Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Kopi Asli Indonesia yang Kepopulerannya Sudah Mendunia

List Artikel
12 April 2016 | 0 Komentar

Kopi merupakan minuman yang disukai oleh hampir semua kalangan. Di Indonesia, kopi biasa diminum saat pagi hari sebagai pelengkap sarapan dan saat sore hari sebagai penghilang lelah. Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbesar penghasil kopi? Indonesia terkenal memiliki jenis kopi yang bermacam-macam dan rasa yang khas dari setiap jenisnya. Nah berikut ini PergiKuliner merangkum enam jenis kopi asli Indonesia yang kepopulerannya sudah mendunia. Yuk simak ulasannya!


1. Kopi Gayo

Kopi Gayo berasal dari Aceh, jenis kopi ini terkenal sebagai kopi terbaik di dunia. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman yang rendah. Selain itu aromanya sangat kuat, hal inilah yang menyebabkan kopi Gayo menjadi favorit di kalangan pecinta kopi. Terdapat dua jenis kopi Gayo yaitu kopi Gayo (Arabica) dan kopi Ulee Kareeng (Robusta).


2. Kopi Sumatra

Di pulau Sumatra yang paling terkenal adalah kopi Sidikalang, kopi Lintong, dan kopi Mandailing. Karakter Kopi Sumatera adalah cita rasa yang berat dibandingkan jenis kopi lainnya, dengan karakteristik rempah dan tanah (earthy). Tekstur dari kopi sumatera cenderung lebih halus dengan aroma yang lebih tajam. Tahukah kamu, kopi Sumatra saat ini menjadi salah satu jenis kopi terlaris di dunia.


3. Kopi Toraja

Kopi asli Sulawasi ini memiliki ciri khas yang sama dengan kopi Sumatra, akan tetapi kopi Toraja memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan memiliki aroma tanah (earthy) yang cukup khas.


4. Kopi Kintamani

Kopi khas Bali yang satu ini memiliki karakter rasa buah-buahan dan juga lebih lembut dibandingkan kopi nusantara lainnya. Hal ini disebabkan karena petani kopi di Bali menanam kopinya dengan menggunakan metode tumpang sari, yaitu metode penanaman tanaman kopi bersamaan dengan tanaman buah atau sayur.


5. Kopi Wamena

Kopi yang ditanam di ketinggian 1.500 m ini memiliki aroma yang tajam. Walaupun aromanya tajam, kopi yang berasal dari Papua ini bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas. Yang membuat kopi Wamena memiliki aroma khas yang berbeda dari kopi-kopi lain adalah cara penanaman kopi Wamena yang dilakukan secara organik atau alami.


6. Kopi Flores

Berbeda dari yang lainnya, kopi Flores Bajawa ditanam di pegunungan yang memiliki kandungan andosols subur yang berasal dari abu gunung berapi yang terdapat di Kabupaten Ngada. Kopi ini memiliki aroma fruity dan mempunyai after taste yang mirip dengan rasa tembakau.


Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Say Something Coffee

Foto Say Something Coffee
Foto Say Something Coffee
Foto Say Something Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?