Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Selain Strawberry, Ini 7 Jenis Berry yang Berkhasiat untuk Tubuh!

List Artikel
19 Juli 2019 | 0 Komentar

Jenis buah berry merupakan salah satu sumber vitamin dan antioksidan yang paling kaya jumlah kadarnya. Sebagian besar buah beri menyimpan manfaat dan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh. Jenis dan bentuknya yang beragam mampu membuat pecinta buah berry menjadikannya buah favorit karena dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang menarik untuk disantap. Tak hanya itu saja, selain diolah menjadi makanan, buah-buah berry juga bisa dijadikan sebagai obat yang sangat berkhasiat dan berguna bagi tubuh lho. Apa saja ya jenis buah berry yang memiliki banyak khasiatnya? Berikut adalah daftar jenis buah berry yang bisa kamu konsumsi untuk kesehatan tubuh kamu:

 

1. Blackcurrant



Sumber : Healthline.com


Blackcurrant adalah salah satu jenis buah berry yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh dan mempercepat pembentukan sel dalam tubuh. Bentuknya yang bulat kecil dan berwarna ungu kehitaman, serta rasanya yang manis cenderung asam ini menarik perhatian para pecinta buah beri. Tidak hanya itu saja, blackcurrant juga mengandung antosianin, antioxidan yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas. Blackcurrant bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, diantaranya jus buah, untuk topping kue pie, kue tart dan waffle.

 

2. Blueberry



Sumber : Cullyskitchen.com


Buah berry kedua yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah blueberry. Blueberry termasuk buah yang banyak mengandung zat gula dari karbohidrat dibandingkan jenis buah beri lainnya, akan tetapi zat anti carcinogenik yang terdapat di dalamnya dapat memperbaiki kesensitifan kelenjar insulin. Selain itu, buah blueberry juga kaya akan vitamin C dan K untuk menjaga tingkat kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Blueberry biasanya diolah sebagai topping kue, waffle, selai atau saus buah dan bahkan dijadikan sebagai es krim rasa buah karena memiliki rasa yang manis dan sedikit asam serta warnanya yang cantik, yaitu keunguan.

 

3. Cranberry



Sumber : Stylecraze.com


Di antara kamu yang merayakan Thanksgiving pastinya sering melihat buah cranberry yang digunakan sebagai olahan sajian masakan pada kalkun. Tentu saja, jenis buah beri ini memang biasanya digunakan sebagai bahan utama saus pelengkap pada masakan terutama daging kalkun yang dapat menjadikan cita rasa kalkun tersebut menjadi lebih segar. Hal ini dikarenakan cranberry memiliki rasa yang sedikit asam dan segar. Perlu kamu ketahui juga, sari buah cranberry kaya akan vitamin C dan dapat mengobati penyakit infeksi saluran air seni lho.

 

4. Raspberry



Sumber : Driscolls.com


Berikutnya ada buah raspberry yang memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik dan indah. Warnanya yang kemerahan dapat membuat tampilan sajian makanan menjadi menarik. Cita rasa dan teksturnya yang manis dan lembut dapat dengan mudah meleleh saat menyantapnya. Raspberry juga sarat akan serat dan zat antioksidan seperti polifenol yang memiliki khasiat sehat untuk tubuh, diantaranya dapat menjaga imunitas tubuh, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, memerangi kanker, mengobati diabetes, menjaga kesehatan pencernaan dan masih banyak lagi.

 

5. Gooseberry



Sumber : Best-home-remedies.com


Mungkin tidak banyak yang mengenal buah gooseberry yang satu ini karena terdengar sangat asing, padahal buah ini ternyata memiliki banyak manfaat. Biasanya buah gooseberry digunakan untuk masker rambut yang dipercaya bagus untuk memperkuat akar rambut dan menghilangkan ketombe juga rasa gatal serta menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, buah gooseberry dapat membantu melancarkan pencernaan, memperlambat penuaan dini, mencegah anemia dan menjaga kadar gula darah. Bila ingin mengonsumsinya, akan lebih baik jika dijadikan sebagai ekstrak terlebih dahulu karena rasanya yang tergolong sangat asam.

 

6. Mulberry



Sumber : Freepik.com


Buah mulberry atau yang lebih dikenal sebagai buah murbei memiliki cita rasa manis, yang menjadikannya sebagai buah favorit bagi banyak orang khususnya pecinta buah beri. Buah murbei ini memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki buah murbei seperti zat besi, riboflavin, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalium, fosfor, kalsium dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu mempercepat proses pemulihan yang mengakibatkan terjadinya infeksi pada luka, mengontrol gula darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah resiko kanker dan masih banyak lagi. Dalam dunia kuliner, buah murbei sering dijadikan sebagai olahan selai, jeli, topping kue, teh dan juga sirup.

 

7. Acai Berry



Sumber :  Dbpost.com


Buah acai berry adalah buah ajaib yang kaya antioksidan dan antosianin yang efektif melawan proses penuaan dan mempercepat regenerasi sel kulit pada tubuh. Bila mengonsumsinya secara rutin, maka akan sangat baik untuk kesehatan jantung, serta dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Acai berry memiliki warna yang biru keunguan, ukurannya hampir sama dengan blueberry yang besar. Namun sangat sulit menemukan buah yang satu ini dalam keadaan utuh dan segar, karena buah ini sudah diolah menjadi ekstrak atau berbentuk pil.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis buah berry yang punya khasiat bagus untuk tubuh? Beberapa buah tersebut bisa kamu temukan di salah satu tempat makan berikut ini ya. Datangi langsung yuk!

Acai Parlor

Foto Acai Parlor
Foto Acai Parlor

Ignasia's Cake Me Away

Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away
Foto Ignasia's Cake Me Away

Patbingsoo

Foto Patbingsoo
Foto Patbingsoo

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?