Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Manfaat Mengontrol Porsi Makan yang Benar Sehari-hari

List Artikel
21 Maret 2021 | 0 Komentar

Mengontrol porsi makan yang benar sehari-hari sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. Tapi sayangnya, kita sebagai pecinta kuliner kerap kali tidak bisa menahan diri saat sedang berhadapan dengan kuliner enak yang ada di depan mata. Rasanya selalu ingin mengunyah dan menyantap langsung karena ingin mencoba cita rasanya. Mengontrol porsi makan bisa dilakukan dengan cara menyantap makanan dengan porsi yang sesuai atau dibutuhkan oleh tubuh. Misalkan saja, kamu termasuk orang yang aktif bergerak atau melakukan banyak aktivitas, maka konsumsi karbohidrat dan protein bisa diperbanyak. Tapi jika kamu lebih banyak duduk atau tidak banyak bergerak, maka asupan karbohidratnya bisa dikurangi. Dengan mengontrol porsi makan yang benar sehari-hari, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Lantas apa saja manfaat dari mengontrol porsi makan yang benar sehari-hari? Cek langsung jawabannya di bawah ini!

 


Sumber: Meredithcorp.io


1. Membuat Tubuh Bisa Mendapat Asupan Nutrisi yang Tepat

Porsi makan memang harus selalu dikontrol dengan baik supaya asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh bisa tepat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau kita tidak banyak bergerak, maka asupan karbohidrat bisa dikurangi dan asupan seratnya bisa ditambah. Tubuh yang mendapatkan nutrisi yang tepat bisa berdampak pada sistem imunitas yang terjaga sehingga kamu tak mudah sakit. Tentu saja hal ini akan sangat berguna di tengah pandemi seperti saat ini karena kekebalan tubuh sangatlah diperlukan untuk mencegah tertularnya virus corona.


2. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Manfaat utama dari mengontrol porsi makan yang benar sehari-hari adalah untuk menjaga berat badan tetap stabil karena makan dalam porsi yang cukup bisa membantu mengurangi asupan kalori secara berlebihan. Makan dengan porsi yang benar akan mencegah tubuh makan berlebihan dan mencegah perut merasa kekenyangan. Dengan begitu, kelebihan kalori dan lemak juga bisa dihindari sehingga berat badan bisa menjadi lebih stabil.

 

3. Mencegah Tubuh Terkena Penyakit Kronis

Makan dengan porsi yang benar sehari-hari juga bisa mencegah tubuh terkena beragam jenis penyakit kronis seperti jantung, hipertensi, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya. Dengan mengontrol porsi makan yang benar, tubuh bisa terhindar dari kelebihan lemak, karbohidrat, serta gula karena porsi makan dikontrol dengan baik. Alhasil, peredaran darah bisa lancar sehingga tubuh akan terhindar dari beberapa penyakit kronis.

 

4. Mengontrol Gula Darah dengan Baik

Salah satu manfaat mengontrol porsi makan yang benar sehari-hari adalah bisa mengontrol gula darah dengan baik. Tubuh bisa mengubah makanan yang kamu makan terutama karbohidrat menjadi glukosa, sejenis gula yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Ketika kamu makan dengan porsi besar, kadar glukosamu akan meningka dengan cepat. Saat aliran darah dibanjiri glukosa, maka pankreas melepaskan insulin untuk memindahkan glukosa itu ke dalam sel yang akan digunakan tubuh. Semakin cepat kadar glukosa naik, maka semakin besar kemungkinan pankreasmu akan menghasilkan terlalu banyak insulin.

 

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat mengontrol porsi makan yang benar sehari-hari yang terakhir adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan tubuh. Makan dalam porsi yang berlebihan akan membuat perut bisa semakin meregang dan menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih berat. Dampaknya, tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik sehingga pada akhirnya muncul beberapa penyakit pencernaan seperti perut kembung dan begah.

 

Sekarang teman kuliner sudah tahu bukan manfaat mengontrol porsi makan yang benar? Jadi mulai sekarang, mulailah makan dengan mengontrol porsi yang benar supaya manfaat-manfaat di atas bisa berguna untukmu, dan yuk coba dimulai dengan makan makanan sehat seperti salad yang ada di tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Pish & Posh

Foto Pish & Posh
Foto Pish & Posh
Foto Pish & Posh

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?