Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 3 Saus yang Saat Ini Jadi Primadona di Berbagai Masakan

List Artikel
6 Desember 2022 | 0 Komentar

Saus menjadi pelengkap makanan sekaligus bahan yang bisa memperlezat makanan. Saus bisa ditambahkan di bagian atas sebagai topping, bisa juga disantap sebagai cocolan, atau bisa juga dijadikan isian pada aneka kuliner. Saus memiliki dua jenis tekstur, yakni yang bertekstur cair dan kental. Saus bisa dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari aneka sayuran, bumbu rempah, susu dan olahannya, hingga bahan tambahan lainnya. Perbedaan bahan yang digunakan inilah yang membuat rasa dari saus menjadi berbeda.Ada beberapa jenis saus klasik yang sering digunakan, tapi ada juga saus kekinian yang saat ini sedang viral. Dari sekian banyak saus kekinian, ada tiga yang paling sering digunakan karena memang banyak sekali penggemarnya. Inilah tiga saus kekinian yang saat ini sedang menjadi primadona, yaitu:

 

1. Saus Telur Asin



Sumber: Pergikuliner.com


Saus pertama yang saat ini sedang digandrungi adalah saus telur asin. Saus telur asin merupakan jenis saus yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar telur asin. Telur asin ini dibuat dari telur bebek. Telur asin yang digunakan hanya bagian kuningnya saja, sedangkan bagian putihnya tidak digunakan. Untuk membuat saus telur asin, bagian kuning telur asin harus dihancurkan terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan bahan tambahan lainnya seperti bawang putih, garam, gula, merica, mentega, dan susu atau cooking cream. Semua bahan dicampur hingga rata lalu dimasak di atas api hingga teksturnya mengental. Saus telur asin memiliki tekstur yang cukup kental dengan warna agak kekuningan. Saus ini banyak digunakan di beberapa kuliner, mulai dari dijadikan topping pada ayam goreng hingga isian croissant.

 

2. Saus Mentai



Sumber: Pergikuliner.com


Saus mentai menjadi saus kekinian berikutnya yang juga banyak digemari. Saus mentai adalah saus asal Jepang yang dibuat dari bahan dasar telur ikan kod yang nantinya akan dicampurkan dengan mayonaise. Selain menggunakan jenis ikan kod, saus mentai juga bisa menggunakan tobiko saat ikan kod sulit untuk didapat. Saus mentai memiliki tampilan warna orange agak kemerahan sehingga bisa menggugah selera siapa saja untuk menyantapnya. Sementara untuk rasa dari saus mentai cenderung creamy dan asin. Saus mentai awalnya hanya digunakan sebagai saus topping pada sushi. Tapi sekarang saus ini bisa digunakan pada beragam kuliner lainnya seperti dimsum, martabak telur, dan masih banyak lagi.

 

3. Saus Garlic Cheese



Sumber: Pergikuliner.com


Saus ketiga yang menjadi primadona saat ini adalah garlic cheese atau keju bawang. Saus keju bawang memiliki aroma yang wangi karena menggunakan bawang putih dan rasa yang gurih asin karena menggunakan campuran keju di dalamnya. Untuk membuat saus bawang keju, bawang putih harus ditumis terlebih dahulu dengan menggunakan mentega tawar lalu diberi campuran keju, lada, dan sedikit daun parsley. Untuk jenis keju yang digunakan bisa berupa cheddar. Saus garlic cheese ini banyak digunakan pada kuliner roti, hingga olahan pastry lainnya.

 

Bagaimana menurutmu tentang aneka saus enak yang ada di atas? Dari ketiga saus yang ada di atas, manakah yang paling kamu suka? Buat yang ingin mencicip aneka saus yang ada di atas, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

SEC Bowl

Foto SEC Bowl
Foto SEC Bowl
Foto SEC Bowl

Salty Sam

Foto Salty Sam
Foto Salty Sam
Foto Salty Sam

Sobat Mentai

Foto Sobat Mentai
Foto Sobat Mentai
Foto Sobat Mentai

Umaku Sushi

Foto Umaku Sushi
Foto Umaku Sushi
Foto Umaku Sushi

By Anind

Foto By Anind
Foto By Anind
Foto By Anind

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?