Makan 3 Kali Sehari vs Berkali-kali Tapi dalam Porsi Kecil, Mana yang Lebih Baik?

20 Oktober 2018 | 0 Komentar

Masing-masing orang memiliki pola makan yang berbeda-beda. Ada yang nggak terbiasa sarapan, ada yang sarapannya harus dengan makan nasi, ada yang lebih suka diet dengan meminum smoothie setiap hari, dan lain sebagainya. Berbagai macam pola maka ini ternyata bisa mempengaruhi kesehatan dalam tubuh. Berbicara tentang pola makan, ada dua pola makan yang sering diperdebatkan oleh orang-orang karena dua pola makan ini sangat sering dilakukan, yaitu makan berkali-kali dengan porsi kecil dan pola makan tiga kali sehari dengan porsi normal. Menurut kamu lebih baik melakukan pola makan yang mana?



 Sumber : PergiKuliner.com


Menurut beberapa ahli gizi dan kesehatan, makan tiga kali sehari dengan makan berkali-kali dalam porsi kecil ini nggak memiliki perbedaan yang signifikan karena hanya terletak pada jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makan berkali-kali dalam porsi kecil ternyata memiliki kadar glukosa, insulin, dan kolesterol yang sama jika dibandingkan makan tiga kali sehari tapi dalam porsi banyak. Hanya saja untuk beberapa orang tertentu, pola makan ini bisa berdampak pada kinerja dan aktivitas tubuh.



 

Sumber : PergiKuliner.com


Jika kamu termasuk orang yang mengalami masalah pencernaan seperti maag atau penyakit lambung, lebih baik kamu makan berkali-kali dalam porsi kecil agar kerja lambung nggak terlalu berat dalam mencerna makanan. Pola makan berkali-kali dalam porsi kecil juga sangat cocok untuk kamu yang nggak melakukan aktivitas terlalu banyak di luar ruangan. Sebaliknya, jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan termasuk dalam golongan orang-orang yang aktif karena memiliki banyak pekerjaan, maka kamu lebih baik menerapkan pola makan tiga kali sehari agar makanan yang kamu makan bisa menjadi cadangan energi dalam waktu yang lama.

 

Jadi, sebenarnya pilihan makan tiga kali sehari atau makan berkali-kali dalam porsi kecil ini tergantung dari kondisi tubuh dan kegiatan yang kamu kerjakan sehari-hari saja ya. Karena dari segi kesehatan keduanya nggak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Nah, kalau kamu sendiri kira-kira lebih cocok memilih pola makan yang seperti bagaimana nih? Sesuaikan dengan kegiatan kamu lho. Dan jangan lupa cek beberapa referensi tempat makan yang bisa kamu kunjungi saat jam makan nanti ya!

Padang Merdeka

Sushi Masa

Bebek Bengil

Nasi Uduk 126

Nasi Campur Aliong 333


Topik artikel ini: