Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenapa Saat Stress Nafsu Makan Selalu Bertambah? Ini Alasannya!

List Artikel
14 Oktober 2016 | 0 Komentar

Masyarakat perkotaan memang sangat rentan dengan yang namanya stress. Penyebab stress ada bermacam-macam seperti banyak pikiran, masalah, dan sebagainya. Saat kamu sedang dilanda stress, nafsu makan kamu pasti selalu bertambah. Bahkan makan di restoran all you can eat saja, kamu masih merasa kurang, padahal tanpa disadari kamu sudah menyantap banyak sekali makanan. Tapi apa sih sebenarnya yang menyebabkan nafsu makan selalu bertambah saat sedang stress? Ini alasannya!

 

Sumber: pergikuliner.com


1. Sejak Kecil Selalu Diberi Makan

Kamu ingat tidak ketika kamu kecil saat menangis atau merengek sesuatu, kamu pasti selalu dibujuk atau diiming-imingi kue atau permen. Nah, kebiasaan sejak kecil itulah yang membuatmu berpikir alias menanamkan mainset dalam pikiranmu kalau makanan bisa menenangkan pikiran yang sedang kalut.

 

2. Meningkatnya Hormon Kortisol

Hormon kortisol adalah hormon yang dapat memicu stress. Meningkatnya hormon kortisol yang terjadi saat kamu sedang stress ini berdampak pada keinginanmu untuk melampiaskan rasa stressmu pada sesuatu, salah satunya adalah makanan.

 

3. Makanan Pemberi Kenyamanan Tercepat dan Termurah

Kebiasaan mengunyah saat stress disebut dengan comfort eating. Hal ini membuat makanan dianggap sebagai pemberi rasa nyaman yang instan dan murah. Lain halnya dengan saat kamu sedang stress dan kamu melampiaskannya dengan liburan alias traveling yang membutuhkan cukup biaya serta waktu.

 

4. Perubahan Metabolisme yang Tak Stabil

Stress dapat mengacaukan hormon dalam tubuhmu, akibatnya metabolisme tubuhmu jadi tak seimbang. Metabolisme yang tak stabil ini membuat tubuh tak maksimal untuk membakar kalori, lemak, serta gula dalam darah sehingga tubuhmu sering mendapat sinyal sebagai rangsangan rasa lapar dan haus.

 

5. Otak Hipotalamus Pemberi Perintah untuk Makan

Otak di bagian hipotalamus menjadi salah satu penyebab timbulnya dorongan makan saat stress. Otak hipotalamus ini mengendalikan tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh, serta emosi. Jadi kalau kamu sedang dilanda stress, otomatis otak hipotalamus ini akan langsung bereaksi memerintahmu untuk makan. 

Shaburi & Kintan Buffet

Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

KOBESHI by Shabu - Shabu House

Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?