Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Internasional dari Indonesia yang Populer

List Artikel
7 Juli 2021 | 2 Komentar

Indonesia tak hanya dikenal akan keanekaragaman budaya dan tempat wisatanya saja, tetapi juga terkenal dengan aneka ragam makanannya. Masing-masing daerah di Indonesia punya kuliner khasnya. Oleh karena itu, tidak heran kalau ada banyak makanan khas Indonesia yang bisa kita jumpai. Dengan citarasanya yang unik dan eksotis, makanan khas Indonesia ini bisa go internasional alias menjadi makanan internasional yang dikenal oleh banyak negara. Jadi kita tidak hanya bisa menjumpai makanan Indonesia di negara asalnya saja, tetapi juga ada di beberapa negara di dunia. Ada banyak makanan internasional dari Indonesia yang populer di dunia, yuk kita bahas satu per-satu!

 

1. Rendang



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan internasional yang pertama adalah rendang. Kuliner dari Sumatera Barat ini sangat populer di luar negeri sehingga menjadi makanan internasional dari Indonesia yang masuk dalam jajaran 50 kuliner terlezat di dunia versi CNN. Rendang dibuat dari bahan dasar daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan puluhan jenis rempah dan santan kelapa. Proses memasaknya bisa berjam-jam lamanya sehingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan menjadikan tekstur dari daging menjadi sangat lembut. Rendang sangat disukai oleh masyarakat luar negeri karena bahan utamanya adalah daging dan cita rasanya sangat nikmat. Saat ini Teman Kuliner bisa menjumpai rendang yang dijual dalam kemasan.


2. Nasi Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Selain rendang, makanan internasional dari Indonesia yang populer di luar negeri adalah nasi goreng. Nasi goreng sangat disukai oleh orang luar negeri karena memiliki rasa yang eksotis. Citarasanya juga cenderung pedas dan ada tambahan rasa segar dari acar yang dijadikan sebagai pendampingnya. Nasi goreng khas Indonesia sebenarnya ada banyak jenisnya, tapi yang paling sering dijumpai di luar negeri adalah nasi goreng dengan bumbu terasi. Nasi goreng biasa disajikan bersama dengan telur ceplok atau telur dadar, kerupuk, dan acar mentimun serta wortel.


3. Mie Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan internasional dari Indonesia selanjutnya adalah mie goreng. Mie goreng dibuat dari bahan dasar mie kuning atau mie keriting yang sudah direbus lalu ditumis kembali bersama dengan bumbu rempah. Bumbu yang digunakan biasanya adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah, terasi, dan garam. Untuk bahan tambahannya biasanya ada campuran sayuran seperti sawi hijau, kubis, daun bawang, hingga tauge. Sama seperti nasi goreng, untuk penyajian makanan internasional dari Indonesia ini adalah dengan acar mentimun dan wortel serta kerupuk warna.


4. Sate



Sumber: Pergikuliner.com 


Sate juga sangat populer di luar negeri sehingga menjadi makanan internasional dari Indonesia yang banyak diburu. Sate khas Indonesia sebenarnya ada banyak jenisnya, tapi yang sering dijumpai di luar negeri adalah sate ayam. Sate ayam terbuat dari bahan utama daging ayam fillet yang dipotong kotak sedan lalu ditusuk dengan tusukan sate dan dipanggang atau dibakar di atas arang. Untuk penyajiannya akan disiram dengan saus kacang yang gurih asin manis dan taburan bawang goreng. Jika di Indonesia, sate ayam lebih sering disantap dengan lontong daun yang dipotong-potong, masyarakat luar negeri lebih suka menyantapnya begitu saja.


5. Bakso


Sumber: Pergikuliner.com


Bakso yang dijuluki sebagai makanan sejuta umat ini juga menjadi makanan internasional dari Indonesia yang populer di luar negeri. Bakso ini disukai karena teksturnya yang sangat kenyal. Ditambah lagi, kuah dari bakso ini juga terasa gurih asin. Bakso dibuat dari bahan dasar daging cincang yang dicampur dengan aneka rempah dan dibentuk bulat-bulat lalu direbus hingga matang. Setelah itu baru disajikan dengan kuah bakso, sawi hijau, mie kuning, bihun, bawang goreng, dan daun bawang seledri iris. Tak lupa ada saus sambal dan kecap yang disajikan sebagai tambahan bumbu untuk melezatkan kuliner ini.


6. Soto



Sumber: Pergikuliner.com 


Meski tidak sepopuler bakso, tapi soto juga dikenal sebagai makanan internasional dari Indonesia yang populer. Soto khas Indonesia yang banyak dijumpai di luar negeri adalah soto ayam dan soto daging. Dua jenis soto ini memiliki ciri khas kuah yang agak kekuningan tapi bening dengan rasa yang sangat gurih. Soto ayam atau daging biasa disajikan bersama dengan bihun rebus, telur rebus, bawang goreng, dan  daun seledri. Teman Kuliner bisa menyantap soto dengan nasi putih hangat, sambal, dan kerupuk.


7. Tempe



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada tempe yang keberadaannya sudah sangat populer di luar negeri. Tempe menjadi makanan internasional dari Indonesia yang dijual dengan harga yang sangat tinggi di luar negeri. Jika di Indonesia, kita bisa mendapatkan satu papan tempe seharga Rp5.000 hingga Rp7.000, di luar negeri harga tempe bisa sepuluh kali lipat. Terutama di negara-negara Eropa, harganya bahkan bisa menyamai harga daging. Hal ini dikarenakan tempe adalah superfood yang kaya akan kandungan gizi sehingga cocok untuk diet dan juga pecinta gaya hidup sehat.

 

Itulah beberapa makanan internasional dari Indonesia yang populer di dunia. Teman Kuliner lebih suka yang mana nih? Kalau ingin menyantap kuliner di atas, mampir saja ke salah satu rumah makan yang ada di bawah ini!

Sate Ayam Ponorogo Pak Seger

Foto Sate Ayam Ponorogo Pak Seger
Foto Sate Ayam Ponorogo Pak Seger
Foto Sate Ayam Ponorogo Pak Seger

Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok
Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok
Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Tokito Kitchen

Foto Tokito Kitchen
Foto Tokito Kitchen
Foto Tokito Kitchen

Onni House

Foto Onni House
Foto Onni House
Foto Onni House

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
teOJKbiDFMIBm
florineguill064@gmail.com | 07 Jul 2021 pk. 01:59 AM
Foto user umum
MNCaIDWsl
florineguill064@gmail.com | 07 Jul 2021 pk. 01:59 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?