Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Udang Tradisional Khas Indonesia yang Bisa Bikin Lidah Bergoyang

List Artikel
14 November 2019 | 0 Komentar

Udang merupakan salah satu seafood yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Cita rasa dagingnya yang cenderung agak manis dan gurih ini menjadikannya sangat disukai. Udang bisa dimasak dengan cara pengolahan apa saja, mulai dari direbus, dipanggang, digoreng, hingga dibakar. Tapi tahukah kamu kalau udang yang diolah dengan bumbu khas Indonesia cita rasanya akan semakin lebih lezat. Udang yang dijadikan masakan tradisional Indonesia memang bisa membuat kamu nambah nasi lagi saat menyantapnya. Ingin tahu olahan udang tradisional khas Indonesia yang paling populer? Cek dulu yuk di sini!

 

1. Udang Saus Padang dari Padang



Sumber : Qupas.id


Pertama ada udang saus Padang yang lebih sering kita jumpai di restoran seafood. Udang saus Padang merupakan udang yang dimasak dengan saus Padang. Saus Padang ini dibuat dari bumbu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, bawang bombay, jahe, kecap manis, saus tiram, saus sambal, daun bawang, lada dan garam. Cita rasa dari udang saus Padang ini ada gurih dan manisnya.


2. Udang Garo Rica dari Manado



Sumber : Grid.id


Berikutnya ada udang garo rica yang berasal dari Manado. Sesuai dengan namanya, olahan udang dari Manado memiliki cita rasa yang cukup pedas karena dibuat dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, tomat, sereh, jahe, gula pasir, dan garam. Jenis udang yang digunakan adalah udang windu yang ukurannya cukup besar. Udang garo rica tentunya bisa ditemukan di restoran Manado atau restoran seafood.


3. Udang Gulai dari Aceh



Sumber : Kurio.network


Udang gulai memiliki tampilan yang sangat menarik untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat. Udang yang digunakan adalah udang windu yang berukuran sedang lalu dibumbui dengan beragam rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, jintan, cabai merah, gula pasir, garam, cabai hijau, santan kental, jahe, dan sereh. Cita rasanya tentu saja creamy dan gurih karena ada campuran santan di dalamnya.


4. Gimbal Udang dari Semarang



Sumber : Resepkoki.id


­Gimbal udang atau yang dikenal dengan nama rempeyek udang merupakan kuliner khas Semarang. Bahan utama pembuatannya tentu saja udang yang dibalur dengan tepung terigu, tepung beras, daun jeruk, santan, bawang putih, kemiri, ketumbar, kencur, garam, gula merica, air dan telur. Gimbal udang ini seringkali ditemukan sebagai pendamping makanan nasi pecel hingga soto.


5. Udang Sambal Belacan dari Belitung



Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada udang sambal balacan yang asalnya dari Belitung. Udang sambal balacan ini merupakan campuran udang dengan menggunakan bumbu balacan yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, terasi, gula, tomat, lengkuas, daun salam dan garam. Cita rasanya pedas gurih dengan ada sedikit rasa manis yang bisa kamu rasakan.

 

Itulah beberapa olahan udang tradisional khas Indonesia yang bisa kamu icip. Semoga informasi di atas bisa menambah daftar pengetahuan kulinermu ya! Jika ingin menikmati kuliner Indonesia lainnya, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Live Seafood Cabe Ijo

Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo

Sentosa Seafood

Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?