Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manfaat Kacang Mede untuk Tubuh Kamu, Bisa Cegah Resiko Kanker Loh!

List Artikel
22 Juli 2020 | 0 Komentar

Kacang menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dijadikan sebagai cemilan saat sedang iseng. Kacang bisa diolah dengan cara digoreng, disangrai, atau dipanggang. Dari sekian banyaknya jenis kacang yang ada di dunia, kacang tanah, almond, dan mede menjadi tiga jenis kacang yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Baik itu sebagai cemilan, topping, hingga campuran pada makanan seperti smoothies, brownies, dan lain sebagainya. Dari ketiganya, kacang mede menjadi jenis kacang yang seringkali dikaitkan dengan penyakit kolesterol. Tak sedikit orang menganggap kalau kacang mede bisa menyebabkan naiknya kolesterol. Padahal, kacang mede punya banyak sekali manfaatnya untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Ingin tahu apa saja manfaat dari menyantap kacamg mede. Yuk, kita lihat langsung di bawah ini!



Sumber: Tasteofhome.com


Mencegah Penyakit Darah

Manfaat yang pertama adalah bisa mencegah penyakit darah. Salah satunya adalah anemia. Dalam kacang mede mengandung tembaga yang tinggi. Jika tubuh kekurangan tembaga, maka akan menyebabkan timbulnya anemia atau kekurangan zat besi. Tapi kalau kamu rutin mengonsumsi kacang mede dalam jumlah yang tepat, maka kondisi seperti bisa dihindari dengan mudah.


Mencegah Resiko Kanker dan Tumor

Kacang mede juga bisa mencegah resiko kanker dan tumor. Kacang mede mengandung selenium yang tinggi sehingga dapat mencegah resiko terjadinya penyakit kanker dan tumor. Tak hanya itu saja, kacang mede juga mengandung flavanol yang bisa mencegah kanker dan mematikan tumor. Kandungan tembaga di dalamnya juga bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan beragam resiko penyakit kronis.


Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam kacang-kacangan mengandung banyak sekali nutrisi, terutama pada kacang mede. Di dalamnya terdapat asam lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang bisa memberikan anti inflamasi dan anti karsinogen yang berfungi untuk melindungi jantung agar tetap sehat. Selain itu, kacang mede juga bisa menurunkan LDL yang bisa menyebabkan tingginya kolesterol dalam tubuh.


Melancarkan Pencernaan

Tahukah kamu kalau kacang mede ternyata bisa melancarkan pencernaan sehingga bagus dikonsumsi. Dalam kacang mede mengandung asam oleat dan asam palmitat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh melainkan didapat dari makanan yang dikonsumsi. Konsumsi kacang mede bersama dengan aneka buah-buah seperti dijadikan sebagai topping smoothie sehingga lebih kaya serat.

 

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kacang mede mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Dua kandungan ini ternyata sangat berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, kacang mede juga bisa meningkatkan asupan oksigen yang masuk ke dalam otak. Konsumsi kacang mede setidaknya 50 gram per harinya.

 

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat lain dari kacang mede adalah bisa meningkatkan kepadatan tulang.  Seperti yang sudah dikatakan di atas, kacang mede mengandung tembaga yang tinggi. Per 100 gram kacang mede sudah mampu mencukupi kebutuhan zat besi kamu. Kacang mede juga mengandung magnesium yang berperan dalam pembentukan tulang. Kacang mede juga membantu penyerapan kalsium pada tulang.


Itulah beberapa manfaat kacang mede yang baik untuk tubuh kamu. Tapi perlu diingat ya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jadi makanlah kacang mede sesuai dengan yang kamu dan tubuh kamu butuhkan ya!

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Makaroni Ngehe

Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?