Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otakmu

List Artikel
13 November 2018 | 0 Komentar
Ada kaitan erat antara fungsi otak dan pikiran. Otak manusia merupakan struktur pusat pengaturan. Otak berfungsi mengatur, mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Pada dasarnya Otak merupakan struktur yang kompleks dan kuat yang membutuhkan banyak nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Itulah pula sebabnya kita perlu merawatnya setiap hari. Apakah kamu sering merasa sulit berkonsentrasi dan mudah lupa terhadap hal-hal kecil di sekitarmu? Hal ini tentunya cukup mengganggu aktivitas maupun pekerjaan sehari-hari lho. Jika kamu sering mengalami hal-hal seperti itu, itu tandanya kamu perlu mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk otak.  Ada beberapa makanan yang dapat menambah konsentrasi dan menjaga fungsi otakmu. Penasaran? Simak ya!

1. Dark Chocolate

Sumber : wanita.me

Siapa yang nggak suka cokelat? Makanan ringan satu ini memang sangat digemari karena rasanya yang nikmat dan membuat ketagihan. Tapi tahukah kamu kalau cokelat ternyata juga mengandung kafein lho. Kafein inilah yang bertanggung jawab atas efek stimulan dalam kopi dan cokelat yang bisa menambah daya konsentrasimu. Kandungan kafein dalam cokelat juga bervariasi tergantung jenis cokelatnya. Dalam sekitar 50 gram dark chocolate batangan terkandung sekitar 12 miligram kafein. Sedangkan cokelat susu hanya mengandung sekitar 6 miligram saja. Lain lagi dengan cokelat putih yang bebas kandungan kafein. Selain kafein, cokelat juga mengandung senyawa kimia theobromin yang terasa pahit dan Juga bersifat sebagai stimulan, senyawa ini yang akan membuat kamu lebih bisa berkonsentrasi dan membuat mood jadi lebih baik. Dalam dark chocolate, kandungan theobromin ini lebih banyak dari kafein.

2. Ikan Laut

Sumber : Pergikuliner.com

Ikan mengandung asam lemak omega-3 EPA (eicosapentaenoic aced) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang terkenal baik untuk kesehatan jantung dan kulit. Selain itu, omega-3 juga penting untuk menjaga otak kita berfungsi secara normal dan efisien. Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 punya berperan meningkatkan fungsi otak, terutama pada kondisi mild cognitive impairment (penurunan fungsi kognitif ringan) baik akibat penuaan atau penyakit Alzheimer. Untuk mendapatkan omega-3 yang cukup, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya sekitar 300 mg atau 2 porsi ikan laut dalam satu minggu. Kamu bisa memilih aneka jenis ikan laut yang ada seperti salmon, makarel, tuna ataupun ikan sarden.

3. Alpukat

Sumber : Pergikuliner

Alpukat merupakan buah yang banyak disukai orang karena rasanya yang nggak hanya nikmat, namun juga memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu alpukat juga nggak hanya kaya dengan lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, tapi juga mengandung lutein, yaitu senyawa karotenoid yang juga banyak ditemukan pada sayur dan buah berwarna kuning. Kandungan lutein ini baik untuk mata dan otak karena bisa menambah kemampuan kognitif dan memori otak. Dan orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lutein akan memiliki respons otak yang stabil.

4. Kacang-kacangan


Sumber : Merdeka.com

Kacang-kacangan adalah sumber vitamin B yang penting untuk tubuh. Hampir semua jenis vitamin B yang penting untuk pembentukan energi dan sel tubuh bisa ditemukan dalam kacang-kacangan. Vitamin B juga penting untuk otak dan sistem saraf kita karena berperan dalam pembentukan senyawa neurotransmitter, yaitu senyawa kimia yang penting untuk komunikasi sel saraf. Vitamin B yang penting untuk kesehatan otak dan saraf yaitu vitamin B1 (thiamine), B6 (piridoksin) dan B9 (asam folat). Kamu bisa mendapatkan senyawa ini dengan mengonsumsi kacang seperti kacang merah, kacang hijau, atau kacang kedelai.

5. Gandum Utuh

Sumber : Hellosehat.com

Selain mengurangi risiko terkena serangan jantung, konsumsi gandum utuh juga bisa menjaga kesehatan otak lho. Hal ini dikarenakan gandum utuh mampu menjaga kelancaran aliran darah di berbagai organ tubuh, termasuk otak. Gandum utuh juga mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan nasi atau tepung terigu. Nggak cuma karbohidrat, gandum utuh banyak mengandung serat, vitamin E dan omega-3. Sama seperti hal lain di tubuh. Otak nggak bisa bekerja tanpa energi. Kemampuan berkonsentrasi dan fokus berasal dari persediaan energi yang memadai dan stabil. Persediaan ini dalam bentuk glukosa dalam darah kita yang mengalir ke otak. Nah, untuk mendapatkan ini, kamu bisa memilih wholegrains dengan indeks glikemik rendah.

Nah, itu dia lima makanan yang dapat meningkatkan fungsi otakmu, sehingga nggak akan mudah lupa dan lemot lagi ya. Kamu dapat dengan mudah menemukan makanan-makanan di atas. Dan beberapa restoran terbaiknya sudah PergiKuliner siapkan seperti di bawah ini!

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

BRUN Premium Chocolate

Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate

Avocado Lovers

Foto Avocado Lovers

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?