Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Banyak Jenisnya, 7 Bahan Ini Pasti Selalu Ada dalam Sajian Soto Khas Indonesia

List Artikel
29 Maret 2018 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, siapa yang tak suka menyantap soto? Soto merupakan kuliner berkuah khas Indonesia yang bisa kamu jumpai hampir di setiap daerah. Menjadi kuliner rakyat, soto lebih dikenal sebagai kuliner kaki lima yang dijual oleh pedagang gerobak pinggir jalan. Ada banyak sekali varian soto yang ada di Indonesia. Bisa dikatakan kalau beda daerah beda pula cita rasa soto yang dihadirkan. Contohnya saja soto Betawi yang punya kuah santan kental dan gurih, soto Lamongan dengan kuah kuningnya yang memiliki cita rasa segar, soto mie dengan tambahan risol dan mie kuningnya, dan masih banyak lagi soto-soto dari daerah lain seperti soto Makassar, soto Kudus, soto Padang, soto Banjar, soto tangkar, dan soto Madura. Meski demikian, jika kamu perhatikan dengan seksama, semua varian soto-soto ini selalu memiliki bahan-bahan ini salam sajiannya, yaitu:

 

1. Daging


Sumber: pergikuliner.com


Komponen ini pasti ada dalam setiap sajian soto karena daging bisa menjadikan kuah menjadi lebih gurih tanpa harus ditambahkan MSG. Daging yang digunakan bisa berupa daging ayam, sapi, hingga kerbau. Daging yang akan dicampur dalam soto harus direbus terlebih dahulu dalam waktu yang cukup lama sehingga bisa menghasilkan kuah kaldu yang lezat untuk dijadikan sebagai kuah soto. Selain daging, biasanya ada jerohan dan tulang daging yang diikutsertakan.

 

2. Bihun


Sumber: pergikuliner.com


Bihun dihadirkan dalam kuliner berkuah untuk menambah tekstur yang lebih kaya dan beragam. Dibanding mie, bihun lebih banyak digunakan pada soto karena lebih disukai oleh masyarakat dan juga karena warnanya yang bening cantik sehingga tidak bertabrakan dengan warna soto yang kuning. Jenis bihun yang digunakan bisa berupa bihun jagung atau bihun beras. Sebelum disajikan, bihun sudah terlebih dahulu diseduh dengan air panas.

 

3. Tauge


Sumber: pergikuliner.com


Hampir semua soto menggunakan tauge sebagai pilihan sayuran pelengkapnya. Tauge dinilai memiliki rasa yang unik dan tekstur renyah yang mampu memberikan sensasi khas saat menyantap soto. Selain itu, tauge juga memiliki gizi serta nutrisi yang bagus untuk tubuh kamu. Sebelum disajikan bersama dengan kuah soto, tauge sudah terlebih dahulu diseduh dengan air panas untuk menghilangkan aromanya getirnya.

 

4. Kentang


Sumber: pergikuliner.com


Kentang juga sering muncul pada kuliner soto. Kentang ditambahkan untuk melengkapi karbohidrat pada soto sehingga kamu yang malas makan nasi bisa mendapat asupan karbohidrat dari menyantap kentang. Kentang harus direbus atau dikukus hingga matang, lalu dikupas dan dipotong-potong dadu sebelum disiram dengan kuah soto beserta pelengkap lainnya. Selain direbus atau dikukus, kentang untuk soto juga kerap kali dipotong tipis-tipis lalu digoreng sehingga teksturnya jadi lebih garing.  

 

5. Tomat


Sumber: pergikuliner.com


Bahan lainnya yang selalu ada pada sajian soto adalah irisan tomat yang ditambahkan sesaat sebelum soto disajikan. Penambahan tomat pada soto tak hanya bisa menjadikan rasa soto menjadi segar, tapi juga menghadirkan rasa asam yang membuat kamu semakin suka menyeruput kuah soto. Tomat yang digunakan tentunya adalah tomat merah yang sudah matang, bukan tomat hijau karena tomat hijau memiliki tekstur yang lebih keras dan asam.

 

6. Daun Seledri


Sumber: pergikuliner.com


Rasanya tak hanya soto saja yang diberi taburan irisan daun seledri, tapi hampir semua kuliner berkuah di Indonesia selalu diberi taburan daun seledri. Contohnya saja bakso dan segala varian sop. Daun seledri ditambahkan pada kuliner berkuah, khususnya soto adalah untuk menambah aroma wangi sehingga sanggup menggoda indra penciuman kamu untuk segera mencicip.


7. Jeruk Nipis


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada jeruk nipis yang selalu disajikan sebagai pelengkap untuk ditambahkan sesaat sebelum kamu menyantap soto. Jeruk nipis disajikan dalam bentuk irisan dan kamu harus memerasnya terlebih dahulu untuk dicampur ke dalam kuah soto. Penambahan jeruk nipis ini tak hanya membuat aroma soto menjadi tambah wangi, tapi juga bisa membuat rasa kuah soto jadi lebih segar karena rasa asam dari jeruk nipis. Selain jeruk nipis, ada jeruk limau yang juga kerap disandingkan dalam sajian soto.


Setelah melihat bahan-bahan di atas, kamu pasti jadi membayangkan menyantap soto yang lezat di siang hari. Bagaimana kalau mampir dulu ke salah satu tempat makan yang menjual soto di bawah ini!

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat

Soto Jakarta Bang Madun

Foto Soto Jakarta Bang Madun

Bale Soto

Foto Bale Soto

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Soto Gerobak Mak Yos

Foto Soto Gerobak Mak Yos

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?