Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menilik Konsep Makan Ala Restoran yang Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

List Artikel
27 Agustus 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka makan di restoran? Meski restoran memiliki harga makanan yang lebih tinggi dibanding kedai dan kafe, tapi restoran memiliki daya tarik tersendiri yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat makan lain. Mulai dari pelayanan, menu makaann, hingga tata cara penyajian yang pastinya berbeda. Tapi tahukah kamu kalau konsep restoran ini ternyata sudah ada jauh beribu-ribu tahun yang lalu? Selama ini kebanyakan orang akan mengira kalau konsep restoran berawal dari negara Barat, tapi pada kenyataannya, konsep restoran justru muncul dari negara Timur, tepatnya dari China.



Sumber: Wikimedia.com


Konsep tempat makan ala restoran muncul pada abad ke-11 hingga abad ke-12 di China. Pada masa itu, China yang dikuasai oleh Dinasti Song sudah memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, terutama di kota Kaifeng dan Hangzhou. Dua kota ini memiliki jumlah penduduk yang mencapai hingga 1 juta jiwa lebih. Hal ini dikarenakan dua kota tersebut merupakan kota perdagangan yang sangat dipenuhi oleh kegiatan berdagang, baik itu oleh warga lokal maupun pendatang yang singgah. Berhubung aktivitas perdagangannya sangat ramai dan penduduknya sangat padat, maka kota-kota ini dipenuhi oleh kedai lokal. Waktu itu awalnya konsep tempat makan di sana hanyalah kedai atau warung biasa. Lalu berkembang menjadi konsep restoran yang menyajikan beragam menu serta meja dan kursi yang djsediakan untuk orang makan di sana. Keberadaan restoran-restoran di China ini diperkuat oleh adanya naskah kuno yang ditemukan.



Sumber: History.com


Pada naskah kuno tersebut diterangkan kalau pada tahun 1120-an ada beragam pilihan restoran yang keberadaannya menyerupai distrik wisata seperti yang ada saat ini. Konsep restoran berkembang dengan cepat di China dan pada tahun 1126, konsep restoran dikembangkan lagi dengan memberikan hiburan kepada pelanggan yang datang dengan cara mengadakan atraksi serta teatrikal dai pelayan-pelayannya. Dari China, konsep restoran kemudian beranjak ke Jepang yang diketahui memiliki konsep restoran pertama pada tahun 1500-an. Jepang mengusung konsep kaiseki di mana dalam satu sajian terdapat beberapa jenis makanan sekaligus yang disajikan dengan cara yang apik.



Sumber:  Wikimedia.com


Setelah China dan Jepang, konsep makan ala restoran kemudian muncul di Perancis pada tahun 1789. Meski bukan menjadi negara yang pertama mengusung konsep restoran, tapi nama restoran justru pertama kali muncul di Perancis. Nama restoran diambil dari kata ‘restaurer’ yang memiliki arti memberi makan diri sendiri. Di Perancis inilah konsep makan ala restoran berkembang dengan sangat pesat. Restoran-restoran yang ada di Perancis kebanyakan diperuntukkan oleh pedagang kaya dan kaum bangsawan sehingga kualitas bahan yang digunakan sangat bagus serta tata cara penyajiannya juga cantik. Restoran di Perancis tak hanya menawarkan santapan lezat saja, tapi juga wine yang dapat dinikmati pelanggannya seusai bersantap. Konsep makan ala restoran di Perancis inilah yang kemudian dikenal sebagai konsep restoran fine dining.

 

Sumber: Wikimedia.com


Setelah Perancis, pada tahun 1900-an, konsep makan ala restoran barulah muncul di Amerika. Tak jauh berbeda dengan restoran di Perancis, restoran di Amerika juga terbilang mewah karena menawarkan suasana makan yang private dengan wine serta steak yang menjadi menu utamanya. Di Indonesia sendiri, konsep makan ala restoran baru muncul pada zaman penjajahan Belanda yang mengenalkannya kepada kaum bangsawan setempat.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan dari mana konsep makan ala restoran yang kita kenal saat ini. Semoga info tersebut bisa menambah pengetahuan kulinermu ya!

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Blue Terrace - Hotel Ayana Midplaza Jakarta

Foto Blue Terrace - Hotel Ayana Midplaza Jakarta
Foto Blue Terrace - Hotel Ayana Midplaza Jakarta
Foto Blue Terrace - Hotel Ayana Midplaza Jakarta

Dope Burger & Co.

Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.

Social House

Foto Social House
Foto Social House
Foto Social House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?