Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Food Coma dan Cara Mengatasinya, Food Lovers Wajib Tahu Ini!

List Artikel
3 Juli 2019 | 0 Komentar
Teman PergiKuliner pernah mendengar yang namanya food coma? Mungkin ada beberapa di antara kamu yang sudah pernah mendengar atau mengalaminya. Tapi mungkin beberapa di antara kamu ada yang bingung karena belum pernah mendengarnya. Food coma merupakan kondisi di mana seseorang akan merasa lemas dan kantuk setelah makan. Dalam dunia medis, hal ini juga disebut dengan postorandial somnolence atau postprandial drowsiness. Seperti namanya, food coma ini akan membuatmu benar-benar seperti orang koma karena setelah makan, bukannya semakin bertenaga, tapi malah merasa sangat lemas. Menurut para pakar kesehatan, hal ini dikarenakan sistem parasimpatik. Jadi ketika seseorang sedang lapar, ada saraf simptaik yang aktif dan mencari asupan makanan, setelah mendapat asupan makanan, tubuh akan mengaktifkan saraf parasimpatik dan hal ini akan mengakibatkan food coma padamu. Lantas, apakah hal ini bisa dihindari? Tentu saja bisa, coba kita cek cara mengatasinya!


Sumber : Pergikuliner.com

 

Tidak Langsung Mengonsumsi Makanan dalam Jumlah Besar Sekaligus

Untuk mencegah terjadinya food coma, kamu harus mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil. Jangan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus, apalagi jika kamu sedang lapar berat. Jadi mulai sekarang cobalah untuk makan sedikit demi sedikit dalam porsi yang secukupnya. Jika kamu tidak bisa menghabiskan atau merasa terlalu kenyang untuk makan suatu makanan, maka bagilah dalam beberapa porsi kecil.

 

Konsumsi Makanan yang Seimbang

Salah satu cara terbaik untuk mencegah food coma adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, hingga vitaminnya. Misalkan saja ketika kamu akan menyantap nasi Padang, maka jangan cuma makan nasi dan lauk pauknya saja, tapi santaplah juga sayuran seperti sayur daun singkong, sayur kacang panjang, atau jika tidak ada sayuran di restoran Padang tersebut, kamu bisa menyantap mentimun yang biasanya disajikan sebagai lalapan. Kalau tidak ada mentimun juga, kamu bisa mengganti asupan serat dengan menyantap buah-buahan.

 

Bergeraklah Setelah Makan

Cara lainnya untuk mengatasi food coma adalah dengan bergerak setelah makan. Biasanya kita cenderung duduk-duduk atau bahkan tiduran bermalas-malasan setelah makan karena malas bergerak. Padahal seharusnya kita disarankan untuk bergerak. Cukup dengan berjalan kaki beberapa menit sehingga tubuh bisa merasa lebih segar.

 

Jangan Biarkan Perutmu Lapar Berat

Sebenarnya cara paling ampuh untuk mengatasi food coma adalah dengan tidak membiarkan perutmu terlalu lapar. Dengan membiarkan perut kelaparan, maka ketika kamu makan, biasanya kita cenderung akan menyantap makanan dalam porsi banyak karena kalap kelaparan. Tapi dengan selalu menjaga agar perut tidak kelaparan, maka ketika jam makan berat, kamu tidak akan menjadi rakus dan makan seperlunya saja.

 

Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menghindari food coma ya teman PergiKuliner! Nah, sekarang langsung intip saja yuk beberapa tempat makan di bawah ini yang punya rasa enak dan pastinya menggugah selera!

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Oma Seafood

Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?