Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Punya Bentuk yang Serupa, Apa Bedanya Nangka dan Cempedak?

List Artikel
1 Oktober 2020 | 0 Komentar

Indonesia dikenal memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Maka tak heran kalau negara ini punya banyak sekali jenis buah yang tumbuh dengan subur, meski hanya ditanam di pekarangan rumah saja. Buah-buahan di Indonesia dikenal memiliki cita rasa yang dominan manis. Salah satu buah yang banyak dijumpai di Indonesia adalah nangka. Buah ini bisa dijumpai di kebun atau pekarangan rumah karena mudah ditanam. Menjadi buah yang banyak dikonsumsi, nangka ini punya kembaran loh yakni cempedak. Buah cempedak seringkali salah dikenali sebagai buah nangka, begitupula sebaliknya. Nah, supaya tidak tertukar lagi saat mengenalinya, yuk simak dulu apa saja perbedaan dari nangka dan cempedak di bawah ini



Sumber: Tirto.id


Dari Segi Bentuk

Jika dilihat dari segi bentuknya, nangka dan cempedak sekilas memang terlihat sama karena sama-sama berbentuk lonjong. Tapi kalau kamu perhatikan dengan jelas, maka keduanya ini berbeda. Nangka memiliki bentuk lonjong yang beraturan sedangkan cempedak punya bentuk lonjong yang tidak beraturan karena ada beberapa bagian yang bergelombang.


Dari Segi Kulit dan Daun

Kalau kamu melihat nangka dan cempedak yang masih ada daunnya, maka ada perbedaan yang bisa dilihat. Untuk nangka, daunnya berwarna hijau dengan tekstur halus. Sedangkan untuk daun cempedak memiliki tekstur daun yang agak kasar dan ada bulu-bulu halus pada bagian pinggirnya. Lalu untuk kulit keduanya, nangka punya warna kulit yang hijau meski sudah matang dan tekstur kulitnya agak tajam jika dibandingkan kulit cempedak. Kulit buah cempedak juga akan berwarna kekuningan jika sudah matang.


Dari Segi Aromanya

Dari segi aroma buah nangka memang wangi, tapi wanginya ini kalem dan lembut, serta tidak terlalu menyengat. Wangi buah nangka akan lebih terasa saat kulit buah dibuka. Berbeda dengan buah cempedak yang wanginya sangat menyengat seperti durian meski kulit buah belum dibuka. Jika kulit buah sudah dibuka atau sudah dibelah buahnya, maka aromanya akan semakin merebak.



Sumber:  Popmama.com


Dari Segi Daging Buah

Kalau melihat dari segi daging buahnya, kamu juga bisa membedakan keduanya. Untuk daging buah nangka punya bentuk lonjong ramping dengan serat-serat besar yang terlihat. Warnanya juga kekuningan dengan tekstur buah yang padat dan kenyal. Sedangkan untuk buah cempedak, dagingnya berbentuk agak gemuk dan terlihat bantet dengan warna buah yang kuning muda cerah. Tektur buah cempedak lebih lembut dan cenderung mirip tekstur buah durian.


Dari Segi Olahannya

Terakhir bisa dilihat dari segi olahan yang menggunakan nangka dan cempedak. Keduanya ini sama-sama sering dijadikan sebagai gorengan alias bisa digoreng tepung. Tapi nangka lebih sering dimasukkan dalam bentuk irisan padaaneka olahan dessert. Untuk nangka yang masih muda sering dicampur dalam masakan. Lalu untuk cempedak banyak diolah dalam kue bolu atau kue-kue lainnya.


Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja perbedaan dari nangka dan cempedak. Kedua olahan ini sering banget disajikan dalam bentuk gorengan seperti pisang goreng. Nah, kalau kamu jadi kepingin makan gorengan, langsung aja nih serbu rekomendasi tempat gorengan di bawah ini!

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Pisang Original

Foto Pisang Original
Foto Pisang Original
Foto Pisang Original

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?