Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan Serba Tulang yang Lezatnya Nampol Banget

List Artikel
14 September 2017 | 0 Komentar

Tulang menjadi salah satu bagian yang tidak terlalu banyak dilirik karena kebanyakan masyarakat lebih suka makanan yang memiliki banyak daging. Padahal tulang memiliki banyak kandungan nilai gizi yang tak kalah tingginya dari daging. Menyantap tulang juga bisa bermanfaat meredakan nyeri sendi, melawan infeksi, mengatasi insomsia, dan lain sebagainya. Di Indonesia ternyata tulang bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat yang bisa membuat mulut kamu tak tahan ingin mencicipnya. Ingin tahu ada kuliner Indonesia lezat apa saja yang terbuat dari tulang? Mari kita lihat!

 

1. Iga Bakar Penyet


Sumber: pergikuliner.com


Kuliner Indonesia yang terbuat dari tulang paling terkenal adalah iga bakar penyet. Sesuai dengan namanya, kuliner ini terbuat dari iga sapi yang direbus bersama dengan aneka rempah seperti jahe, cengkeh, dan daun salam lalu dibumbui lagi dengan bumbu halus dan dibakar hingga mengeluarkan aroma yang wangi. Setelah dibakar, iga lalu dipenyet dan diberi sambal. Iga penyet bakar disantap bersama dengan nasi putih hangat dan lalapan sayuran.

 

2. Sop Iga Sapi


Sumber: pergikuliner.com


Suka kuliner yang berkuah? Kamu harus coba santap sop iga sapi yang memiliki cita rasa segar dan cocok untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat. Kuliner ini terbuat dari iga sapi yang dipotong-potong lalu direbus bersama dengan potongan wortel, kentang, daun bawang, daun seledri, dan dibumbui dengan jahe, kayu manis, kapulaga, biji pala, bawang putih, dan bawang merah.


3. Sop Tulang Sumsum


Sumber: pergikuliner.com


Selain sop iga sapi, ada sop tulang sumsum yang kaya akan gizi dan nutrisi. Sop tulang sumsum terbuat dari kaki sapi yang dipotong menjadi dua lalu direbus dengan bawang putih, lada, pala, jahe, kayu manis, dan garam hingga daging yang menempel pada kaki sapi empuk. Sop tulang sumsum biasa disajikan bersama dengan sedotan untuk menyedot sumsum lunak pada bagian dalam tulang.

 

4. Tengkleng Kambing


Sumber: openrice.com


Tengkleng kambing merupakan kuliner khas Solo yang terbuat dari tulang kambing yang masih memiliki sedikit daging lalu direbus hingga empuk. Setelah empuk, tulang kambing dibumbui dengan bumbu tumisan bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, merica, ketumbar, gula merah, daun jeruk, daun salam, dan sereh. Setelah bumbu meresap lalu ditambahkan santan kelapa dan tunggu hingga santan berkurang kadar airnya.

 

5. Bakut Teh


Sumber : pergikuliner.com


Bakut teh merupakan kuliner hasil adaptasi dari Tionghoa. Kuliner ini menggunakan iga babi sebagai bahan utamanya. Iga babi yang telah dipotong-potong kemudian direbus bersama dengan aneka bumbu merica, tauco, kecap asin, saus tiram, bawang putih, pekak, dan kayu manis. Proses memasak bakut teh membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar dua hingga tiga jam, tapi tentunya cita rasa yang dihasilkan sangat lezat dan bisa membuat kamu ketagihan.

 

Itu dia beberapa makanan serba tulang yang sudah PergiKuliner rangkum buat kamu. Dan bagi kamu yang ingin mencicip kuliner serba tulang, mampir saja ke salah satu restoran yang ada di bawah ini ya!

Restaurant 1953

Foto Restaurant 1953

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Sop Buntut Mangga Besar

Foto Sop Buntut Mangga Besar

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?