Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos vs Fakta, Benarkah Air Putih Tidak Bagus Diminum di Sela-Sela Makan?

List Artikel
8 Januari 2019 | 0 Komentar
Air putih dikenal sebagai minuman yang sangat tepat untuk mendampingi apapun santapan makananmu. Baik itu makanan berkuah, makanan pedas, hingga makanan manis. Hal ini dikarenakan air putih memiliki rasa yang netral sehingga tidak memiliki efek khusus jika dipadukan dengan makanan apapun. Tapi, ternyata ada mitos mengenai air putih yang katanya tidak bagus jika kita minum di sela-sela makan. Sebenarnya benarkah mitos mengenai hal tersebut? Kita akan mencoba mengungkapnya di sini ya!



Sumber : Abiireal.ie


Meminum air putih di sela-sela makan memang seringkali kita lakukan dengan alasan makanan yang disantap terlalu kering sehingga tenggorokan susah menelannya atau bisa juga makanan yang disantap memiliki cita rasa pedas atau asin sehingga kita butuh minum air putih untuk menghilangkan rasa pedas atau asin tersebut. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ketika kita meminum air putih di sela-sela makan, maka akan ada reaksi asam lambung atau naiknya gastroesophagel reflux disease (GERD). Naiknya asam lambung ini bisa membuat kamu merasa kembung, perut tidak nyaman, hingga gangguan pencernaan. Ketika air putih masuk ke dalam perut bersamaan dengan makanan, maka hal ini bisa mengubah tingkat keasaman lambung dan memperlambat pencernaan.

Sumber : Medicalnewstoday.com

Asam hidroklorida yang berperan untuk memecah makanan pada lambung juga tidak bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya tidak hanya sistem pencernaan saja yang terganggu, tapi makanan yang disantap juga tidak bisa diserap oleh baik kandungan nutrisinya oleh tubuh. Hal yang sama juga terjadi jika kamu langsung meminum air putih tepat sebelum dan setelah makan. Lalu lantas sebaiknya bagaimana? Berikan jeda paling tidak sekitar 15-20 menit sebelum dan sesudah menyantap makanan sehingga lambung bisa mencerna terlebih dahulu makanan yang sudah masuk.  Dengan demikian air putih yang kamu minum tidak mengganggu jalannya proses pencernaan dalam lambung. Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk minum? Nah, jika tidak ada air putih, kamu bisa minum aneka minuman di bawah ini juga lho!

BubbleZ

Foto BubbleZ
Foto BubbleZ
Foto BubbleZ

Re.Juve

Foto Re.Juve

Roempi Coffee

Foto Roempi Coffee
Foto Roempi Coffee
Foto Roempi Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?