Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Memilih Menu Sarapan Sesuai Usia, Jangan Sampai Salah Pilih!

List Artikel
27 Mei 2023 | 0 Komentar

Sarapan dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Hal ini dikarenakan sarapan merupakan kunci utama sumber tenaga bagi tubuh supaya bisa melakukan aktivitas seharian penuh. Orang yang melewatkan sarapan akan merasa cepat lelah dan lapar. Biasanya menu sarapan berupa karbohidrat kompleks, protein, hingga serat tinggi. Tapi tahukah kamu kalau ternyata menu sarapan ini tidak bisa sembarang dipilih. Kita harus menentukan dan memilih menu sarapan yang tepat sesuai dengan usia. Jika salah memilih maka tubuh tidak bisa mendapatkan asupan yang tepat. Untuk mempermudah kamu dalam memilih menu sarapan sesuai usia, kamu bisa langsung melihat rekomendasinya di bawah ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Anak Kecil Umur 3-7 Tahun

Untuk anak kecil yang berumur antara 3-7 tahun, menu sarapan terbaik adalah makanan yang mengandung kadar karbohidrat dan serat tinggi.  Anak-anak pada usia ini terbilang anak dalam usia yang aktif bergerak sehingga membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Selain karbohidrat yang cukup, asupan seratnya juga harus tetap terpenuhi karena anak umur 3-7 tahun sangat sering terkena sembelit. Menu sarapan yang paling cocok adalah pancake hingga wafel yang diberi topping buah-buahan segar.

 

Anak-anak Umur 8-12 Tahun

Pada usia 8-12 tahun, anak sudah mulai masuk sekolah sehingga asupan nutrisinya haruslah lengkap. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, hingga kalsium dan vitamin D untuk perkembangan tulang dan gigi. Sebenarnya, menu sarapan yang disantap bisa serupa dengan anak umur 3-7 tahun. Hanya saja perlu ditambahkan menu kacang-kacangan untuk menambah asupan nutrisinya.

 

Remaja Umur 13-18 Tahun

Pada usia anak 13-18 tahun yang mencapai masa remaja, menu sarapan harus yang memiliki karbohidrat dan protein tinggi karena banyaknya aneka kegiatan yang harus dilakukan. Menu sarapan yang sesuai dengan usia ini adalah roti atau nasi yang diberi tambahan lauk telur, sosis, dada ayam, smoked beef, hingga bacon.

 

Dewasa Muda Umur 19-35 Tahun

Selanjutnya ada menu sarapan yang cocok untuk usia 19-35 tahun. Pada usia ini, kesibukan sudah mulai meningkat sehingga kebanyakan dari mereka melewatkan waktu untuk sarapan. Menu sarapan yang tepat adalah yang cepat disantap dan praktis sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menyantapnya. Menu yang disarankan adalah sereal, oatmeal, yoghurt, sandwich, hingga burrito.  

 

Dewasa Umur 36-55 Tahun

Selanjutnya ada menu sarapan untuk umur 36-55 tahun. Menu yang disarankan tidaklah jauh berbeda dengan menu sarapan untuk umur 19-35 tahun. Hanya saja di usia ini, kamu harus menambahkan asupan buah dan sayur ke dalam menu sarapan untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap baik.

 

Lansia Umur 56 Tahun ke Atas

Lansia berumur 56 tahun ke atas haruslah menyantap menu sarapan yang kaya akan serat tinggi dan protein, tapi rendah kalori dan karbohidrat. Pasalnya, pada usia ini aktivitas sudah berkurang sehingga asupan kalori dan karbohidrat juga harus dikurangi. Sebaliknya, konsumsi protein dan serat tinggi haruslah ditambah. Menu yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dada ayam, telur, hingga ikan salmon.

 

Sekarang kamu sudah tahu beberapa tips memilih menu sarapan sesuai usia. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu untuk memilih menu sarapan yang tepat. Buat kamu yang ingin mencari tempat makan untuk sarapan enak, kamu bisa melihatnya langsung di bawah ini!

Daruma Brunch House

Foto Daruma Brunch House
Foto Daruma Brunch House
Foto Daruma Brunch House

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Gaise Brunch & Bistro

Foto Gaise Brunch & Bistro
Foto Gaise Brunch & Bistro
Foto Gaise Brunch & Bistro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?