Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Lihat Kuliner yang Akan Muncul Pada Pernikahan Kahiyang Ayu

List Artikel
7 November 2017 | 0 Komentar

Pernikahan puteri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif sudah tinggal menghitung hari. Acara resepsi yang diadakan pada tanggal 8 November 2017 ini akan digelar di Graha Saba Buana, Solo-Jawa Tengah. Beragam persiapan mulai dari baju pengantin, souvenir, hingga catering sudah dipersiapkan dengan matang. Berbicara tentang resepsi pernikahan tentunya tak luput dari kuliner apa sih yang akan disajikan nanti di pernikahan Kahiyang Ayu ini? Menurut Gibran Rakabumi yang merupakan kakak sekaligus juru bicara keluarga Presiden Joko Widodo, ada beberapa kuliner tradisional Indonesia yang akan dihidangkan pada acara resepsi tersebut, yaitu:

 

1. Martabak



Sumber : pergikuliner.com


Kuliner pertama yang sudah pasti disajikan pada acara pernikahan Kahiyang Ayu adalah martabak. Jenis martabaknya terdiri dari dua jenis, yakni martabak telur dan martabak manis dengan berbagai varian rasa topping dalam satu loyang yang semuanya akan dimasak di lokasi acara sehingga para tamu bisa menyantap kedua jenis martabak tersebut dalam keadaan masih hangat.

 

2. Sate Kere


Sumber: metrotvnews.com


Kere dalam bahasa Jawa artinya adalah miskin. Nah, kamu pasti jadi bertanya-tanya seperti apa wujud dan cita rasa dari sate kere yang menjadi kuliner khas Jawa Tengah ini. Tak seperti sate kebanyakan yang terbuat dari daging ayam atau daging kambing, sate kere justru terbuat dari tempe gembus yang dibuat dari ampas tahu. Tempe gembus yang dipotong kotak-kotak ini ditusuk dengan tusukan sate yang diselingi dengan jerohan sapi seperti paru dan usus sapi. Setelah dibakar, sate disiram bumbu kacang layaknya sate pada umumnya dan disajikan dengan lontong.

 

3. Ledre


Sumber: griyapawon.com


Ledre merupakan jajanan khas Solo yang awalnya hanya disantap oleh para priyayi atau keluarga bangsawan sebagai teman minum teh. Kuliner ini terbuat dari pisang, santan kelapa, dan beras ketan. Ketan yang masih mentah dipanggang di atas wajan lalu diberi santan cair dan dimasak hingga matang. Sebelum dilipat, beri potongan pisang sebagai topping dan sajikan dengan daun pisang agar aromanya semakin wangi.

 

4. Tengkleng


Sumber: resep-om.blogspot.co.id


Tengkleng merupakan sup kuning berbahan utama kambing. Kuliner khas Solo ini dulunya disantap oleh para bangsawan dan orang-orang Belanda saja. Kambing yang digunakan ini bukan dagingnya tapi bagian tulang seperti bagian kepala, kaki, iga, dan tulang-tulang lainnya. Sekilas kuliner memang mirip dengan gulai kambing. Hanya saja kuahnya lebih encer dengan cita rasa yang lebih gurih.

 

5. Cabuk Rambak


Sumber: 1001journey.blogspot.co.id


Terakhir ada cabuk rambak yang menjadi kuliner kaki lima khas Solo. Kamu bisa menemukan cabuk rambak dengan mudah di pasar tradisonal atau pedagang kaki lima yang ada di Solo. Cabuk rambak adalah kuliner yang terdiri dari ketupat yang telah dipotong-potong lalu disiram dengan saus wijen yang terbuat dari kemiri, kelapa parut, wijen, serta rempah-rempah lainnya. Cabuk rambak disajikan dengan kerupuk nasi. Penyajiannya menggunakan wadah pincuk daun pisang.

 

Sudah tau kan apa saja kuliner yang akan muncul pada pernikahan Kahiyang Ayu. Tak perlu sedih karena tak diundang ke pernikahan puteri Presiden Joko Widodo ini karena kamu juga bisa menyantap kuliner yang serupa di salah satu tempat ini kok!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Markobar

Foto Markobar
Foto Markobar
Foto Markobar

Martabakku

Foto Martabakku
Foto Martabakku
Foto Martabakku

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?