Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Table Manner yang Harus Diikuti Saat Datang ke Jamuan Makan Resmi!

List Artikel
16 Maret 2020 | 2 Komentar

Kamu pernah datang ke acara perjamuan makan resmi? Acara jamuan makan resmi biasanya diadakan di restoran atau hotel karena memang harus mencari suasana yang nyaman, tempat yang luas, hingga makanan yang disajikan dengan plating yang cantik. Rata-rata jamuan makan resmi mengusung konsep fine dining. Nah, saat kamu diundang untuk datang ke jamuan makan resmi, pastinya ada table manner yang perlu diikuti. Table manner adalah etika makan yang harus dilakukan pada saat jamuan makan. Nah, simak dulu yuk apa saja table manner yang perlu kamu ikuti di bawah ini:



 Sumber : Detik.net.id


1. Duduk Sesuai Kursi yang Disediakan

Hal pertama yang harus dilakukan saat datang ke jamuan besar adalah duduk pada kursi yang telah disediakan. Jadi ketika kamu memasuki restoran, jangan langsung duduk di sembarang tempat, tapi tanyakan kepada pelayan dulu, di mana kamu bisa duduk. Rata-rata pada jamuan makan resmi, kursi sudah diberi nama masing-masing dan nantinya pelayan akan menunjukkan kepadamu kursi tempatmu.


2. Letakkan Serbet di Paha

Dalam table manner jamuan resmi akan selalu ada serbet yang diletakkan di  samping piring. Nah, kamu bisa meletakkannya di atas pahamu. Dengan meletakkan serbet di atas paha, maka makanan tidak akan jatuh mengotori pakaianmu. Lakukan hal ini saat tuan rumah atau orang yang mengundangmu melakukannya terlebih dahulu. Nantinya saat ia meletakkan kembali serbet di atas meja, itu tandanya jamuan makan telah selesai.


3. Makanlah Saat Dipersilahkan dan Tawarkan Orang Lain Dulu

Meski sudah sangat lapar, kamu tetap harus menunggu orang yang mengadakan jamuan makan untuk menyuruhmu menyantap makanan di hadapanmu. Setelah kamu dipersilahkan, tawarkan dulu kepada orang lain, terutama yang ada di sebelah kananmu. Barulah setelah itu, kamu bisa mulai menyantap hidanganmu.


4. Potong Makanan Kecil-kecil Sebelum Masuk Mulut

Saat sedang makan, usahakan untuk memotong makanan hingga kecil sebelum dimasukkan dalam mulut. Hal ini dilakukan untuk mencegah mulutmu terlihat penuh. Mulut yang terlihat terlalu penuh saat jamuan makan resmi akan terlihat tidak sopan. Saat makan, usahakan kepala yang menghampiri sendok, bukan kebalikannya.


5. Akhiri Makan dengan Letakkan Peralatan Makan yang Benar

Setelah selesai makan, jangan main asal meletakkan peralatan makan seperti sendok dan garpu karena akan dianggap kurang sopan. Kamu bisa meletakkan sendok, garpu, atau pisau di atas piring dengan arah angka 11 lurus. Sikap ini dianggap menghargai makanan yang sudah diberikan kepadamu.


6. Jangan Meletakkan Siku di Atas Meja

Untuk hal pertama yang tidak boleh dilakukan saat jamuan makan adalah meletakkan siku di atas meja. Hal ini kerap kali kita lakukan saat akan menyantap makanan. Tapi dalam jamuan makan, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Meletakkan siku di atas meja dianggap bisa membuat meja lebih penuh dan sikumu bisa menyenggol orang yang ada di sebelah sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.


7. Jangan Berbicara Mengunyah Makanan

Saat makan di rumah atau makan bersama dengan teman-teman, menyantap makanan sambil mengobrol mungkin hal yang biasa, tapi saat makan di jamuan resmi, kamu sebaiknya tidak makan sambil berbicara. Jika ingin berbicara, telan dulu makanan yang ada di mulut. Mulut yang penuh makanan ketika berbicara bisa menimbulkan rasa risih bagi orang yang melihatnya.


8. Jangan Menyandar di Kursi

Setelah selesai makan besar, sambil menunggu dessert disajikan, beberapa dari kita mungkin suka menyandarkan punggung pada kursi. Ketika makan di jamuan besar, hal tersebut jangan dilakukan. Usahakan duduk dengan cara tegak. Hindari juga menggoyang-goyangkan kaki, apalagi mengangkat atau menyila kaki.


9. Jangan Bermain HP Saat Makan

Terakhir adalah jangan sekali-kali bermain hp saat makan. Sebenarnya hal ini juga bisa diterapkan pada saat acara makan biasa karena ketika makan, sebaiknya fokus kita tidak terpecah. Dalam table manner jamuan makan besar, kamu bahkan disarankan untuk melakukan mode airplane pada handphone dan ketika ada telepon yang sifatnya darurat, maka diharuskan untuk izin dan melakukan panggilan di luar ruangan.

 

Jadi sekarang kamu tahu kan apa saja table manner yang wajib banget kamu ikuti pas datang ke jamuan makan resmi. Pelajari dengan benar ya, agar nantinya bisa kamu terapkan secara baik. Semoga informasi di atas dapat berguna untukmu! Nah, poin di atas bisa kamu terapkan saat makan di salah satu tempat makan ini nih!

Tugu Kunstkring Paleis

Foto Tugu Kunstkring Paleis
Foto Tugu Kunstkring Paleis
Foto Tugu Kunstkring Paleis

Altitude Grill

Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Gia Restaurant & Bar

Foto Gia Restaurant & Bar
Foto Gia Restaurant & Bar
Foto Gia Restaurant & Bar

Henshin - The Westin Jakarta

Foto Henshin - The Westin Jakarta
Foto Henshin - The Westin Jakarta
Foto Henshin - The Westin Jakarta

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Sangat informatif
ses.saputra28@gmail.com | 22 May 2020 pk. 09:42 PM
Foto user umum
sangat menarik
ses.saputra28@gmail.com | 22 May 2020 pk. 09:43 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?