Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Gyeran Bbang Si Jajanan Kaki Lima Hits di Korea

List Artikel
4 Agustus 2021 | 0 Komentar

Gyeran bbang menjadi salah satu kuliner yang menjadi hits saat ini dan banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Gyeran bbang adalah salah satu olahan roti asal Korea Selatan. Belakangan ini, dunia kuliner Indonesia sedang diramaikan dengan kuliner yang terbuat dari roti. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya menu roti panggang atau toast bread yang bisa dijumpai di beberapa kedai kopi. Kepopuleran toast bread ini membuat gyeran bbang asal Korea juga mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia dan pastinya mulai diburu karena penasaran dengan rasanya.



Sumber: Foodgawker.com


Roti Unik Asal Korea

Lantas apa itu gyeran bbang? Nama gyeran bbang dalam bahasa Korea artinya adalah roti telur. Gyeran yang berarti telur dan bbang yang memiliki arti roti. Jadi kuliner ini terbuat dari bahan dasar roti dan telur yang dipadukan menjadi satu. Roti telur ini bukan seperti french toast yang mencelupkan roti ke dalam telur kocok dan dipanggang. Roti telur hits asal Korea ini dibuat dengan cara meletakkan telur mentah di atas adonan roti yang masih beluk dipanggang, setelah telur diletakkan di atas adonan roti, barulah adonan yang sudah dicetak kemudian dipanggang hingga matang. Rasanya sudah pasti ada perpaduan manis dengan gurih karena adonan rotinya manis dan cocok berpadu dengan gurihnya telur.


Pertama Kali Dijumpai pada Tahun 1984

Gyera bbang diduga pertama kali muncul pada tahun 1984 dan gerai pertama yang menjual roti telur hits ini adalah gerai yang berlokasi di belakang Universitas Inha yang ada di kawasan Incheon. Incheon ini adalah kota terbesar setelah Seoul dan lokasinya berada sangat dekat dengan Seoul yang menjadi ibukota Korea Selatan. Pada masa itu, mahasiswa yang tidak sempat sarapan atau makan siang akan membeli gyrean bbang di belakang kampus mereka.



Sumber: Cleanfoodcrush.com


Jadi Kuliner Khas Musim Dingin

Di negara aslinya, gyeran bbang sangat identik dengan kuliner khas musim dingin. Hal ini dikarenakan gyeran bbang memang awanya dijual pada saat musim dingin. Gyeran bbang selalu disajikan dalam keadaan masih panas. Jadi ketika kita akan membelinya, penjual baru membuat gyeran bbang langsung di tempat sehingga Teman Kuliner bisa menikmatinya dalam keadaan masih fresh dan panas. Gyeran bbang yang disajikan dalam keadaan panas ini sangat cocok dengan cuaca musim dingin karena tak hanya bisa mengenyangkan perut, tapi juga menghangatkan badan.


Termasuk Jajanan Kaki Lima

Gyeran bbang tak hanya termasuk jajanan musim dingin, tapi juga termasuk jajanan kaki lima. Gyeran bbang biasanya dijual dalam gerobak atau food truck yang biasa terdapat di pinggir jalan. Menjadi jajanan kaki lima dan banyak dijumpai di dekat sekolah atau kampus, harga roti telur hits ini menjadi sangat terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Di Indonesia sendiri, gyeran bbang justru banyak dijumpai di gerai yang ada di pusat perbelanjaan hingga kedai kopi pinggir jalan.


Gyeran Bbang punya Banyak Varian

Gyeran bbang awalnya hanya hanya dibuat dari adonan roti dan telur saja, tapi seiring perkembangan kuliner yang ada di Korea, ada banyak varian gyeran bbang yang bisa Teman Kuliner jumpai. Mulai dari yang ada isian smoked beef, bacon, ayam suwir, keju, hingga aneka isian lainnya. Selain dari varian isian dan toppingnya, bahan dasar adonan roti yang digunakan juga ada yang menggantinya dengan adonan cake atau muffin sehingga teksturnya jadi lebih lembut.

 

Itulah sekilas informasi mengenai gyeran bbang yang perlu Teman Kuliner ketahui. Meskipun di Indonesia masih sulit menemukan camilan satu ini, tapi Teman Kuliner tidak perlu khawatir karena banyak camilan roti ala Korea lainnya yang bisa dicicipi di Jakarta. Seperti beberapa tempat makan di bawah ini!

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

Tousta Toast & Teabar

Foto Tousta Toast & Teabar
Foto Tousta Toast & Teabar
Foto Tousta Toast & Teabar

Noesa Toast

Foto Noesa Toast
Foto Noesa Toast
Foto Noesa Toast

Onbbit Toast

Foto Onbbit Toast
Foto Onbbit Toast
Foto Onbbit Toast

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?