Nostalgia dengan Kue Monas, Kue Kering Klasik yang Bentuknya Unik dan Cantik

6 Mei 2022 | 12 Komentar

Kamu pernah mendengar atau bahkan pernah mencicip camilan yang bernama kue monas? Kue monas menjadi salah satu kue klasik yang saat ini sedang marak diperbincangkan karena bentuk dan tampilannya yang unik dan menarik. Menjadi salah satu kue klasik khas Indonesia, kue monas mulai ramai diperbincangkan di media sosial karena ada salah seorang netizen yang bertanya tentang nama asli dari kue klasik ini. Dirinya merasa bingung saat melihat kue monas dalam kemasan yang dijual di mini market dekat rumahnya. Alhasil, banyak orang yang memperdebatkan nama asli dari kue tersebut. Supaya kamu bisa mengenal dengan baik tentang kue monas ini, yuk kita bernostalgia terlebih dahulu!



Sumber: Camilannusantara.co.id

 

Punya Bentuk Tampilan yang Unik dan Cantik

Kue monas dulunya menjadi populer dikarenakan memiliki tampilan bentuk yang sangat unik. Bentuknya sebenarnya sangatlah mini jika dibandingkan kue-kue kering lainnya. Kue monas memiliki bentuk bagian atas yang berbentuk seperti puncak Monas. Keunikan lainnya bisa dilihat dari warna-warni yang terdapat pada bagian atasnya. Selain memiliki bentuk puncak monas, bagian atas dari kue ini juga memiliki warna-warni yang cerah sehingga terlihat sangat cantik dipandang.

 

Memiliki Banyak Julukan Nama

Kue monas sebenarnya memiliki banyak sekali julukan. Hal ini tergantung di daerah mana kamu menemukannya. Di daerah-daerah yang ada di Jawa, kue monas lebih dikenal dengan nama kue kancing karena sekilas tampilannya juga mirip dengan kancing baju. Selain di daerah Jawa, masyarakat menyebutnya sebagai kue monas. Ada lagi nama lain dari kue monas yakni gemrose dikarenakan bentuk atasnya yang dibilang mirip bunga mawar. Selain nama-nama tersebut, kue monas juga memiliki nama lain seperti kue icing hingga kue bahagia.



Sumber: Kompas.com


Tidak Diketahui Asalnya

Meski dikatakan sebagai kue klasik khas Indonesia, tapi ternyata hingga saat ini asal dari kue monas masih belum diketahui. Banyak yang mengatakan kalau kue ini sebenarnya berasal dari Jakarta karena penggunaan julukan kata ‘monas’ di dalamnya. Tapi ada juga yang mengatakan kalau asal kue ini dari Jawa karena keberadannya lebih banyak dijumpai di daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa. Tidak diketahuinya asal dari kue monas dikarenakan tidak ada yang pernah mengklaim keberadaan pertama dari kue monas ini.

 

Identik dengan Kue Jadul

Kue monas sangatlah identik dengan yang namanya kue jadul. Hal ini dikarenakan kue ini pernah populer di tahun 70-an. Kue ini sangat mudah dijumpai di beberapa warung terdekat yang ada di kawasan perumahan. Tak heran kalau banyak anak-anak yang membeli kue monas sebagai camilan mereka. Uniknya saat menyantap kue monas, anak-anak hanya akan mengonsumsi bagian atasnya saja, bukan bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan bagian atasnya terdapat campuran gula sehingga rasanya lebih manis dibanding bagian bawahnya.



Sumber: Resepaneka.com


Dibuat dari Bahan yang Sederhana

Kue monas dibuat dari bahan-bahan yang sangatlah sederhana. Bagian bawahnya dibuat dari bahan dasar kue kering biasa seperti telur, tepung, dan gula. Sedangkan pada bagian atasnya dibuat dari bahan dasar putih telur yang dipadukan dengan gula pasir dan perasan jeruk lemon. Meski bahan-bahannya sederhana, kue monas memiliki perpaduan rasa manis yang sangat pas.

 

Bagaimana menurutmu tentang kue kering klasik Indonesia yang dijuluki dengan nama kue monas ini? Apakah kamu sendiri pernah mencicipnya sewaktu kecil dulu?

 

Dough Lab

Union

NAMELAKA

Boens Soes

Pop Cookies


Topik artikel ini: