Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Fried Chicken, Ayam Goreng Paling Populer di Dunia

List Artikel
22 Desember 2022 | 0 Komentar

Siapa sih yang tidak suka menyantap fried chicken? Ayam goreng krispi atau fried chicken merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tepungnya yang renyah ditambah dengan bumbu yang gurih membuat siapapun yang melahap makanan ini pasti akan menyukainya. Bicara mengenai suatu makanan tentu terasa kurang lengkap kalau tidak membahas asal-usulnya. Tak terkecuali olahan fried chicken ini. Meskipun sudah banyak yang tahu kalau fried chicken itu asalnya dari Amerika Serikat, namun tak sedikit juga yang belum mengetahui sejarah detailnya. Berikut sejarah fried chicken, ayam goreng paling populer di dunia!


1. Penemu Fried Chicken



Sumber: Pergikuliner.com


Fried chicken pertama kali dikenal di Amerika Serikat, khususnya di wilayah Kentucky, Texas, dan Florida. Menurut beberapa sumber mengatakan kalau fried chicken sebenarnya sudah ada sejak abad ke-18. Resep fried chicken pertama kali ditulis dan dipublikasikan oleh Hannah Glasse, yang merupakan koki asal Inggris dalam bukunya tahun 1747. Meski begitu, banyak yang meyakini juga bahwa fried chicken atau ayam goreng krispi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu di Tiongkok dan Afrika. Seiring berjalan waktu, fried chicken yang mulanya hanya populer di negara bagian Amerika Serikat, kemudian semakin dikenal dan digemari oleh banyak kalangan dari berbagai negara di dunia.


2. Fried Chicken Mulai Mendunia 



Sumber: Pergikuliner.com


Beberapa dekade kemudian, tepatnya setelah Perang Dunia II, seorang kolonel bernama Harland Sanders yang juga seorang pembisnis di Amerika Serikat, memutuskan untuk membuka usaha fried chicken. Ia membuka usaha fried chicken miliknya tersebut di Kota Kentucky. Ia kemudian memberi nama untuk restoran tersebut yaitu Kentucky Fried Chicken (KFC). Dari sinilah fried chicken yang kini kita kenal mulai berkembang pesat. Restoran tersebut sangat sukses hingga berekspansi ke luar negeri. Dari penjualan fried chicken tersebut, Sanders mampu meraup keuntungan hingga jutaan dollar AS pada masa itu.


3. Masuknya Fried Chicken ke Indonesia



Sumber: Pergikuliner.com


Setelah berhasil berekspansi ke luar negeri tentu fried chicken semakin dikenal di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Restoran Fried Chicken yang selama ini kita kenal mulai berekspansi juga ke negara kita. Fried chicken yang telah mendunia pun akhirnya juga mengalami banyak perubahan rasa menyesuaikan lidah masyarakat lokal di mana fried chicken dibuat. Seperti olahan fried chicken yang ada di Indonesia. Fried chicken yang dibuat di Indonesia sudah banyak melakukan inovasi seperti fried chicken sambal matah dan fried chicken geprek yang melokal rasanya.


Itulah asal-usul fried chicken atau ayam goreng krispi yang selama ini sering kita makan, namun diantara kamu mungkin belum mengetahui sejarah detailnya. Ternyata kepopuleran fried chicken yang kita kenal selama ini butuh waktu yang sangat panjang hingga bisa mendunia. Butuh banyak pengorbanan dan kerja keras dari para pengusaha untuk menciptakan olahan fried chicken yang begitu lezat. Bahkan pengaruhnya Amerika Serikat turut menaruh andil atas keberhasilan fried chicken hingga mendunia. Kalau kangen olahan fried chicken klasik maupun yang sudah diinovasi, bisa mampir ke deretan tempat makan fried chicken di Jakara rekomendasi PergiKuliner ini ya!

KFC Naughty by Nature

Foto KFC Naughty by Nature
Foto KFC Naughty by Nature
Foto KFC Naughty by Nature

Fried Chicken Master

Foto Fried Chicken Master
Foto Fried Chicken Master
Foto Fried Chicken Master

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Goobne Chicken

Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?