Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Rahasia Mengapa Kuliner Kaki Lima Rasanya Lebih Enak dan Bikin Nagih

List Artikel
21 Juni 2023 | 0 Komentar

Kuliner kaki lima merupakan sebutan untuk kuliner yang dijual di pinggir jalan atau di atas trotoar. Dinamakan kaki lima karena memang pedagang kuliner tersebut berjualan di pinggir jalan yang luasnya hanya sebesar lima kaki saja. Para pedagang kaki lima biasanya mangkal pada waktu yang ditentukan, tapi ada juga yang suka berpindah-pindah karena mereka berjualan dengan menggunakan gerobak sehingga mudah untuk berpindah-pindah. Kuliner kaki lima ini meskipun tampilan tempatnya tidak menarik untuk didatangi, anehnya kebanyakan memiliki rasa makanan yang lebih enak jika dibandingkan dengan makanan yang dijual di kafe hingga restoran ternama. Lantas, mengapa kuliner kaki lima rasanya lebih enak dan bikin nagih? Coba kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

 


Sumber: pergikuliner.com


Resep Tradisional

Alasan yang pertama adalah karena resep yang digunakan merupakan resep tradisional yang kebanyakan sudah turun-temurun. Meski ada beberapa pedagang kuliner kaki lima yang membuat resepnya sendiri, biasanya mereka sebelumnya sudah pernah menjajal beragam resep dan bertanya pada pedagang-pedagang sebelumnya yang sudah pernah berjualan menu kuliner tersebut. Karena menggunakan resep tradisional, maka rasanya sudah pasti enak. Para pedagang kuliner kaki lima juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan bumbu pada masakan mereka sehingga sudah pasti rasanya menjadi lebih enak.


Menggunakan Api Memasak yang Besar

Rahasia kedua mengapa kuliner kaki lima terasa lebih enak adalah karena api yang digunakan untuk memasak ini berbeda dengan yang biasa kita gunakan di rumah. Api untuk memasak kuliner kaki lima ini cenderung lebih besar. Hal ini sebenarnya dikarenakan kompor yang digunakan terbatas sehingga untuk mencegah pelanggan yang memesan menunggu lama, maka api yang digunakan ini dibesarkan supaya makanan cepat matang. Alhasil, makanan akan memiliki aroma dan rasa yang berbeda.

 

Menggunakan MSG

Rahasia lainnya mengapa kuliner kaki lima rasanya lebih enak dan bikin nagih sudah pasti karena hampir seluruh pedagangnya menggunakan monosodium glutamat (MSG) dalam masakan mereka. MSG atau penyedap makanan yang digunakan pada kuliner kaki lima memang terbilang cukup banyak. MSG sengaja diberikan supaya rasa makanan menjadi lebih enak dan yang menyantapnya bakal ketagihan sehingga akan kembali lagi untuk membelinya.

 

Bisa Request

Alasan mengapa kuliner kaki lima memiliki rasa yang lebih enak dan bikin nagih adalah karena kamu bisa request atau memberikan permintaan khusus kepada pedagang. Misalkan ingin rasa yang lebih pedas, telur yang diorak-arik, hingga ingin ditambahkan bahan lainnya. Kita bisa dengan leluasa memberikan permintaan kepada pedagang yang akan memasak pesanan. Ditambah lagi, kita bisa melihat langsung cara pembuatan saat pedagang membuat makanan pada kuliner kaki lima sehingga permintaan bisa dengan mudah dilakukan. Di rumah makan atau restoran sebenarnya juga bisa memberikan request, tapi pastinya terbatas karena tidak semuanya memiliki konsep open kitchen.

 

Harganya Lebih Murah dan Porsinya Melimpah

Rahasia terakhir mengapa kuliner kaki lima rasanya lebih enak dan bikin nagih adalah sudah pasti karena harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan makanan yang ada di rumah makan, kafe, hingga restoran. Harga yang murah meriah ini akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik sehingga saat menyantap kuliner kaki lima akan terasa lebih nikmat. Ditambah lagi, porsinya juga lebih banyak dan melimpah sehingga akan membuat perutmu kenyang.

 

Ternyata, itulah rahasia mengapa kuliner kaki lima rasanya menjadi lebih enak dan bikin nagih. Buat kamu yang ingin mencicip aneka kuliner kaki lima dengan rasa yang enak, langsung intip rekomendasinya di bawah ini, yuk!

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Bubur Ayam Mang H. Oyo

Foto Bubur Ayam Mang H. Oyo
Foto Bubur Ayam Mang H. Oyo
Foto Bubur Ayam Mang H. Oyo

Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok
Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok
Foto Nasi Goreng & Ayam Malaya Lombok

Nasi Uduk Aquarius 94

Foto Nasi Uduk Aquarius 94
Foto Nasi Uduk Aquarius 94
Foto Nasi Uduk Aquarius 94

Nasi Goreng AEP'S

Foto Nasi Goreng AEP'S
Foto Nasi Goreng AEP'S
Foto Nasi Goreng AEP'S

Penulis : Merna Arini
Editor : Deva Norita


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?