Kenalan dengan Ajitsuke Tamago, Telur Ramen yang Jadi Kesukaan Banyak Orang

18 Juni 2023 | 0 Komentar

Mendengar nama ajitsuke tamago mungkin masih terasa asing di telinga beberapa orang. Ajitsuke tamago lebih dikenal dengan nama ramen egg alias telur ramen. Telur ini selalu terlihat sebagai pelengkap yang diletakkan di bagian atas sajian ramen. Ramen merupakan salah satu kuliner Jepang yang sangat populer di Indonesia. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar mie yang diberi siraman kuah khusus dan diberi aneka topping atau bahan tambahan lainnya seperti irisan daging, potongan sayuran, rumput laut, hingga ramen egg alias ajitsuke tamago. Ajitsuke dalam bahasa Jepang memiliki artian bumbu, sementara tamago memiliki arti telur. Jadi jika kedua kata ini digabungkan akan memiliki arti sebagai telur berbumbu. Lantas, seperti apa ajitsuke tamago ini? Coba kita cek bersama penjelasan lengkapnya di sini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Telur Setengah Matang yang Jadi Topping Ramen

Ajitsuke tamago sebenarnya adalah telur setengah matang yang dijadikan sebagai topping atau pelengkap sajian ramen. Telur ini merupakan telur yang direbus setengah matang sehingga bagian kuningnya memiliki tekstur yang masih agak kental dan creamy, sedangkan bagian putih telurnya ini terasa padat. Ajitsuke ramen sengaja disajikan dengan cara dibelah menjadi dua dan diletakkan di bagian atas ramen. Untuk menyantapnya, kamu bisa menyantapnya bersama dengan mie ramen, atau mengeluarkan bagian kuning telur yang kemudian dicampurkan bersama dengan kuah ramen.

 

Memberikan Tambahan Tekstur dan Rasa pada Ramen

Penggunaan ajitsuke tamago ini ternyata ada alasannya. Dengan menambahkan telur setengah matang, maka sajian ramen bisa semakin lezat. Saat kamu menyuap ramen ke dalam mulut, teksturnya akan terasa berbeda karena ajitsuke tamago memiliki perpaduan tekstur yang unik, yakni kenyal pada bagian putih dan creamy pada bagian kuning. Tentu saja perpaduan dua tekstur ini bisa cocok dengan tekstur ramen yang lembut dan kenyal. Sedangkan untuk rasanya, akan ada perpaduan dari rasa creamy, gurih, dan asin yang bercampur menjadi satu sehingga rasa keseluruhannya akan menjadi lebih kompleks.



Sumber: pergikuliner.com 


Terlihat Simpel Tapi Cara Membuatnya Sulit

Banyak orang yang menganggap bahwa ajitsuke tamago sangat mudah untuk dibuat karena terlihat simpel. Padahal, ajitsuke tamago ini sangatlah sulit untuk dibuat. Telur ramen setengah matang ini dibuat dengan cara merebus telur terlebih dahulu selama beberapa menit di air mendidih. Setelah itu, barulah telur didinginkan dengan air es supaya proses pematangan berhenti. Baru kemudian telur dikupas dan direndam dengan menggunakan campuran shoyu, sake, mirin, bawang putih, dan rempah lainnya. Proses marinasi ini bisa berlangsung selama minimal 5 jam hingga seharian penuh. Semakin lama dimarinasi, maka rasanya akan semakin lebih enak.

 

Tidak Hanya Ditambahkan pada Ramen

Ajitsuke ramen ternyata tidak hanya digunakan sebagai pelengkap ramen, tapi juga bisa dijumpai pada aneka kuliner khas Jepang lainnya seperti rice bowl, udon, bento, dan sebagainya. Meski penggunaannya bisa dijumpai pada kuliner Jepang lainnya, ajitsuke tamago memang lebih sering dijumpai sebagai pelengkap saat menyantap ramen karena masyarakat Jepang awalnya hanya menggunakan telur yang difermentasi ini sebagai topping ramen.

 

Begitulah sekilas penjelasan mengenai ajitsuke tamago yang menjadi salah satu pelengkap ramen paling disukai oleh pecinta ramen. Kamu sendiri apakah selalu memesan ajitsuke tamago saat menyantap ramen? Jika ingin menyantap ramen yang enak, di bawah ini ada beberapa kedai ramen yang direkomendasikan oleh Teman Kuliner lainnya. Yuk, lihat!

Ramen SeiRock-Ya

Ramens - Belviu Hotel

Kataramen

Roji Ramen

Ichiyo Ramen

Penulis : Merna Arini
Editor : Deva Norita


Topik artikel ini: