Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tahukah Kamu Perbedaan Pastry dan Bakery?

List Artikel
2 Oktober 2020 | 1 Komentar

Selama ini kita mengenal dua jenis makanan dalam dunia dessert yaitu pastry dan bakery. Namun kenyataannya masih banyak saja yang sulit membedakan antara mana yang dinamakan pastry dan bakery. Untuk lebih jelas, sebaiknya baca dulu yuk informasi mengenai cara membedakan pastry dan bakery berikut ini dari PergiKuliner:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Pengertian

Pastry merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan terutama kue baik itu kue kontinental maupun kue oriental. Nama pastry sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu ”patisserie” yang berarti kue. Sementara bakery merupakan bagian dari pastry yang bertanggung jawab pada pembuatan roti, danish, croissant dan produk-produk lain. Pada prosesnya, bakery setelah melalui pemanggangan masih harus melewati tahap penyelesaian seperti memberikan rasa dan tampilan tergantung pada kebutuhan.


2. Jenis-Jenis Pastry

Jenis pastry masih terbagi lagi menjadi dua yaitu yaitu kue kontinental dan kue oriental. Perbedaan ini terbagi berdasarkan atas penggunaan lemak dalam kuenya. Kue kontinental umumnya menggunakan lemak padat seperti margarin, mentega, dan shortening. Sementara kue oriental umumnya menggunakan lemak cair seperti santan dan minyak. Dan dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa yang termasuk kue kontinental diantaranya adalah kue-kue western dan modern seperti kue kering, kue tart, es krim, puding, dan lain-lain. Sedangkan, untuk kue oriental dapat kita temui pada beragam macam kue-kue basah dari Indonesia dan negara-negara asia lain seperti Thailand, China, Korea, dan Jepang.


3. Jenis-Jenis Bakery

Bakery dibuat dengan menggunakan berbagai bahan dasar seperti terigu, lemak, gula, telur, garam, dan susu. Dimana quick bread dan produk ragi-ragian juga termasuk dari bagian bakery. Di Indonesia sendiri, produk ragi-ragian atau yeast product ialah sejenis kue apem, surabi, bika ambon dan masih banyak lagi. Sementara quick bread yang berarti roti dengan proses pembuatan yang relatif singkat dengan proses fermentasi yang lebih cepat dapat mudah kita temui pada aneka jenis roti modern yang sering dijual di mall-mall.


4. Penggunaan Tepung

Terakhir, kita dapat mengetahui perbedaan pastry dan bakery dilihat dari jenis tepung yang digunakan. Tepung pastry memiliki presentase gluten paling rendah yaitu 8% hingga 9%. Sementara tepung yang digunakan untuk bakery mengandung gluten paling tinggi yaitu 11% sampai 12%.


Nah, sekarang sudah tau kan bedanya pastry dan bakery? Dan sekarang waktunya kamu mecicipi aneka roti dan kue di pastry dan bakery yang ada di Jakarta rekomendasi PergiKuliner berikut ini!

Lumiere

Foto Lumiere
Foto Lumiere
Foto Lumiere

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Tambah info
srimulyati@gmail.com | 14 Mar 2018 pk. 03:19 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?