Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan 6 Macam Tahu Khas Indonesia yang Sering Kamu Santap

List Artikel
3 September 2017 | 0 Komentar

Tahu merupakan salah satu bahan masakan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tahu mengandung protein nabati yang sangat tinggi sehingga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner, mulai dari digoreng untuk dijadikan camilan, hingga dimasak bersama dengan bahan-bahan lainnya menjadi masakan. Ada banyak kuliner Indonesia yang menggunakan tahu sebagai bahan bakunya seperti semur tahu, opor tahu, tahu campur, tahu gimbal, tahu telur, dan masih banyak.  Tahu memang awalnya berasal dari negara China, tahu yang paling terkenal dari China adalah tahu sutera yang memiliki tekstur sangat lembut. Meski berasal dari China, Indonesia juga punya aneka macam tahu yang khas, yaitu:  

 

1. Tahu Bandung


Sumber: opensnap.com


Tahu Bandung atau yang juga disebut dengan tahu kuning adalah tahu yang berukuran kotak kecil dengan warna kuning cerah yang didapat dari pewarna alami yakni kunyit yang merupakan rempah asli Indonesia. Kunyit diketahui bisa menjadi bahan pengawet alami sehingga tahu Bandung ini tidak cepat basi. Kamu bisa menyimpannya dalam kulkas hingga 4-5 hari. Tahu Bandung paling sering digoreng begitu saja sebagai lauk untuk disantap bersama dengan nasi hangat dan sambal.

 

2. Tahu Kacang Hijau


Sumber: detik.com


Tahu kacang hijau merupakan tahu yang paling sering kita lihat. Bentuknya lebih besar dibanding tahu lainnya dan memiliki warna putih. Tahu ini dijual dengan cara dibungkus kain putih yang tipis. Tahu putih yang memiliki tekstur agak padat ini hanya bisa bertahan hingga dua hari dalam kulkas. Selain digoreng, tahu putih lebih banyak diolah menjadi tumisan atau sup bening yang dicampur dengan ayam dan aneka sayuran lainnya.

 

3. Tahu Cokelat


Sumber: orsimages.unileversolutions.com


Kamu pasti sering menyantap tahu yang satu ini. Tahu cokelat adalah tahu berbentuk segitiga yang banyak dijual oleh penjual gorengan. Teksturnya sangat padat dengan bagian luar berwarna cokelat dan putih di dalam. Tahu ini biasanya dibelah bagian tengahnya lalu diberi sayuran di dalamnya kemudian dicelup dalam tepung dan digoreng menjadi tahu jeletot.   

 

4. Tahu Sumedang


Sumber: pergikuliner.com


Tahu Sumedang disebut juga dengan tahu kulit karena warnanya yang kecoklatan dan tekstur luar tahu yang mirip kulit. Meski berwarna cokelat saat matang, tahu ini berwarna putih saat mentah, mirip dengan tahu kacang hijau tapi teksturnya lebih lembut. Tahu Sumedang sering diolah menjadi tahu gejrot atau digoreng untuk disantap menjadi camilan bersama dengan sambal atau cabai rawit.

 

5. Tahu Pong


Sumber: openrice.com


Sekilas tahu pong ini mirip dengan tahu Sumedang karena bentuknya yang kotak kecil dan bagian dalamnya yang berongga. Perbedaannya adalah tahu pong ini dijual dalam bentuk matang sehingga bisa langsung kamu santap. Selain itu, bagian dalam tahu pong lebih kosong dibanding tahu Sumedang. Tahu Pong yang berasal dari Semarang ini sangat popular di daerah Jawa.

 

6. Tahu Bulat


Sumber: nova-dapurbunda.blogspot.co.id


Tahu yang terakhir ini adalah tahu fenomenal yang berasal dari Jawa Barat dengan slogan, ‘digorengnya dadakan’. Jika bentuk tahu kebanyakan berbentuk kotak, tahu yang satu ini berbentuk bulat dengan warna cokelat pada bagian luarnya. Pada bagian dalamnya, tahu ini sangat kopong seperti tahu pong. Setelah digoreng, tahu bulat biasanya ditambahkan beberapa bubuk bumbu tambahan seperti rasa BBQ, keju, pedas, dan lain sebagainya.

 

Itu dia enam macam tahu khas yang ada di Indonesia. Kamu jadi ingin menyantap langsung tahu-tahu di atas? Langsung saja datang ke salah satu tempat yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Opah Mami

Foto Opah Mami
Foto Opah Mami

Remboelan

Foto Remboelan

Kupat Tahu Magelang AA

Foto Kupat Tahu Magelang AA

Tahu Tahu

Foto Tahu Tahu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?