Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Santap Dimsum Saat Imlek? Ini Tata Cara Menyantapnya!

List Artikel
9 Februari 2021 | 0 Komentar

​Dimsum merupakan salah satu sajian yang umum pada saat perayaan hari raya Imlek. Dimsum dipercaya melambangkan keberuntungan yang bisa kamu dapat selama satu tahun ke depan. Makanan yang biasanya disajikan dalam wadah kukusan bambu ini memiliki banyak varian isi mulai dari sayuran, daging, hingga kacang-kacangan. Buat kamu yang akan menyantap dimsum saat Imlek, kamu harus baca dulu nih tata cara menyantapnya di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com

 

1. Mulai dengan Teh

Dimsum biasanya disajikan bersama dengan satu teko teh hangat dengan jenis teh yang berbeda-beda. Cek terlebih dahulu isi teko, apakah tehnya sudah direndam dengan baik atau airnya kurang cukup. Setelah memastikan warna teh sudah cukup bagus, kamu harus mengisi cangkir orang yang lebih tua terlebih dahulu sebelum kamu mengisi cangkirmu sendiri. Hal ini mewujudkan rasa hormat dan harapan doa untuk tahun baru.

 

2. Makan dalam Satu Lahap

Dimsum memang memiliki bentuk yang cukup kecil alias mini. Hal ini dikarenakan adanya isian dimsum yang berupa cairan sehingga dimsum sengaja dibuat untuk sekali lahap. Makanlah dimsum dalam satu lahapan, jangan membelahnya atau memotongnya menjadi dua bagian karena akan membuat isinya keluar berantakan.

 

3. Santap Dimsum Saat Masih Panas

Sudah menjadi etika kalau kamu harus menyantap dimsum dalam keadaaan masih panas. Dimsum paling baik disantap saat masih mengeluarkan kepulan asap kecil karena teksturnya masih lembut serta isiannya sangat lumer di mulut. Jika ada dimsum goreng dan dimsum kukus di atas meja makanmu, santaplah dimsum goreng terlebih dahulu baru agar tektur garingnya tetap terasa.

 

4. Berbagi

Saat perayaan hari raya Imlek, makan bersama dengan keluarga memang sudah menjadi tradisi. Oleh karena itu, berbagi dimsum yang tersaji di atas meja adalah hal yang menjadi keharusan. Dalam satu wadah bambu, biasanya ada sekitar 3-4 buah dimsum. Kamu bisa membaginya dengan orang yang terlebih tua dahulu, baru menyisakan untukmu.

 

5. Gunakan Sumpit

Tak ada aturan khusus jika menyantap dimsum harus menggunakan sumpit. Tapi menyantap dimsum saat jamuan makan Imlek dengan menggunakan sumpit dianggap lebih sopan dibanding kamu menggunakan tangan kosong. Hal yang harus kamu perhatikan adalah jepit dimsum dan jangan sekali-kali menusuk dimsum dengan menggunakan sumpit.

 

Itu dia cara yang tepat ketika teman kuliner makan dimsum saat Imlek. Karena sekarang sudah tahu, jadi langsung aja yuk datengin restoran chinese food rekomendasi PergiKuliner di bawah ini untuk mencicipi aneka dimsum nya yang lezat!

Lee Palace

Foto Lee Palace
Foto Lee Palace
Foto Lee Palace

Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

Wang Dynasty

Foto Wang Dynasty
Foto Wang Dynasty
Foto Wang Dynasty

Paradise Dynasty

Foto Paradise Dynasty
Foto Paradise Dynasty
Foto Paradise Dynasty

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?