Suka Makanan Korea? Simak Fakta dan Manfaat Kimchi Yuk!

27 Februari 2019 | 0 Komentar
Bagi para pecinta K-pop, pastinya kamu mengenal kimchi dengan baik karena kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner khas Korea yang bisa disantap dengan padanan apa saja. Bagi masyarakat Korea, kimchi bisa dikatakan sebagai sambal bagi masyarakat Indonesia yakni sama-sama bisa menambah nafsu makanan. Rasanya tak lengkap hidangan Korea tanpa adanya kimchi yang menemani. Tapi tahukah kamu kalau ternyata bukan tanpa alasan kalau kimchi menjadi makanan pendamping pada semua kuliner Korea karena alasan di baliknya. Supaya kamu mengenal kimchi dengan lebih baik lagi, bagaimana jika kamu simak terlebih dahulu fakta dan manfaatnya di bawah ini!


 Sumber : Platingsandpairings.com



1. Kimchi Punya Puluhan Jenis
Selama ini kita selalu mengenal kalau kimchi hanya memiliki satu jenis saja yakni yang terbuat dari sawi putih. Hal ini dikarenakan kimchi sawi putih menjadi kimchi yang paling mudah dan banyak ditemukan di Indonesia. Tapi di negara asalnya, kimchi memiliki banyak sekali jenis. Hampir semua sayuran bisa dibuat menjadi kimchi seperti mentimun, daun bawang, lobak, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat kimchi memiliki puluhan jenis yang tidak akan membuat kamu bosan menyantapnya karena masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda.
 
2. Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Tersehat di Dunia
Berhubung kimchi dibuat dari bahan dasar sayuran yang difermentasikan, maka sudah pasti kimchi sangat sehat bagi tubuh kita. Kimchi sangat rendah kalori tapi kaya akan serat sehingga bagus untuk pencernaan. Tapi kamu pasti tidak akan menyangka kalau kimchi ternyata sudah dinobatkan sebagai salah satu makanan tersehat yang ada di dunia.
 
3. Orang Korea Punya Kulkas Sendiri Khusus Kimchi
Berhubung kimchi sudah menjadi kuliner yang wajib ada di masing-masing rumah, hampir sebagian besar masyarakat Korea memiliki kulkas terpisah yang sengaja dibeli khusus untuk menyimpan kimchi. Berhubung kimchi merupakan makanan yang tahan lama, biasanya kimchi yang diletakkan dalam kulkas bisa dijadikan stok selama satu tahun.
 
4. Kimchi Bisa Bikin Awet Muda
Kimchi dibuat dengan cara fermentasi dalam waktu yang cukup lama. Ini membuatnya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah penuaan dini alias bisa bikin awet muda. Tak heran kalau kamu melihat masyarakat Korea, baik itu perempuan maupun laki-laki memiliki kulit yang mulus. Tak hanya itu saja, kimchi juga dapat mengurangi resiko tertular dermatitis atopik hingga 32%.
 
5. Kimchi Bisa Cegah Penyakit Kanker
Selain bisa membuat awet muda, kimchi juga bisa mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan bubuk cabai yang digunakan dalam kimchi yang dipercaya bisa mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Selain itu dalam bubuk cabai juga terdapat vitamin A dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Nah, itu dia pembahasan mengenai fakta dan manfaat kimchi yang perlu kamu tahu, ternyata banyak juga ya? Jika kamu jadi terbayang akan kelezatan kimchi dan tak sabar untuk menyantapnya, kamu bisa langsung kunjungi beberapa rekomendasi tempat makan yang menyediakan menu kimchi di bawah ini ya teman PergiKuliner!

K-Kitchen

Born Ga

School Food Blooming Mari

Seorae

Arasseo


Topik artikel ini: