Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lagi Stress? Ini Kuliner yang Bisa Usir Rasa Stress Kamu Seketika

List Artikel
13 Maret 2017 | 0 Komentar

Setiap manusia pasti pernah merasakan stres akibat penatnya akitivitas yang mereka jalani sehari-hari. Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan stres, mulai dari berlibur, mendengarkan musik, menonton film, hingga kulineran. Bagi kamu para food lovers, tentunya cara menghilangkan stres adalah dengan kulineran. Banyak yang beranggapan kalau dengan menyantap makanan dalam jumlah banyak, stres kamu nantinya akan hilang. Belum tentu guys, tergantung apa yang kamu santap dulu. Stres memang bisa dihilangkan dengan kulineran, tapi tak semua kuliner bisa menghilangkan stres kamu seketika. Ada beberapa kuliner yang memiliki efek menenangkan dan membuat hati serta pikiran kamu adem setelah menyantapnya. Ingin tahu ada kuliner apa saja? Yuk lihat!

 

1. Susu



Sumber: pergikuliner.com


Susu menjadi kuliner pertama yang paling ampuh mengusir stres. Kandungan kalsium yang terdapat dalam susu bisa membuat tidur kamu jadi lebih nyenyak sehingga suasana hati kamu jadi lebih baik. Selain kalsium, kandungan vitamin D yang ada pada susu juga bisa meningkatkan antibodi terhadap rasa stres yang kamu miliki. Selain susu, olahan susu seperti keju dan yohurt juga memiliki efek menenangkan yang sama. Kandungan protein dan kalsiumnya bisa melepaskan neurotransmitter alias perasaan senang dan lega dalam tubuh.

 

2. Dark Chocolate



Sumber: pergikuliner.com


Sudah banyak yang tahu kalau dark chocolate alias cokelat hitam bisa membuat perasaan hati jadi lebih senang sehingga rasa stres jadi hilang seketika. Cokelat hitam mengandung bahan aktif yang bisa mengurangi hormon stres dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi cokelat dengan aneka kacang-kacangan agar lebih bervariasi atau menjadikannya topping wafel dan pancake.

 

3. Salmon dan Tuna



Sumber: pergikuliner.com


Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan omega 3 yang dipercaya dapat mengendalikan adrenalin dan rasa cemas yang berlebihan akibat stres. Omega 3 juga bisa mengoptimalkan kinerja otak kamu sehingga kamu lebih cepat menyelesaikan masalah dalam hidup yang menyebabkan stres. Selain omega 3, salmon dan tuna juga mengandung vitamin B12 yang bisa menciptakan hormon rasa senang yang diproduksi oleh otak. Kekurangan vitamin B12 ini bisa membuat kamu rentan terkena stres loh.

 

4. Jeruk



Sumber: ankarascene.com


Pernah kamu mencium segarnya aroma kuliner jeruk? Aromanya segar dan menenangkan bukan? Buah jeruk, baik itu kulit maupun daging buahnya, sama-sama bisa mengusir stres. Kulit jeruk dengan aromanya yang segar, sementara daging buah jeruk yang kaya akan vitamin C bisa menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas saat stres. Jika bosan menyantap buah jeruk dalam keadaan utuh, kamu bisa menjadikannya sebagai puding atau smooties kok.

 

5. Pisang



Sumber: pergikuliner.com


Tak hanya jeruk yang bisa menjadi buah pengusir stres, pisang juga memiliki efek yang sama loh. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa pisang sangat baik dikonsumsi di pagi hari, yakni agar kamu tidak mudah terkena stres saat mengawali hari. Pisang kaya akan vitamin A, B, dan C yang bisa menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya. Pisang juga mengandung tryptophan, yakni sejenis protein yang bisa diubah menjadi serotonin di dalam tubuh untuk memberi rasa rileks, memperbaiki mood agar lebih baik.

 

6. Kacang-kacangan



Sumber: eatthis.com 


Suka ngemil? Mulai sekarang gantilah camilan kripik dengan kacang-kacangan agar kamu tak mudah terkena stres apalagi galau. Jenis kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi adalah kacang mete, kenari, almond, dan pistachio. Kamu juga bisa mencampur semua jenis kacang-kacangan ini. Kacang-kacangan mengandung lemak omega 3 esensial yang bisa menurunkan tekanan darah dan tingkat kecemasan seseorang sehingga tak muda depresi.  


7. Teh Hijau



Sumber: pergikuliner.com


Salah satu alasan orang Jepang memiliki umur panjang adalah karena mereka tidak mudah stres. Orang Jepang sangat rutin mengkonsumsi teh hijau sehingga bisa membuat pikiran jadi lebih jernih dan adem karena efek dari kandungan kafein di dalamnya. Selain itu, teh hijau juga mengandung asam amino thenine yang bisa menenangkan otak dari berbagai hal yang akan menyebabkan stres. Waktu yang tepat untuk minum teh hijau adalah saat malam hari, agar badan lebih rileks setelah menjalani aktivitas seharian.


Yuk hilangin stress dengan pergi ke restoran rekomendasi tim PergiKuliner di bawah ini!

Holsteins Milk House

Foto Holsteins Milk House
Foto Holsteins Milk House

Dapur Cokelat

Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat

Mom Milk

Foto Mom Milk

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Kedai Susu Murni Jason

Foto Kedai Susu Murni Jason
Foto Kedai Susu Murni Jason
Foto Kedai Susu Murni Jason

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?