Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental yang Harus Kamu Tahu

List Artikel
6 Januari 2022 | 0 Komentar

Teh merupakan salah satu minuman tradisional yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Begitu pun di negara kita sendiri. Meminum teh bahkan sudah menjadi kebiasaan turun temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan rasanya yang netral dan punya segudang manfaat yang baik. Selain menghangatkan tubuh, manfaat teh juga dikenal secara luas mampu menjaga kesehatan. Salah satunya adalah manfaat teh untuk menjaga kesehatan mental.


Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi teh dapat menurunkan kadar hormon stres. Selain itu, penelitian lain menyebutkan bahwa manfaat untuk kesehatan mental dalam jangka panjang juga dapat dirasakan. Khususnya pada minuman teh hijau, jika seseorang mengonsumsi teh hijau setidaknya setengah cangkir setiap hari, maka dapat membantu menurunkan resiko depresi dan demensia. Penelitian lainnya juga dilakukan di Korea. Dimana pada awal tahun 2021, peneliti melaporkan bahwa kondisi mansyarakat Korea yang sehat karena mereka terbiasa mengonsumsi teh hijau setiap harinya. Mereka yang mengosumsi teh hijau memiliki kemungkinan 21% lebih kecil mengalami depresi, ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau sama sekali.


Manfaat teh untuk kesehatan mental tentunya didukung dengan kandungan yang ada di dalam teh. Bagaimana teh dapat memberikan efek baik pada kesehatan mental kita? Berikut adalah kandungan teh yang efeknya bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental manusia!



Sumber: unsplash.com


1. Kafein

Tak hanya kopi, teh pun mengandung senyawa kafein. Kafein merupakan senyawa stimulan yang bekerja untuk menstimulasi kerja otak. Jika sudah masuk dalam tubuh, kafein akan diserap dari darah ke jaringan tubuh. Konsentrasi kafein yaitu 15 sampai 120 menit setelah dicerna tubuh. Kandungan kafein dalam teh bermanfaat sebagai meningkatkan dopamin yaitu zat perangsang rasa senang dan bahagia dalam tubuh manusia. Itulah mengapa minuman teh sangat cocok untuk menghilangkan rasa letih dan lelah. Tak jarang juga, orang-orang mengonsumsi teh saat bersantai, serta menghilangkan kejenuhan.


2. L-theanine

L-theanine merupakan asam amino yang terkandung dalam teh. L-theanine yang terdapat dalam kandungan teh dikenal ampuh untuk meredakan stres, memperbaiki konsentrasi, dan memiliki efek relaksasi tanpa menyebabkan rasa kantuk. Teh yang mengandung L-theanine diantaranya adalah teh hijau dan teh hitam. L-theanine biasanya dikaitkan juga dengan manfaat kesehatan, khususnya untuk pengendalian stres. Maka dari itu, banyak orang gemar meminum teh di pagi atau sore hari karena dapat merileksasikan pikiran dan mengontrol suasana hati maupun emosi. Mengonsumsi teh yang mengandung L-theanine sebelum tidur di malam hari juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidurmu.


3. Antioksidan

Kandungan antioksidan banyak ditemukan pada makanan dan minuman, maupun suplemen. Antioksidan sendiri dikenal secara luas sebagai zat yang mampu mengurangi peradangan dan menurunkan resiko kanker. Namun, selain manfaat tersebut ternyata kandungan antioksidan dalam teh dapat membantu mengetasi masalah kesulitan tidur. Permasalahan tidur seperti insomnia, nightmare atau mimpi buruk, dapat diatasi dengan konsumsi teh yang mengandung zat antioksidan di dalamnya. Tak heran jika teh menjadi minuman favorit banyak orang sebelum beranjak tidur.


Rekomendasi Teh Untuk Kesehatan Mental



Sumber: Pergikuliner.com


Selain membantu menghangat tubuh, meminum teh secara rutin dapat menjaga kesehatan mental, bahkan sekaligus membantu dalam pengobatan depresi. Berikut adalah beberapa rekomendasi teh yang bagus untuk kesehatan mental:


1. Teh Hijau

Teh hijau disebut-sebut sebagai salah minuman paling sehat di dunia. Teh hijau mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk menurunkan berat badan, membantu tubuh melawan kanker, dan meningkatkan fungsi otak. Konsumsi teh hijau secara rutin juga dapat meningkatkan senyawa dopamin dan serotonin yang berguna untuk menurunkan resiko depresi. Penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara gejala depresi yang rendah dengan peningkatan konsumsi teh hijau pada orang-orang berusia 70 tahun ke atas.


2. Teh Hitam

Teh hitam berasal dari daun camellia sinensis yakni tanaman yang sama dengan teh hijau. Hanya saja, dalam mengolahnya teh hitam melalui proses pengeringan dan oksidasi sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap dari teh hijau. Teh hitam juga mengandung kafein yang lebih tinggi dan kaya akan antioksidan. Mengonsumsi teh hitam dapat melancarkan darah ke otak, sehingga dapat menurunkan gangguan kognitif seperti demensia, autisme dan amnesia. Selain itu, kandungan dalam teh hitam dapat bermanfaat sebagai pengganti kopi untuk meningkatkan daya fokus.


3. Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu jenis teh yang populer di berbagai negara karena manfaatnya. Teh chamomile biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi kecemasan dan insomnia. Hal ini dikarenakan aroma dari teh ini yang mampu menenangkan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat digunakan juga untuk mengobati pasien dengan gangguan kecemasan umum (GAD). Dimana efeknya adalah mereka yang mengonsumsi teh chamomile telihat mengalami pengurangan gejala kecemasan sedang hingga parah.


4. Teh Lemon Balm

Teh lemon balm terbuat dari daun mint dan lemon balm dengan rasa jeruk yang segar. Teh lemon balm berkhasiat untuk mengobati masalah stres, kesulitan tidur, kecemasan hingga depresi. Cara kerja teh ini memberikan efek menenangkan, membuat tubuh menjadi rileks, serta meningkatkan mood seseorang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi teh lemon balm terlihat mengalami suasana hati yang baik dan penurunan tingkat kecemasan yang berlebih.


5. Teh Rosemary

Rosemary dikenal sebagai salah satu bahan herbal untuk memasak maupun aroma terapi. Namun, faktanya jika rosemary diminum sebagai teh dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk mencegah penyakit Alzheimer. Kandungan dalam teh rosemary dianggap mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan otak. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek konsumsi teh ini dalam jangka panjang. 


Itu dia manfaat teh untuk kesehatan mental. Buat kamu yang ingin mengonsumsi teh, baik teh herbal maupun minuman teh kekinian yang manis dan segar sehingga bisa membangkitkani mood, cek rekomendasinya di bawah ini ya!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

es.teh Indonesia

Foto es.teh Indonesia
Foto es.teh Indonesia
Foto es.teh Indonesia

Ben Gong's Tea

Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea

Menantea

Foto Menantea
Foto Menantea
Foto Menantea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?