat makan ini ya!

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Bebek Omahan

Foto Bebek Omahan
Foto Bebek Omahan
Foto Bebek Omahan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?