Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah 3 Jenis Kopi Robusta Terbaik

List Artikel
25 Februari 2021 | 1 Komentar

Kepopuleran kopi robusta di kalangan penikmat kopi memang bukanlah hal yang baru. Kopi robusta sendiri menduduki peringkat kedua di dunia dari segi penjualan setelah kopi arabika. Maka dari itu, dalam artikel kali ini PergiKuliner akan bahas mengenai kopi robusta terbaik yang wajib teman kuliner ketahui. Namun, sebelum membahasnya lebih jauh. Kenalan dulu yuk dengan kopi robusta dan asal usulnya. Kopi robusta memiliki nama ilmiah yaitu Coffea Canephora. Sementara, nama robusta sendiri berasal dari kata "robust" yang berarti kuat. Sesuai arti dari namanya, kopi robusta memang memiliki cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit daripada kopi arabika. Kopi robusta sendiri biasanya sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kopi siap saji yang dijual di kedai-kedai kopi seperti cappuccino, macchiato, dan coffee latte. Karena rasanya yang pahit sehingga lebih cocok jika diracik dengan bahan minuman lainnya yang berbasis kopi susu.



Sumber: Freeimage.com


Awal mula kopi robusta masuk ke Indonesia ialah pada tahun 1907. Dimana pada saat itu, Belanda membawa tanaman kopi untuk dibudidayakan di Indonesia. Kopi robusta pun pernah menjadi kopi pengganti arabika ketika kopi tersebut mengalami gagal panen karena wabah penyakit. Kopi robusta diketahui memang memiliki ketahanan yang paling bagus dibandingkan kopi lainnya seperti arabika dan excelsa. Terbukti ketika ditanam pada musim wabah penyakit dan hama justru yang bertahan hanya kopi robusta. Sejak saat itu, kopi robusta menjadi jenis kopi yang paling banyak ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Bahkan diketahui 80% perkebunan kopi yang ada di Indonesia didominasi oleh kopi robusta.

Namun, karena perbedaan letak geografis, iklim dan kondisi tanah di setiap daerah tentunya membuat kualitas biji kopi yang dihasilkan pun berbeda pula. Tergantung dimana tanaman kopi itu ditanam dan pada ketinggian berapa mdpl. Maka dari itu, teman kuliner wajib mengetahui mana saja jenis robusta terbaik dan paling nikmat untuk dikonsumsi. 


Berikut ini adalah 3 jenis kopi robusta terbaik di Indonesia yang sudah PergiKuliner rangkum buat teman kuliner!



Sumber: freeimage.com


1. Kopi Lampung

Buat pecinta kopi pastinya sudah tahu kalau Pulau Sumatra itu jadi pusatnya perkebunan kopi terbaik di Indonesia. Tak terkecuali Lampung, Sumatra Selatan. Lampung sendiri sudah lebih dulu dikenal memiliki jenis kopi robusta terbaik di nusantara. Bahkan penjualan kopi Robusta Lampung ini tak main-main lho. Penjualan kopi Robusta Lampung sudah mencapai pasar internasional. Kopi Robusta Lampung ditanam di ketinggian 600 mdpl. Faktor iklim dan kondisi tanam yang subur membuat kopi jenis ini menghasilkan kualitas rasa yang luar biasa dan dinobatkan sebagai jenis kopi robusta terbaik.


2. Robusta Dampit Malang

Robusta Dampit Malang bisa menjadi pilihan ngopi teman kuliner jika ingin merasakan taste kopi yang unik. Dinamakan Robusta Dampit Malang karena kopi jenis ini berasal dari Kecamatan Dampit. Kawasan ini memang sudah terkenal sebagai kawasan penghasil kopi terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, hasil dari perkebunan kopi di Dampit ini ternyata 90% diekspor ke pasar luar negeri. Tak heran kalau kopi Robusta Dampit Malang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Karena pasar penjualannnya yang sudah mendunia. Soal kenikmatan rasa kopi ini juga tak perlu diragukan lagi. Kopi Robusta Dampit Malang ditanam di atas ketinggian 800 mdpl, sehingga membuat taste kopi ini unik dan spesial ketimbang kopi jenis lainnya.


3. Robusta Bali Tabanan

Buat teman kuliner penikmat kopi sejati, kurang afdol rasanya kalau belum pernah mencicipi kopi Robusta Bali Tabanan. Kopi jenis ini memiliki rasa yang unik dengan aroma coklat yang begitu nikmat. Rasanya tidak terlalu pahit dibandingkan kopi robusta lainnya. Kopi Robusta Bali Tabanan ditanam di atas ketinggian sekitar 400-800 mdpl dengan iklim yang sejuk dan kondisi tanah yang bagus. Maka tak mengherankan kalau kopi jenis banyak disukai konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri. Walaupun kepopuleran kopi Robusta Bali Tabanan masih kalah jauh dengan Robusta Lampung dan Dampit Malang, namun kalau soal taste tidak usah dipertanyakan lagi deh.


Dari informasi diatas, sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia bangga akan kekayaan alam kopi nusantara. Karena jenis kopi robusta terbaik ternyata dimiliki oleh Indonesia. Jadi, jenis kopi robusta manakah yang jadi favoritmu?

Kalau teman kuliner belum menentukan, cicipi dulu racikan kopi terbaik di coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini yuk!

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Coffee With Me

Foto Coffee With Me
Foto Coffee With Me
Foto Coffee With Me

Narasi Coffee

Foto Narasi Coffee
Foto Narasi Coffee
Foto Narasi Coffee

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Kyo Coffee

Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
salam pecinta kopi
bagasalmunawarhr@gmail.com | 09 Dec 2022 pk. 10:30 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?