Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Memilih Santapan Seafood Segar agar Tak Keracunan

List Artikel
27 Juni 2023 | 0 Komentar

Seafood merupakan sebuah istilah untuk hidangan laut, bisa berupa hewan laut hingga tumbuhan laut, mulai dari kepiting, cumi, udang, kerang, ikan, hingga rumput laut. Jika dibandingkan dengan daging ayam, harga seafood memang lebih mahal, tapi tidak semahal harga daging sapi, namun ada beberapa seafood yang harganya juga bisa melebihi harga daging sapi. Seafood yang merupakan hewan laut memiliki tekstur yang sangat lembut dan agak kenyal setelah dimasak. Sensasi inilah yang membuat orang banyak menyukainya. Sayangnya, jika kamu tidak bisa memilih santapan seafood yang tepat maka bisa berdampak keracunan. Tidak jarang ada orang yang keracunan seafood. Supaya nantinya kamu tidak keracunan seafood, di bawah ini ada beberapa tips memilih santapan seafood segar. Yuk, simak!



Sumber: pergikuliner.com 


Mencari Tempat Makan yang Hewan Lautnya Masih Hidup

Tips yang pertama dalam memilih santapan seafood ini sangatlah umum dan sebenarnya perlu dilakukan. Pilihlah tempat makan yang memiliki seafood atau hewan laut yang masih hidup. Seafood hidup masih segar dan jika dimasak nantinya akan memiliki tekstur daging yang lebih kenyal dan rasa yang lebih manis. Berbeda dengan seafood yang sudah dalam keadaan beku. Seafood beku yang diolah cenderung kurang segar sehingga rasanya sudah pasti akan berbeda dengan seafood segar. Biasanya tempat makan seafood yang hewan lautnya masih hidup berada di pesisir laut atau area sekitar laut. Ada juga sebagian yang bisa dijumpai di tenda kaki lima. Pihak tempat makan seafood segar rata-rata akan menata hewan laut mereka yang masih hidup di dekat dapur supaya pelanggan bisa memilih secara langsung.

 

Perhatikan Kondisi Seafood

Jika tidak bisa menjumpai tempat makan yang hewan lautnya masih hidup, kamu bisa memperhatikan kondisi seafood yang ada di tempat makan tersebut. Untuk seafood segar yang belum matang, biasanya tidak akan mudah berlendir alias lendirnya sedikit dan aromanya juga tidak terlalu amis. Sedangkan kondisi seafood segar yang sudah matang, tekstur dari daging juga tidak berlendir dan akan tetap kenyal serta lembut saat masuk ke dalam mulut.

 

Minta Juru Masak Memasak Seafood hingga Matang

Tips memilih santapan seafood segar agar tak keracunan yang selanjutnya adalah meminta juru masak untuk memasak seafood hingga matang. Jadi, hindari untuk menyantap seafood setengah matang. Seafood yang setengah matang atau kurang matang bisa berpotensi menyebabkan keracunan karena bakteri tidak sepenuhnya mati. Berbeda jika menyantap seafood matang, maka bakteri sudah mati sehingga aman untuk dikonsumsi. Ingatlah bahwa daging seafood berbeda dengan daging sapi karena bakteri pada seafood bisa berkembang lebih cepat dibandingkan pada daging sapi sehingga rentan menyebabkan keracunan.

 

Pesan Seafood yang Dibumbui Banyak Rempah

Tips lain dalam memilih santapan seafood segar adalah memesan seafood yang dibumbui dengan banyak rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, pala, ketumbar, kunyit, sereh, lengkuas, dan sebagainya. Rempah-rempah ini tidak hanya bisa membuat rasa olahan seafood menjadi lebih enak dan membuat aromanya lebih wangi, tetapi juga bisa membunuh bakteri yang ada di dalam seafood sehingga kamu bisa terhindar dari keracunan seafood.

 

Setelah melihat beberapa tips memilih santapan seafood segar yang ada di atas, semoga kamu bisa terhindar dari keracunan seafood, ya! Buat yang ingin berburu seafood enak, kamu bisa mampir ke salah satu dari rekomendasi tempat makan seafood enak yang ada di bawah ini!

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar

Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar
Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar
Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Cabe Ijo Live Seafood

Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood

Sentosa Seafood

Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?