Tips dan Trik Menyimpan Gelato Agar Tekstur dan Rasanya Tetap Enak

26 November 2023 | 0 Komentar

Gelato merupakan salah satu kuliner manis asal Italia, tepatnya dari Sisilia. Gelato diciptakan pada tahun 1686 oleh seorang Nelayan di Sisilia. Keberadaan gelato tidak hanya populer di negara asalnya, melainkan juga terkenal di seluruh antero dunia, termasuk di Indonesia. Gelato yang tampilan mirip dengan es krim ini seringkali salah dikenali. Padahal keduanya berbeda. Gelato terbuat dari 25-30 persen udara sedangkan es krim bisa mencapai 50 persen. Inilah yang menjadikan gelato lebih mudah meleleh dibandingkan dengan es krim. Oleh karena itu, untuk menyimpan gelato lebih sulit dibandingkan dengan es krim. Tapi tentu saja karena rasanya yang enak, Teman Kuliner tidak akan bisa menolak untuk menyantapnya terus-menerus. Saat Teman Kuliner membeli gelato untuk dibawa pulang, terkadang gelato akan berubah tekstur dan rasanya karena kita tidak menyimpannya dengan benar. Di bawah ini ada beberapa tips dan trik menyimpan gelato supaya tekstur dan rasanya enak, yuk simak!


Simpan di Freezer Paling Ujung Dalam



Sumber: Pergikuliner.com


Tips yang pertama adalah menyimpannya di freezer paling ujung dalam. Hindari menyimpan gelato di bagian rak pintu kulkas karena selain suhunya tidak stabil saat dibuka, rak pintu kulkas memiliki suhu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian ujung dalam karena adanya pertukaran udara saat freezer dibuka. Suhu freezer yang cocok untuk menyimpan gelato adalah 0 derajat fahrenheit atau sekitar minus 17 derajat celcius. Hindari suhu di atas itu karena akan lebih mudah berubah teksturnya.

 

Bungkus Wadah Gelato dengan Plastik



Sumber: Pergikuliner.com


Ada satu trik yang sering dilakukan oleh orang-orang yang sering menyimpan gelato di dalam freezer mereka, yakni dengan membungkus wadah gelato dengan plastik. Sebisa mungkin hindari gelato terkontaminasi udara sehingga Teman Kuliner harus menutup kemasannya dengan rapat. Jika tidak rapat dan menyebabkan udara masuk, maka tekstur gelato akan mengering pada bagian pinggirannya sehingga saat disantap rasanya akan kurang enak. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membungkus wadah gelato dengan plastik, yakni dengan membungkus wadah gelato secara keseluruhan menggunakan plastic clip dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan plastik wrap. Jika menggunakan plastik wrap, Teman Kuliner harus membuka dulu tutupnya, lalu lapisi bagian atas kemasan gelato baru tutup kembali tutupnya dengan rapat. Dengan begitu, udara tidak akan masuk.


Membalik Wadah



Sumber: Pergikuliner.com


Trik yang terakhir ini memang terdengar tidak masuk akal, tapi sebenarnya sangat ampuh untuk digunakan. Gelato sangat mudah membentuk es kristal jika tidak disimpan dengan benar. Saat ada es kristal, maka tekstur dari gelato akan berubah dan tidak lagi menjadi lembut. Kristal es ini biasanya ada di bagian atas gelato dan dikarenakan adanya tetesan air pada tutup gelato sehingga membentuk kristal es. Untuk mengatasinya, Teman Kuliner harus membalik wadahnya secara berkala agar tetesan air tidak terbentuk menjadi kristal. Tapi sebelum membalik wadah, pastikan kalau tutup wadah sudah tertutup dengan rapat sehingga gelato tidak bocor.

 

Itulah beberapa tips dan trik menyimpan gelato agar tekstur dan rasanya tetap enak disantap. Semoga Teman Kuliner berhasil mencobanya! Untuk menerapkan tips ini pastinya Teman Kuliner butuh gelato. Di bawah ini ada beberapa gerai gelato enak rekomendasi dari Teman Kuliner lainnya yang sudah pernah mencoba. Yuk, coba kita cek bersama nama gerai gelatonya!

Ini Gelato

Legato Gelato

La Fior Gelato

Vilo Gelato

Vivoli Gelato


Topik artikel ini: