Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Menu Sarapan yang Digemari Anak Kampus Jogja!

List Artikel
26 Februari 2019 | 0 Komentar
Yogyakarta atau Jogja dikenal sebagai kota pelajar karena ada banyak sekali universitas yang ada di sini. Tak heran kalau kamu bisa dengan mudah menemukan tempat kost di Jogja. Apalagi tempat makan yang murah meriah karena harga makanan di Jogja sangat ramah di kantong mahasiswa. Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata kuliner. Jika kamu berencana liburan ke Jogja, bagaimana kalau kamu juga sekaligus merencanakan kulineran di sana. Tema yang diambil bisa menu sarapan yang paling sering diburu anak-anak kampus Jogja. Sebagai referensinya, PergiKuliner akan memberitahumu apa saja nih yang bisa kamu coba. Simak yuk!

Nasi Gudeg



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada nasi gudeg yang merupakan kuliner khas Jogja. Nasi gudeg yang banyak dibeli mahasiswa adalah yang berisi gudeg nangka atau telur karena harganya lebih murah. Selain gudeg, biasanya nasi gudeg dilengkapi dengan lauk lainnya seperti krecek sehingga memiliki cita rasa pedas, tempe mendoan, opor ayam suwir dan lain sebagainya. Biasanya nasi gudeg dijual dalam bentuk pincuk dengan menggunakan daun pisang.

 

Nasi Pecel


Sumber : Pergikuliner.com


Selain nasi gudeg, ada nasi pecel yang tak kalah tenarnya. Berbeda dengan nasi gudeg yang cenderung agak manis, nasi pecel terbilang memiliki cita rasa yang cukup pedas. Nasi pecel di Jogja berisi sayuran bayam, kacang panjang, tauge, kangkung, dan kol. Satu porsi nasi pecel biasanya didampingi dengan gorengan tempe mendoan, tahu goreng, atau bakwan.


Nasi Sarden


Sumber : Idntimes.com


Selanjutnya ada nasi sarden yang bisa dengan mudah kamu jumpai di sekitar kampus yang ada di Jogja, seperti UGM, UNY, dan lain sebagainya. Nasi sarden memiliki harga yang sangat murah, sehingga sangat digemari anak kampus. Sesuai dengan namanya nasi sarden terbuat dari ikan sarden kalengan yang dimasak lagi lalu disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Harga yang diberikan untuk seporsi nasi sarden berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

 

Soto Ayam



Sumber : Merdeka.com


Berikutnya ada kuliner berkuah yang sangat enak disantap untuk mengisi perut yang lapar di pagi hari. Soto ayam di Jogja, porsinya tidak sebanyak porsi soto ayam yang ada di Jakarta sehingga cocok untuk sarapan. Seporsi soto ayam biasanya sudah diberi tambahan nasi didalam mangkuknya. Kamu bisa menyantap soto ayam dengan tambahan gorengan dan juga kerupuk udang.

 

Wedang Tahu


Sumber : Kompasiana.com


Menu sarapan terakhir yang disukai anak kampus Jogja adalah wedang tahu. Menu sarapan ini sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin makan nasi atau tidak ingin merasa terlalu kenyang di pagi hari. Wedang tahu dibuat dari tahu sutera dan kuah jahe sehingga bisa menghangatkan badanmu di pagi hari dan melancarkan pencernaan.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan menu sarapan apa saja yang digemari anak kampus di Jogja? Pastinya nikmat-nikmat dong. Setelah membaca artikel ini apakah kamu jadi penasaran dan ingin mencobanya? Jika iya, tenang saja karena PergiKuliner sudah siapkan rekomendasinya lho untuk kamu di bawah ini!

Soto Bu Tjondro

Foto Soto Bu Tjondro
Foto Soto Bu Tjondro

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Rm Gudeg Jogja Bu Hani

Foto Rm Gudeg Jogja Bu Hani

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati
Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati
Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?