Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Churros, Ini 5 Dessert Manis Khas Spanyol yang Bikin Nagih

List Artikel
25 Agustus 2020 | 0 Komentar

Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang tak hanya terkenal akan sepak bolanya, melainkan juga kulinernya. Salah satu kuliner dari Spanyol yang sangat terkenal di dunia adalah churros. Churros bisa dikatakan sebuah cemilan yang dibuat dari bahan dasar tepung, telur, dan gula yang dimasak dalam panci lalu dicetak berbentuk panjang dan digoreng hingga bagian luarnya kecoklatan dan disajikan dengan taburan gula halus maupun cocolan saus cokelat. Berhubung cita rasanya manis, tak heran kalau churros ini juga sering dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup setelah makan besar. Tapi selain churros, ternyata masih ada banyak dessert manis khas Spanyol yang bikin nagih, yaitu:


1. Membrillo Con Queso



Sumber: Directoalpaladar.com


Dessert manis khas Spanyol yang pertama adalah membrillo con queso yang terlihat cantik karena memiliki warna cerah dan layer berlapis. Dessert manis ini sekilas memang mirip dengan kue lapis, tapi pastinya membrillo con queso berbeda dengan kue lapis. Bahan utama untuk membuat membrillo con queso bisa dikatakan sangat unik karena bahan dasarnya adalah selai buah quince yang dipadu dengan cream cheese dan bahan tambahan lainnya.


2. Tocino Del Cielo



Sumber: Greatbrutishchefs.com


Tocino del cielo adalah sejenis puding khas Spanyol yang punya cita rasa manis dan legit dengan tekstur super lembut sehingga saat dimakan bisa langsung lumer di mulut. Tocino del cielo dibuat dari bahan dasar custard ringan yang pada bagian atasnya diberi lapisan karamel tipis. Tocino del cielo sangat sering dijadikan sebagai menu dessert kesukaan masyarakat Spanyol.


3. Arroz Con Leche



Sumber: Recetanestle.com.mx


Masih dengan puding khas Spanyol, tapi kali ini pudingnya sangat unik karena bahan utamanya yang tidak biasa. Arroz con leche dibuat dari bahan dasar beras yang dimasak bersama dengan susu cair, susu kental manis, vanili, kismis, dan kayu manis. Semua bahan dimasak bersama dan dicetak dalam wadah puding lalu didinginkan semalaman sehingga teksturnya bisa mengeras. Arroz con leche paling sering disajikan pada saat makan malam.  


4. Tarta De Queso



Sumber: Vitonica.com


Tarta de queso sebenarnya adalah cheese cake khas Spanyol. Tarta de queso berbeda dengan cheese cake kebanyakan karena teksturnya lebih lembut. Tarta de queso dibuat dengan menggunakan bahan dasar keju, susu, dan yoghurt yang dicampur dengan tepung terigu, telur, dan baking soda. Semua bahan yang sudah dicampur rata kemudian dipanggang hingga matang dalam oven. Kamu bisa menyajikan tarta de queso begitu saja atau diberi tambahan selai buah segar.


5. Tarta De Santiago



Sumber: Lacocinadefrabis.lavozdegalicia.es


Terakhir ada tarta de santiago yang merupakan pai asal Spanyol yang dibuat dari bahan dasar kacang almond yang sudah disangrai dan dihaluskan lalu dicampur dengan telur, gula pasir, tepung terigu, kayu manis, mentega, dan parutan kulit jeruk lemon. Semua bahan dicampur menjadi satu dan dipanggang hingga matang. Setelah matang dan dingin, biasanya bagian atasnya diberi taburan gula halus.


Terlihat lezat-lezat bukan dessert manis khas Spanyol di atas? Dari kelimanya ini, manakah yang paling menarik bagimu dan paling ingin kamu icip rasanya?

Street Churros

Foto Street Churros
Foto Street Churros
Foto Street Churros

Nidcielo

Foto Nidcielo
Foto Nidcielo
Foto Nidcielo

Auntie Anne's

Foto Auntie Anne's
Foto Auntie Anne's
Foto Auntie Anne's

Dutch Kitchen

Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen
Foto Dutch Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?