Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pasta Tomat vs Saus Tomat, Bisakah Kamu Membedakannya?

List Artikel
2 Maret 2019 | 0 Komentar
Tomat menjadi bahan utama sebagian besar makanan Italia. Coba saja kamu perhatikan, rasanya hampir semua makanan Italia menggunakan campuran tomat di dalamnya, seperti spagheti bolognaise, lasagna, pizza, ravioli dan masih banyak lagi. Tidak seperti Indonesia, tomat di Italia diolah menjadi dua jenis, yakni pasta tomat dan saus tomat. Keduanya memang terlihat mirip satu sama lain, tapi ternyata keduanya ini sangatlah berbeda. Bagaimana kalau kamu menyimak cara membedakan keduanya di bawah ini!


Sumber : Cookingispassio.com

Komposisi Bahan yang Digunakan
Pertama ada penggunaan komposisi bahan yang digunakan. Untuk pasta tomat bahan utama yang digunakan hanyalah tomat murni yang telah dibuang biji dan kulitnya sehingga yang digunakan hanya dagingnya saja. Sedangkan saus tomat diberi banyak bumbu tambahan, pengental, pewarna, serta pengawet. Untuk pasta tomat, warnanya cenderung lebih gelap sementara saus tomat warnanya lebih cerah. 

Tekstur Sebelum dan Sesudah Dimasak
Sebelum dimasak, pasta tomat memiliki tekstur yang lebih padat dan kental karena tidak ada bahan campuran apa-apa. Sedangkan untuk saus tomat, teksturnya lebih cair atau lebih encer karena sudah ada banyak sekali bahan campuran di dalamnya. Tapi setelah dimasak, warna dari keduanya tidak jauh berbeda sehingga kamu kesulitan untuk membedakannya.

Cita Rasa yang Dihasilkan
Kalau kamu merasakan citarasa pasta tomat sebelum dimasak, pastinya kamu tidak akan suka mencicipnya karena pada dasarnya pasta tomat hanyalah bahan mentah yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Lain halnya dengan sambal tomat yang bisa langsung dimakan tanpa perlu dimasak terlebih dahulu karena citarasanya memiliki perpaduan antara manis dan asam.

Kemasan yang Digunakan
Dari segi kemasannya, pasta tomat dikemas dalam bentuk kaleng atau bungkusan seperti pasta gigi. Sedangkan saus tomat dijual dalam bentuk botol atau sachet. Jika masih bingung, untuk membedakannya sangatlah mudah. Kamu cukup membaca keterangan yang ada pada kemasan. Jika tertulis puree atau paste maka itu tandanya pasta tomat. Setelah dibuka, pasta tomat harus langsung disimpan dikulkas agar tidak basi semetara saus tomat tidak perlu dimasukkan kulkas karena sebelumnya saus tomat sudah melewati beberapa tahapan dan diberi tambahan bahan pengawet sehingga tahan lama.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, jangan sampai keliru membedakan antara pasta tomat dan sambal tomat lagi ya! Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa langsung saja nih cobain beberapa makanan yang diolah dengan kedua bahan tersebut!

SOUL Drink & Dine

Foto SOUL Drink & Dine

Avec Moi

Foto Avec Moi

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?