Ini Dia 7 Jenis Kerupuk Terfavorit Masyarakat Indonesia

8 Juli 2021 | 0 Komentar

Kerupuk merupakan salah satu kuliner yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia karena sering dijadikan sebagai pelengkap santapan. Selain sambal, masyarakat kita sangat senang makan dengan kerupuk. Rasanya tak akan lengkap santapan yang dimakan tanpa kerupuk. Meski hanya makan nasi dengan sambal saja, tapi rasanya akan lebih nikmat jika dimakan dengan kerupuk. Seolah sudah menjadi teman sejati saat menyantap aneka kuliner Indonesia, keberadaan kerupuk pun jadi sangat mudah dijumpai. 


Kerupuk disukai karena memiliki tekstur yang garing dan renyah sehingga bisa menambah nafsu makan kita. Ditambah lagi kerupuk juga punya rasa yang gurih asin sehingga bikin ketagihan. Kerupuk bisa dibuat dari beragam bahan. Hal inilah yang menjadikan kerupuk punya banyak sekali jenisnya. Jika kita membuat list kerupuk yang ada di Indonesia, jumlahnya bisa mencapai puluhan macam. Tapi dari banyaknya jenis kerupuk di Indonesia, ada tujuh yang jadi favorit dan bisa dijumpai hampir di setiap daerah di Indonesia, apa saja?. Kita lihat sama-sama yuk, Teman Kuliner!


1. Kerupuk Bawang



Sumber: Instagram.com/siu_ling11


Jenis kerupuk terfavorit masyarakat Indonesia yang pertama adalah kerupuk bawang. Jenis kerupuk bawang ini bisa dijumpai dengan mudah di rumah makan-rumah makan yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini dibuat dengan campuran bawang di dalamnya  jenis bawang yang digunakan adalah bawang putih yang dihaluskan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan adonan kerupuk. Bawang putih dipilih karena memiliki aroma wangi yang khas sehingga saat Teman Kuliner menyantapnya, aroma tersebut bisa menggugah selera makan. Kerupuk bawang ini sebenarnya ada banyak jenisnya, yakni ada yang tampilan pinggirnya berwarna-warni dan ada juga yang tidak.


2. Kerupuk Udang



Sumber: Indozone.news


Kerupuk udang menjadi kerupuk terfavorit masyarakat Indonesia lainnya yang juga mudah dicari. Tak berbeda jauh dengan kerupuk bawang, kerupuk udang ini juga cocok disantap dengan segala macam jenis masakan Indonesia, baik itu yang berkuah hingga yang disiram saus kacang. Kerupuk udang memang dibuat dari bahan campuran di dalamnya. Tapi udang yang digunakan ini sudah dihaluskan sehingga Teman Kuliner tidak akan bisa melihat udangnya melainkan bisa merasakan aroma serta rasa udang saat menyantapnya. Berhubung menggunakan udang, maka harga jual dari kerupuk udang terbilang lebih mahal dari kerupuk-kerupuk lainnya.


3. Kerupuk Rambak



Sumber: Wikimedia.org


Kerupuk rambak juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kerupuk rambak yang lebih dikenal sebagai kerupuk kulit ini sering digunakan sebagai campuran kuliner krecek. Tapi selain itu, kerupuk rambak juga sering disantap sebagai teman kuliner berkuah. Hal ini dikarenakan, kerupuk rambak punya tekstur yang unik. Kerupuk ini aslinya memiliki tekstur yang sangat garing dan renyah. Hanya saja, ketika dicelupkan ke dalam kuliner berkuah, maka teksturnya akan menjadi kenyal. Inilah yang menjadikan kerupuk rambak banyak penggemarnya.


4. Kerupuk Putih Keriting



Sumber: Yukepo.com


Buat yang sering makan di warteg dan warung bakso, ada kerupuk putih keriting yang sangat fenomenal. Kerupuk putih keriting ini biasanya dijual di dalam toples besi dan digantung di dinding warteg atau warung. Harganya sangat terjangkau sehingga banyak yang menyukainya. Selain itu, kerupuk putih keriting ini juga punya rasa yang gurih asin karena rata-rata ada yang diberi campuran bawang putih atau ikan. Kerupuk ini punya bentuk keriting bundar dan teksturnya garing renyah.


5. Kerupuk Ikan



Sumber: Kompas.com


Kerupuk terfavorit selanjutnya adalah kerupuk ikan. Sesuai dengan namanya, kerupuk ikan ini dibuat dari bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan kebanyakan adalah ikan laut sehingga aroma ikannya lebih terasa. Meski demikian, ikan tenggiri paling banyak digunakan menjadi kerupuk ikan. Kerupuk ikan memiliki ciri khas berwarna putih dengan bentuk bulat pipih. Kerupuk ikan ini lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis kerupuk lainnya. Kerupuk ikan cocok disantap dengan makanan apa saja seperti nasi goreng, soto, dan masih banyak lagi.


6. Kerupuk Puli dan Gendar



Sumber: Kompas.com


Kerupuk puli dan gendar adalah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar nasi. Jadi kerupuk ini dibuat dari nasi kering yang dihancurkan lalu dibentuk dan dijemur, baru kemudian digoreng hingga matang dan merekah. Kerupuk puli dan gendar sebenarnya memiliki tekstur yang berbeda. Kerupuk puli menggunakan nasi yang ditumbuk hingga halus sehingga teksturnya rata dan lembut. Sedangkan kerupuk gendar menggunakan nasi yang ditumbuk kasar sehingga tekstur kerupuk terasa agak kasar.


7. Kerupuk Mie



Sumber: Dapurkobe.co.id


Jenis kerupuk terfavorit yang terakhir adalah kerupuk mie. Kerupuk mie ini sebenarnya bukanlah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar mie, melainkan kerupuk yang dibuat menyerupai bentuk mie. Jadi seperti ada jaring-jaringnya karena sengaja dicetak dengan cara menyerupai bentuk mie yang kemudian dibentuk lingkaran agar mudah menggorengnya. Selain itu, warnanya juga kekuningan, mirip dengan mie. Kerupuk mie paling sering disantap bersama dengan asinan atau disantap dengan sambal kacang.

 

Itulah beberapa jenis kerupuk terfavorit masyarakat Indonesia. Dari ketujuh kerupuk di atas, Teman Kuliner paling sering mengonsumsi yang mana?

Restoran Beautika Manado

Seafood City By Bandar Djakarta

Soto Betawi Nyonya Afung

Plataran

Haiseafood


Topik artikel ini: