Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengungkap Fakta dan Mitos Tentang Sarapan Pagi yang Wajib Kamu Ketahui

List Artikel
9 April 2018 | 0 Komentar

Sarapan pagi merupakan makanan yang disantap pada pukul 06.00 hingga 10.00 pagi. Jika sudah lewat dari jam 10.00, maka dinamakan dengan brunch alias perpaduan sarapan pagi dengan makan siang. Sarapan pagi seringkali menjadi perbedebatan banyak orang karena tak semua orang melakukan sarapan pagi. Selain karena alasan tidak terbiasa, ada juga yang menganggap sarapan pagi bisa bikin mengantuk, berat badan naik, dan lain sebagainya. Lantas, apakah semua anggapan-anggapan tersebut benar faktanya atau hanya mitos semata? Untuk dapat mengetahuinya, PergiKuliner akan mengungkapkannya untuk kamu. Yuk, lihat!

 

Sumber: pergikuliner.com


1. Sarapan Pagi Sebabkan Rasa Kantuk

Banyak orang yang melewatkan sarapan karena menganggap kalau sarapan bisa menyebabkan rasa kantuk sehingga mereka memilih untuk tidak sarapan. Sebenarnya, bukan sarapan yang membuat kamu mengantuk, tapi pemilihan menu sarapan yang salah. Jika kamu sarapan dengan menu yang banyak mengandung gula dan karbohidrat, tentu saja kamu akan merasa mengantuk. Contohnya ketika kamu sarapan nasi goreng dengan teh manis. Sudah pasti efek yang ditimbulkan tak hanya rasa mengantuk karena tubuh sedang mencerna makanan dengan keras. Sebaiknya santap karbohidrat kompleks dengan serat dan protein tinggi saat sarapan.

 

2. Sarapan Pagi Bisa Membuat Berat Badan Naik

Anggapan seperti ini kerap kali dikatakan oleh perempuan serta orang-orang yang sedang berdiet. Mereka akan melewatkan sarapan pagi karena mereka berpikir kalau mereka bisa menggabungkan sarapan dengan makan siang agar tidak menambah berat badan. Faktanya, sarapan justru membuat kamu lebih mudah menurunkan berat badan. Ketika kamu sarapan, maka porsi makan siang jadi lebih sedikit. Lain halnya ketika kamu melewatkan sarapan, rasa lapar yang tak tertahankan akan membuat kamu makan lebih banyak.

 

3. Perut Jadi Cepat Mulas Karena Sarapan Pagi

Ada lagi mitos tentang sarapan pagi yang menurut sebagian orang bisa membuat perut jadi mudah mulas setelah menyantap makanan. Padahal sarapan pagi tidak bisa dengan mudah membuat perutmu mulas. Rasa mulas ini diakibatkan oleh asam lambung kamu yang tinggi sehingga sebelum sarapan, ada baiknya kamu minum air putih terlebih dahulu. Selain minum air putih, lakukan olahraga kecil terlebih dahulu agar asam lambung sedikit mereda sebelum sarapan pagi. Hindari juga menyantap makanan yang pedas dan bercitarasa asam saat sarapan.

 

4. Kalau Sudah Sarapan Nasi, Pasti Tak Mudah Lapar

Kalau mitos yang satu ini justru diyakini oleh orang-orang yang suka sarapan pagi. Layaknya pepatah khas orang Indonesia yang mengatakan kalau tidak makan nasi, belum makan namanya. Jadi tak heran kalau ada banyak orang yang menganggap kalau sudah sarapan nasi, pasti kamu tak akan mudah lapar. Padahal anggapan ini justru salah teman PergiKuliner. Nasi memang mengandung karbohidrat tinggi, tapi nasi juga mengandung kadar gula yang tinggi. Jadi jangan heran kalau dalam hitungan beberapa jam saja, kamu sudah merasa lapar. Lantas kita tidak boleh mengonsumsi nasi saat sarapan? Boleh-boleh saja, asalkan porsinya tidak terlalu banyak dan diimbangi dengan tambahan sayur serta buah untuk mengimbangi kandungan seratnya.

 

5. Sarapan atau Tidak, Tak Ada Bedanya

Mitos tentang sarapan yang terakhir adalah mitos yang menganggap kalau sarapan atau tidak itu sama saja alias tidak ada perbedaannya. Padahal tubuh kamu memerlukan asupan energi, lemak, gula, nutrisi, dan lain sebagainya untuk menjalani pagi hari kamu. Jika kamu tidak sarapan, tubuh dan otak akan bekerja lebih lamban. Selain itu, konsentrasi kamu juga bisa terpecah karena akan merasa lapar sebelum waktunya makan siang. Jadi, sarapan itu penting ya, teman PergiKuliner!

 

Setelah kamu mengetahui kebenaran dari mitos-mitos di atas, sekarang kamu tak ragu lagi kan untuk menyantap menu sarapan pagi di salah satu tempat makan di bawah ini!

St. Ali

Foto St. Ali
Foto St. Ali
Foto St. Ali

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Baconerie

Foto Baconerie
Foto Baconerie
Foto Baconerie

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?