Ini Dia Kuah-Kuah Lezat Penambah Kenikmatan Ramen

20 Juli 2017 | 0 Komentar

Kelezatan semangkuk ramen tidak terlepas dari rasa kuah yang enak. Ketika kamu berkunjung ke sebuah restoran spesialis ramen, di dalam menu tersebut tersaji berbagai pilihan ramen dengan pilihan kuah yang berbeda-beda dan masing-masing mempunyai rasa unik tersendiri. Apa saja jenis kuah ramen yang biasa ditemui di restoran-restoran? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.


1. Shio



sumber : pergikuliner.com


Shio dalam bahasa Jepang yang berarti garam dalam bahasa Indonesia. Garam laut merupakan salah satu bumbu tertua yang digunakan dalam pembuatan kuah ramen. Shio Ramen sangat populer di Hakodate, Jepang. Sesuai dengan arti sebenarnya, yaitu “garam”, tipe kuah ramen satu ini mempunyai rasa yang lebih asin dibanding tipe kuah lain. Biasa terbuat dari kaldu ayam atau babi, warna jenis kuah ini cenderung bening.


2. Shoyu


sumber : pergikuliner.com

Shoyu atau yang dikenal dengan kecap Jepang ini sangat populer sebagai kuah ramen di wilayah Kanto, Jepang. Jenis kuah ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dan cenderung memiliki warna kuah yang bening, namun lebih gelap dari Shio. Shoyu mempunyai rasa yang lebih manis dari Shio.


3. Miso



sumber : pergikuliner.com

Inovasi masyarakat Jepang terhadap kuah ramen tidak berhenti begitu saja. Miso ramen atau ramen dengan kuah Miso ini merupakan salah satu inovasi yang ditemukan di tempat-tempat makan ramen di Jepang dan populer pada tahun 1960-an. Terbuat dari miso yang dicampur dengan kaldu ayam, ikan atau babi. Kuah miso mempunyai rasa yang kuat, sedikit manis dan lebih kental dari jenis kuah Shio dan Shoyu.


4. Tonkotsu


sumber : pergikuliner.com

Ramen Tonkotsu merupakan salah satu ramen dengan kuah paling terkenal di seluruh dunia. Kuah Tonkotsu terbuat dari rebusan kaldu tulang, lemak dan kolagen babi, dimasak berjam-jam sehingga tercipta kuah yang kental dan lezat. Tonkotsu mempunyai rasa yang gurih dan warna kuah yang hamper menyerupai susu.

 

Nah, dari 4 jenis kuah ramen di atas, yang mana favorit kamu? kalau masih bingung menentukan ramen dengan kuah favorit kamu, kamu bisa menyantap semua jenis ramen diatas di restoran-restoran enak berikut ini!

Ramen Orenchi

Ramen SeiRock-Ya

Marutama Ra-men

Echigoya Ramen

Tsurukamedou


Topik artikel ini: