Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Perlu Daging, Ini Kuliner Vegetarian untuk Jadikan Lebaranmu Lebih Lezat

List Artikel
15 Juni 2018 | 0 Komentar

Hari lebaran tak akan lengkap tanpa adanya menu sajian khasnya. Pastinya akan ada menu ketupat beserta dengan sayur dan lauk pauknya. Lauk pauk yang paling sering dijadikan pendamping ketupat dan sayur adalah rendang, opor ayam, semur daging, kentang ati balado, hingga dendeng balado. Semua olahan tersebut kebanyakan menggunakan daging sebagai bahan utama. Lantas bagaimana kalau kamu adalah seorang vegetarian? Tentunya kamu tak tak bisa menikmati semua hidangan tersebut. Tenang saja teman PergiKuliner, karena tak hanya menu daging saja yang cocok untuk dijadikan sebagai menu lebaran. Ada juga menu vegetarian yang juga lezat seperti di bawah ini:

 

1. Opor Tahu Tempe


Sumber: sajiansedap.grid.id


Menu vegetarian pertama adalah opor tahu tempe. Siapa bilang hanya opor ayam saja yang terasa enak di lidah, opor tahu tempe juga sangat enak dan cocok untuk menemani sajian ketupat dan sayurnya. Sesuai dengan namanya, opor tahu tempe menggunakan tahu dan tempe dalam campurannya. Nilai gizi dan protein yang terkandung dalam tahu dan tempe tak kalah tinggi dengan opor ayam kok. Opor bisa kamu buat dalam dua versi, yakni opor kuning yang menggunakan kunyit dan opor putih yang tidak menggunakan kunyit.


2. Semur Tahu Tempe


Sumber: sajiansedap.grid.id


Ingin sesuatu yang tidak bersantan? Tahu dan tempe bisa dijadikan olahan semur yang memiliki citarasa manis dan gurih. Kelebihan semur tahu tempe dibanding semur daging adalah kamu tak perlu memasaknya dalam waktu yang lama, cukup hingga bumbu semur meresap dalam tahu dan tempe karena kedua bahan tersebut sudah empuk alias tidak seperti daging sapi yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Selain tahu dan tempe, kamu juga bisa menambahkan kentang dalam potongan yang besar di dalamnya.


3. Kentang Balado


Sumber: saribundo.biz


Kalau suka dengan kuliner pedas, kamu harus menyediakan menu kentang balado dalam menu sajian lebaran. Kentang balado merupakan kentang yang digoreng terlebih dahulu lalu diberi tumis kembali bersama dengan bumbu balado yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan garam. Kentang yang dijadikan balado biasanya dipotong kotak-kotak sedang, tapi kamu juga bisa memotongnya dalam bentuk lain seperti bentuk potongan wedges.


4. Rendang Jengkol


Sumber: resepkoki.id


Siapa bilang rendang hanya bisa dibuat dengan menggunakan daging sapi atau kerbau. Kamu juga bisa membuat rendang dari jengkol. Rendang jengkol memiliki rasa yang pedas dan gurih dengan tekstur yang tak kalah legitnya dari daging. Bumbu rempah dan cara memasak rendang jengkol ini sama saja dengan rendang daging pada umumnya. Yang membedakannya hanya pada penggunaan jengkolnya saja. Sebelum dimasak, jengkol sebaiknya diiris dua lalu direndam semalaman dan rebus dalam waktu kurang lebih 30 menit.


5. Sate Jamur


Sumber: amalkitchen.blogspot.co.id


Terakhir ada sate jamur yang juga tak kalah lezat dari sate ayam. Jamur memiliki tekstur kenyal yang hampir serupa dengan daging ayam ketika dimasak. Jenis jamur yang bisa digunakan adalah jamur tiram atau jamur merang yang tidak mudah hancur saat dibakar. Sebelum dibakar, suwir jamur agak lebar agar memudahkan saat menusuknya lalu olesi dengan bumbu olesan yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kecap manis, garam, dan merica.

 

Kuliner di atas tak kalah lezatnya bukan dengan kuliner yang terbuat dari daging. Apa kamu akan menyajikan semuanya pada hari lebaran nanti?

Kafe Hanara

Foto Kafe Hanara
Foto Kafe Hanara
Foto Kafe Hanara

Alpukat Bistro

Foto Alpukat Bistro
Foto Alpukat Bistro
Foto Alpukat Bistro

RM Kharisma

Foto RM Kharisma

Dharma Kitchen

Foto Dharma Kitchen
Foto Dharma Kitchen
Foto Dharma Kitchen

Namy House Vegetarian

Foto Namy House Vegetarian

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?