Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyimpan Bawang Goreng Di Rumah Agar Tetap Awet dan Renyah

List Artikel
26 September 2020 | 0 Komentar

Hayo ngaku, siapa yang suka menambahkan bawang goreng dalam menu santapannya? Menambahkan bawang goreng memang dapat memperkuat aroma dan memberi kenikmatan pada masakan. Teksturnya yang renyah dan gurih membuat bawang goreng menjadi topping wajib dalam setiap masakan. Bawang goreng paling cocok disajikan dengan nasi hangat atau ditaburi pada hidangan berkuah seperti bakso dan soto. Tak heran kalau orang-orang kerap membuat bawang goreng dalam jumlah banyak agar bisa disimpan dan disajikan dalam berbagai hidangan. 

Namun, tak banyak orang yang tahu jika ternyata menyimpan bawang goreng juga ada tipsnya lho. Cara menyimpan bawang goreng yang kurang tepat akan membuat teksturnya menjadi lembek dan berminyak. Lantas, bagaimana cara menyimpan bawang goreng yang benar agar tetap awet dan renyah? Simak tipsnya!



Sumber: Pinterest.com


1. Pemilihan Jenis Bawang

Pemilihan bawang merah yang tepat tentu dapat menentukan hasil akhirnya. Pilihlah bawang merah yang berukuran besar atau sedang, serta masih segar. Selain itu, pastikan juga bawang merah yang dipilih memiliki kadar air yang cenderung rendah. Sebab bawang merah yang berkualitas akan memengaruhi keawetan dan cita rasa pada bawang goreng yang kamu buat.


2. Cara Pengolahan Yang Tepat

Cara mengolah bawang goreng yang kurang tepat dapat membuat bawang goreng buatanmu tidak bertahan lama. Meski terlihat mudah, ternyata membuat bawang goreng juga diperlukan trik khusus. Pertama, usahakan untuk mengiris bawang goreng dengan ketebalan yang pas, tidak terlalu tipis namun juga jangan terlalu tebal. Sebelum menggorengnya, rendam bawang dengan air garam selama 30 menit. Setelah itu, taburkan tepung maizena dan diamkan bawang selama satu sampai dua jam sebelum digoreng. Hal ini dilakukan agar teksturnya menjadi lebih renyah dan rasanya gurih.


3. Tiriskan Bawang Goreng

Setelah selesai menggoreng, jangan terburu-buru menyimpan bawang goreng dalam toples. Kamu dapat meniriskan bawang goreng terlebih dahulu hingga kandungan minyaknya berkurang. Biarkan bawang goreng pada ruangan terbuka. Setelah bawang goreng dingin dan minyaknya sudah tiris, barulah simpan bawang goreng buatanmu dalam toples atau wadah tertutup.


4. Teknik Penyimpanan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak menyimpan bawang goreng. Diantaranya adalah meletakkan tisu sebagai alas. Sebelum memasukkan bawang goreng ke dalam toples, letakkan tisu sebagai alasnya agar dapat menyerap minyak yang berlebihan. Selain itu, kamu juga dapat menyimpan bawang goreng di tempat yang kering dan bersuhu ruang agar lebih awet. Serta, jauhkan juga bawang goreng dari makanan beraroma menyengat dan sinar matahari langsung bila tak ingin kualitasnya menurun. 


Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu praktekan untuk menyimpan stok bawang goreng kamu agar selalu renyah dan tidak berbau tengik. Gimana, membantu banget kan?.

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?