Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menguak Fakta di Balik Penyebab Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa

List Artikel
27 Maret 2024 | 0 Komentar
Saat sedang menjalankan ibadah puasa, banyak sekali pikiran yang terlintas untuk merencanakan apa saja yang akan kita makan saat berbuka puasa nanti. Terlebih lagi, kamu pasti tergiur akan jajanan kuliner yang tersedia dan dijual di banyak tempat, misalnya pasar, toko kue, di pinggir jalan, maupun didepan rumah-rumah warga, pasti kamu tertarik untuk membelinya. Walaupun rasanya ingin kamu makan, apakah kamu sanggup bila makanan yang kamu beli semua bisa kamu habiskan langsung dalam waktu yang bersamaan? Pastinya kamu tidak akan sanggup menghabiskan semuanya dalam waktu yang bersamaan, bukan? Saat berbuka puasa, baru saja kamu makan sedikit makanannya tetapi perut kamu sudah kenyang. Oleh karena itu, makanan yang kamu beli semua akan menjadi sia-sia karena tidak habis dimakan. Menurut kamu, apakah saat berbuka puasa perut kita menjadi cepat kenyang itu hal wajar dan normal? PergiKuliner ingin menguak beberapa fakta dibalik penyebab perut kamu yang cepat kenyang saat berbuka puasa. Apa saja ya? Yuk kita simak!


  

Sumber: Self.com


Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa adalah Hal Normal
Pada minggu pertama berpuasa, perut kita mengalami masa adaptasi. Apalagi perut kita mengalami kekosongan selama hampir 14 jam lamanya, maka tak heran bila kamu berbuka puasa perut kamu akan merasa cepat kenyang saat berbuka. Hal ini wajar dan normal saja mengingat kondisi perut kamu yang kosong. Seiring waktu perut kamu juga akan terbiasa dengan adanya keadaan berpuasa. Jadi kamu tidak perlu takut karena merasa perut kamu cepat kenyang ya.

Proses Adaptasi dalam Tubuh
Tak berbeda jauh dengan fakta pertama di atas, kamu tentunya sudah tahu kondisi perut kamu yang awalnya kosong menjadi mendadak penuh dan kenyang dalam waktu sekejap. Hal ini dikarenakan adanya proses adaptasi yang dilakukan oleh tubuh kamu melalui perut. Tubuh akan merasa kaget sehingga menyebabkan saraf simpatik bekerja terlalu keras, karena sistem saraf simpatik inilah yang berfungsi memacu dan mempercepat kinerja organ tubuh manusia. Oleh karena itulah yang membuat perut cepat kenyang walaupun hanya makan sedikit saja.

Berikan Jarak Jeda Waktu Antara Takjil dan Makanan Berat
Alangkah baiknya berbuka puasa dimulai dari takjil makanan manis alami seperti kurma atau buah-buahan lainnya serta air putih. Lalu kamu juga bisa mengganti asupan manis kamu dengan jus buah ataupun es buah tanpa tambahan gula. Setelah memakan makanan takjil tersebut, sebaiknya kamu memberikan jarak jeda waktu antara takjil dan makanan berat. Karena itu akan membantu perut kamu bekerja secara berkala dan tidak dapat membuat kamu merasa cepat kenyang dalam waktu yang singkat. Selama jeda waktu tersebut, kamu bisa melakukan hal lain seperti shalat maghrib terlebih dahulu, baru setelah itu kamu bisa melanjutkan kembali dengan makan makanan berat.

Mengonsumsi Makanan Berat Dapat Menyebabkan Perut Cepat Begah
Perlu kamu ingat ya, kalau kamu berbuka puasa langsung menyantap makanan berat, maka akan menyebabkan perut kamu mengalami asam lambung dan peningkatan kadar glukosa secara drastis. Inilah yang menyebabkan perut kamu cepat merasa kenyang dan begah, serta menjadikan kamu akan malas untuk beribadah seperti shalat maghrib. Jadi, lebih baik kamu mengonsumsi makanan sewajarnya saja supaya tidak merasa cepat begah.

Banyaknya Mengonsumsi Gula yang Berlebihan Dapat Memberikan Dampak Buruk
Nabi Muhammad SAW memang menyarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis. Namun, terlalu banyak makanan yang dikonsumsi berdampak tidak baik untuk tubuh seperti teh manis yang dibarengi dengan kue manis. Tentu saja perut akan merasa cepat kenyang karena mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula. Mengonsumsi gula berlebih saat berbuka puasa dapat menyebabkan dampak buruk, salah satunya malnutrisi yang disebabkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup karena perut sudah mengalami kenyang terlebih dahulu. Sebaiknya konsumsi asupan manis yang berasal dari sumber alami yang kaya akan tinggi serat dan nutrisi sehingga akan berdampak baik bagi tubuh kamu.

Sudah tahu kan, fakta dibalik penyebab perut kamu cepat kenyang? Ingat ya, berbukalah dengan sewajarnya saja agar tetap bisa menjaga kondisi kesehatanmu selama berpuasa! Nah, sekarang waktunya buka puasa nih. Yuk, intip restoran-restoran yang cocok untuk bukber di bawah ini!

Halo Bali! Dining

Foto Halo Bali! Dining
Foto Halo Bali! Dining
Foto Halo Bali! Dining

Manca Rempah Seafood

Foto Manca Rempah Seafood
Foto Manca Rempah Seafood
Foto Manca Rempah Seafood

Namamia Coffee & Eatery

Foto Namamia Coffee & Eatery
Foto Namamia Coffee & Eatery
Foto Namamia Coffee & Eatery

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?