Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sisilah Melonpan Si Roti Unik Khas Jepang

List Artikel
20 Juli 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka nonton kartun Doraemon? Dalam kartun Doraemon ada beberapa kuliner yang sangat fenomenal. Selain dorayaki yang menjadi kue kesukaan Doraemon, ada melonpan yang disukai Dorami yang merupakan adik dari Doraemon. Tak jauh berbeda dengan dorayaki, melonpan ini juga sangat populer di Jepang. Bukan karena kemunculannya dalam kartun Doraemon, melainkan karena bentuknya yang unik dan tak biasa.Melonpan adalah roti yang memiliki bentuk bagian atas yang bulat dengan guratan-guratan di atasnya yang mirip dengan bagian luar melon alias kulit melon. Oleh karena itu, roti tersebut diberi nama melonpan. Meski namanya ada kata "melon" di dalamnya, tapi roti ini sama sekali tidak memiliki rasa melon atau terbuat dari campuran melon.



Sumber:  Thelittleepicurean.com


Nama melonpan diambil dari bahasa Asing, yakni Inggris dan Portugis. Melon yang berarti buah melon dalam bahasa Inggris dan "pan" yang berarti roti dalam bahasa Portugis. Jadi kalau digabungkan keduanya, menjadi roti melon. Meski demikian, penamaan melonpan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan negara Inggris dan Portugis karena melonpan benar-benar asli dari Jepang. Roti sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, yakni sekitar tahun 1970-an. Jadi bisa dikatakan kalau roti ini adalah jenis roti klasik atau roti tradisional Jepang. Roti ini pertama kali dibuat di Kobe oleh pemiliki bakery yang ingin membuat roti dengan bentuk unik dan tekstur yang berbeda dengan roti kebanyakan. Melonpan memiliki tekstur luar yang garing, mirip dengan baguette, tapi bagian dalamnya sangat lembut dan kenyal.



Sumber:  Chopstickchronicles.com


Di Jepang, melonpan sangat populer sekali dan masuk dalam daftar list wajib icip jika kamu ingin kulineran saat berwisata ke Jepang. Kepopulerannya ini semakin meningkat pesat sejak kemunculannya dalam kartun Doraemon karena sukses membuat banyak orang penasaran hingga sekarang. Awalnya melonpan hanya memiliki satu varian rasa saja, yakni original dengan rasa manis gula karena di dalamnya tidak ada isian apapun. Tapi saat ini, kamu bisa menjumpai melonpan dengan berbagauvaruan rasa dan isian, mulai dari rasa matcha, cokelat, strawberry, dan lain sebagainya. Melonpan tidak hanya bisa dijumpai di Jepang saja, tapi juga bisa dijumpai di Taiwan, China, Korea Selatan, Amerika, bahkan Indonesia. Rata-rata orang yang membeli melonpan untuk dijadikan sebagai menu sarapan karena pada dasarnya ukuran roti ini bisa dikatakan cukup besar sehingga bisa mengenyangkan.

 

Itulah silsilah dari melonpan yang perlu kamu ketahui. Buat yang ingin makan roti enak, kamu bisa mampir ke salah satu bakery di bawah ini yang punya roti-roti enak dengan beragam varian yang bisa kamu pilih agar tidak bosan.

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Clover Bakery

Foto Clover Bakery
Foto Clover Bakery
Foto Clover Bakery

Iwai Bakery

Foto Iwai Bakery
Foto Iwai Bakery
Foto Iwai Bakery

Super Furry Tea & Bakery

Foto Super Furry Tea & Bakery
Foto Super Furry Tea & Bakery
Foto Super Furry Tea & Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?