Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Miliki Bau Menyengat, 5 Makanan Khas Indonesia Ini Justru Banyak Digandrungi

List Artikel
9 Maret 2017 | 0 Komentar

Indonesia memang terkenal akan makanannya yang memiliki aroma serta citarasanya yang khas. Hal ini dikarenakan makanan khas Indonesia memiliki bahan baku yang unik dan tak biasa sehingga susah dicari alias hanya terdapat di Indonesia saja. Pergi Kuliner sudah merangkum lima makanan khas Indonesia dengan bau yang menyengat tapi justru banyak digandrungi karena citarasanya yang lezat dan bikin ketagihan. Daripada bertanya-tanya ada makanan apa saja, yuk langsung lihat!

 

1. Jengkol



Sumber: pergikuliner.com


Bukan orang Indonesia namanya jika tak kenal dengan makanan yang satu ini. Jengkol bisa kamu jumpai pada kuliner khas Betawi dan Padang dalam bentuk tumis, bumbu rendang, hingga balado. Jengkol memiliki warna yang cokelat kehitaman dengan bentuk bulat gepeng pipih. Saat masih mentah, jengkol tidak terlalu berbau, tapi saat sudah dimasak, jengkol memiliki aroma yang khas. Tak semua orang suka menyantap jengkol karena tidak tahan akan bau menyengatnya.

 

2. Pete



Sumber: pergikuliner.com


Tak jauh berbeda dengan jengkol, pete juga bisa dengan mudah kamu jumpai pada berbagai kuliner khas Indonesia. Pete memiliki biji berbentuk bulat kecil dengan warna hijau muda dan tektur yang cerah mengkilap. Pete ini sering sekali dijadikan tambahan agar citarasa pada suatu masakan jadi tambah lezat. Kamu bisa menemukan pete pada kuliner sambal goreng kentang ati, tumisan, hingga sayur santan.

 

3. Daging Kambing




Sumber: pergikuliner.com


Daging kambing memiliki kandungan protein dan nutrisi yang cukup tinggi. Selain bisa mencegah anemia, daging kambing juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kolesterol baik, dan lain sebagainya. Daging kambing memiliki aroma yang cukup menyengat, yakni aroma prengus atau amis yang khas sehingga membuat orang enggan menyantapnya. Daging kambing biasa dimasak menjadi sop kambing, tongseng kambing, hingga sate kambing.

 

4. Durian



Sumber: pergikuliner.com


Buah yang satu ini memang menjadi buah yang paling fenomenal dan terkenal akan aromanya yang sangat menyengat. Durian merupakan buah dengan kulit yang keras dan berduri tebal dengan daging durian yang lembut dan manis. Ada banyak sekali orang Indonesia yang tergila-gila dengan buah yang satu ini hingga durian banyak dijadikan olahan kuliner seperti tempoyak, pancake durian, hingga sop durian.

 

5. Terasi



Sumber: detik.food.com


Terakhir, ada terasi yang masuk dalam golongan bumbu khas Indonesia yang bisa bikin makanan jadi lebih lezat. Terasi dibuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan dan diolah dalam bentuk adonan atau pasta berwarna hitam, cokelat, hingga kemerahan. Baunya sangat menyengat dan tajam sehingga penggunaanya tidak boleh terlalu banyak. Terasi bisa kamu temukan dalam makanan khas Indonesia seperti kangkung balacan, sambal terasi, dan masih banyak lagi.


Nah, buat yang belum pernah nyoba jenis makanan yang berbau menyengat seperti di atas, yuk kunjungi berbagai olahan lezat dari makanan berbau menyengat di berbagai tempat makan seperti di bawah ini!

Sop Duren 88

Foto Sop Duren 88
Foto Sop Duren 88
Foto Sop Duren 88

Depot Es Durian Nan Salero

Foto Depot Es Durian Nan Salero

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?