Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Suka Lobster? Ini Jenis Lobster Unggulan yang Sering Kamu Jumpai

List Artikel
30 November 2018 | 0 Komentar

Lobster, mendengar namanya pasti kamu langsung teringat akan kuliner yang mahal harganya. Lobster memang dikenal sebagai kuliner mewah karena harganya yang sama sekali tidak murah. Jika dijual di rumah makan atau restoran, satu porsi lobster bisa dibandrol dengan harga lebih dari dua ratus ribu rupiah. Hal ini dikarenakan lobster sangat sulit ditangkap atau dibudidayakan sehingga harganya jadi mahal. Sebelum dimasak, lobster memang memiliki tampilan yang tak terlalu menggugah selera. Tapi ketika sudah dimasak, maka tampilan warnanya jadi lebih cantik dengan kulit warna orange cerah dan berkilau. Lobster memiliki banyak sekali jenisnya, tapi dari sekian banyak tersebut, ada lima lobster unggulan yang paling sering dijadikan olahan lezat lho. Apa saja ya?


1. Lobster Bambu


Sumber : Bahasikan.com

Pertama ada lobster bambu yang memiliki warna campuran antara orange dan hijau seperti bambu. Selain itu, ciri-ciri fisik luarnya adalahadanya garis-garis berwarna hitam dan putih yang melintang di sepanjang badan lobster. Lobster bambu juga sering dijuluki dengan nama lobster hijau ini hidup di perairan laut dengan kedalaman hingga 15 meter. Di Indonesia, daerah penghasil lobster bambu adalah Aceh, Sumatera Barat, Manado, Makasar dan Jawa Barat.

 

2. Lobster pasir



Sumber : Elfianpermana010.wordpress.com


Lobster pasir menjadi jenis lobster yang paling banyak dijumpai di Indonesia dan Vietnam. Ciri-ciri dari lobster pasir adalah warnanya yang agak gelap cenderung cokelat keabu-abuan dengan antena yang sangat panjang dan kokoh. Selain itu ada bintik-bintik putih yang bisa kamu jumpai di sepanjang badan atasnya. Ukuran dari lobster pasir jantan biasanya dua kali lebih besar dibanding lobster pasir betina sehingga seringkali dijadikan olahan lobster bakar hingga kukus.

 

3. Lobster Batu


Sumber : Grow-mart.com

Jika dilihat sekilas, lobster batu agak mirip dengan lobster bambu karena sama-sama memiliki corak garis-garis berwarna hitam dan putih yang kentara. Tapi warna lobster batu cenderung lebih pucat dan kita bisa saja mengira kalau lobster batu ini tidak fresh, padahal baru saja ditangkap. Disebut dengan nama lobster batu karena lobster jenis ini memang ditemukan di bebatuan atau sela-sela karang yang ada di laut dalam. Aceh menjadi daerah penghasil lobster batu terbesar di Indonesia.

 

4. Lobster Batik



Sumber : Bensamuderamandiri.com


Kalau jenis lobster yang satu ini pasti bisa dengan mudah kamu kenali karena memiliki corak seperti kain batik sehingga dinamakan sebagai lobster batik. Lobster batik memiliki warna dasar cokelat dengan corak bintik-bintik putih, hitam, dan orange seperti warna kain batik kebanyakan. Lobster batik bisa dengan mudah dijumpai di wilayah pantai selatan pulau Jawa. Lobster batik memiliki cita rasa manis yang lebih terasa dibanding jenis lobster lainnya.

 

5. Lobster Mutiara


Sumber : Jualbelihasilpertanian.com


Terakhir ada lobster mutiara yang memiliki harga paling mahal dibanding keempat jenis lobster di atas. Hal ini dikarenakan lobster mutiara sangat sulit ditangkap karena hanya hidup di perairan yang ombaknya sangat besar. Lobster mutiara memiliki corak punggung biru kehijauan dengan tekstur kulit berbintik warna putih dan kuning. Berhubung dagingnya sangat tebal, lobster mutiara sering dijadikan menu sashimi.

 

Di antara kelima jenis lobster di atas, kamu pernah menyantap yang mana nih? Jika belum pernah, kamu bisa langsung kunjungi saja ya restoran-restoran seafood di bawah ini!

Loobie Lobster

Foto Loobie Lobster
Foto Loobie Lobster
Foto Loobie Lobster

LOVEster Shack

Foto LOVEster Shack
Foto LOVEster Shack
Foto LOVEster Shack

The Manhattan Fish Market

Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market

Pondok Kemangi

Foto Pondok Kemangi

Top Seafood

Foto Top Seafood
Foto Top Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?