Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Turkish Delight, Permen Khas Turki yang Bisa Jadi Bingkisan Valentine

List Artikel
14 Februari 2022 | 0 Komentar

Kamu pernah mencicip Turkish delight? Camilan manis asal Turki ini sangat populer di dunia. Keberadaannya ini menjadi sangat populer sejak kemunculannya dalam film yang berjudul The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe. Di dalam film ini, camilan ini muncul pada adegan saat Penyihir Putih memberikan manisan yang ternyata adalah Turkish Delight kepada Edmund Pevensie, salah satu tokoh utama dalam film tersebut. Setelah kemunculan Turkish Delight dalam film tersebut, masyarakat dunia mulai berburu permen khas Turki. Permen ini memiliki bentuk kotak dengan warna-warni cerah seperti merah muda, hijau muda, hingga kuning. Pada bagian luarnya ditaburi dengan gula bubuk sehingga tampak seperti salju, tapi ada juga yang diberi taburan kacang-kacangan yang sudah dihaluskan. Sedangkan pada bagian dalamnya ada yang berisi cincangan kacang-kacangan seperti kacang pistascio, tapi ada juga yang tidak ada isiannya. Permen ini memiliki tekstur yang agak kenyal dan rasa yang pastinya manis. Jika ada campuran kacang di dalamnya, sudah pasti teksturnya akan berbeda karena ada tambahan rasa garing.

 

Sudah Ada Sejak Era Kerajaan Ottoman



Sumber: amiraspantry.com


Jika dilihat dari sejarahnya, permen Turkish Delight ini ternyata sudah ada sejak tahun 1777 atau pada saat masa era Kerajaan Ottoman di Turki. Tak heran kalau kuliner ini menjadi salah satu kuliner tradisional yang menyimpan banyak sejarah. Di negara asalnya, Turkish delight memiliki nama lokum. Awalnya ada seorang pemilik toko permen yang bernama Ali Muhiddin Haci Bekir Effendi yang membuat permen yang diberi nama lokum. Permen ini memiliki rasa yang sangat lezat sehingga membuat Sultan yang ada di Istana Ottoman menginginkannya. Alhasil sang pemilik toko permen pun diangkat menjadi juru masak di istana dan membuat banyak resep dessert serta membagiakannya ke banyak wilayah di kerajaan Ottoman.

 

Proses Pembuatannya yang Lama



Sumber: nibble.id


Di balik tampilannya yang sangat cantik dan rasanya yang sangat lezat, permen Turkish delight ini memiliki proses pembuatan yang sangat lama. Proses pembuatannya bisa memakan waktu hingga seharian lebih. Hal ini dikarenakan setelah larutan gula direbus ebrsama asam sitrat dan pati hingga lengket, adonan akan didiamkan selama kurang lebih 20-24 jam lamanya hingga mengeras. Prosesnya yang lama inilah yang membuat masyarakat setempat lebih suka membelinya dibanding membuatnya sendiri di rumah karena membutuhkan banyak wantu dan tenaga.

 

Camilan Kesukaan Para Tokoh Dunia



Sumber: epicurious.com


Dikenal akan rasanya yang enak pasti membuat para tokoh dunia melirik keberadaan camilan khas Turki ini dan mencicipnya sendiri. Permen Turkish delight menjadi camilan beberapa tokoh dunia seperti Napoleo, Pablo Picasso, hingga Chruchil. Kebanyakan dari mereka menyantap permen ini saat sedang bekerja atau disantap saat sedang bersantai atau beristirahat. Di negaranya sendiri, permen Turkish delight digemari oleh Sultan Mahmud II, Sultan Ibrahim I, dan Sultan Abadul Hamid II.

 

Cocok Digunakan untuk Bingkisan Hadiah



Sumber: grandturkishbazaar.com


Tampilannya yang cantik dan indah membuat permen Turkish delight sangat cocok untuk dijadikan sebagai bingkisan hadiah untuk orang tersayang. Apalagi harga dari camilan ini terbilang cukup mahal sehingga bisa dikatakan sebagai camilan mewah. Biasanya Turkish delight dijual dalam bentuk kemasan kotak dengan hiasan pita di bagian luar kotak tersebut sehingga bisa menambah kesan mewah.

 

Setelah melihat permen khas Turki ini, apakah Teman Kuliner sendiri sudah pernah mencicip permen yang fenomenal ini?

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Dapur Cokelat

Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

Gormeteria

Foto Gormeteria
Foto Gormeteria
Foto Gormeteria

BitterSweet by Najla

Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?