Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Sarapan Sehat Bagi Orang Kantoran, Coba Yuk!

List Artikel
31 Maret 2019 | 0 Komentar

Hari ini kamu sarapan dengan apa? Sarapan menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan sebelum kamu berangkat ke kantor. Ada sebagian orang yang malas sarapan dan menganggap sarapan itu tidak perlu. Padahal ada banyak sekali manfaat sarapan untuk tubuh seperti bisa menjaga berat badan, bisa lebih berkonstrasi saat bekerja dan lain sebagainya. Jika ada sebagian orang yang malas sarapan, sebagian orang lagi yang selalu menyantap sarapan setiap harinya ini seringkali menyantap sarapan ala kadarnya. Padahal kita tidak boleh sembarangan memilih menu sarapan, apalagi bagi orang kantoran. Dengan menyantap menu sarapan yang tepat dan sehat, maka manfaat dari menyantap sarapan bisa lebih maksimal. PergiKuliner punya beberapa tips sarapan sehat bagi orang kantoran yang bisa kamu coba, yaitu:


Sumber : Pergikuliner.com 


1. Santap Karbohidrat Seperlunya

Jika diperhatikan, masyarakat Indonesia memiliki menu sarapan yang mengandung karbohidrat tinggi. Contohnya saja seperti nasi goreng, mie goreng, nasi uduk, lontong sayur, hingga bubur ayam. Menu sarapan sehat yang pas untuk orang kantoran adalah sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti pasta gandum, beras merah, gandum dan lain sebagainya. Dengan menyantap karbohidrat kompleks, maka kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa mengantuk karena karbohidrat kompleks ini rendah gula.

 

2. Asupan Protein Harus Tinggi

Saat sarapan, tubuh kita sangat perlu mendapatkan asupan protein tinggi supaya kinerja otak bisa lebih maksimal dan metabolisme tubuh terjaga saat bekerja seharian. Jadi lebih baik meningkatkan asupan protein saat sarapan. Protein tinggi juga bisa mengatur kadar gula darah dan membantu untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Jenis protein yang bagus disantap saat sarapan adalah ikan, telur, hingga dada ayam.

 

3. Sarapan Harus Kaya Akan Serat

Jika menu sarapan sehat ada karbohidrat kompleks dan protein tinggi, kandungan serat juga tidak boleh terlupakan. Asupan serat ini sangat penting saat sarapan supaya bisa menjaga dan memelihara organ pencernaan dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga pada jam 10.00 hingga jam 12.00 kamu tidak tergoda untuk nyemil camilan yang tidak sehat. Sarapan kaya serat ini bisa didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan seperti apel, pisang, tomat, daun selada, hingga wortel.

 

4. Air Kelapa Hijau Jadi Penambah Energi

Air kelapa hijau memang dikenal sebagai penambah energi alami yang bisa mengganti ion dalam tubuh. Biasanya orang akan menyantap air kelapa hijau saat siang hari, tapi ternyata jika diminum saat sarapan, kamu bisa mendapatkan asupan energi untuk beraktivitas seharian. Air kelapa hijau juga bisa menetralkan racun dalam tubuh, mencegah dehidrasi dan menjaga stamina agar tetap terjaga.

 

5. Memperhatikan Kualitas

Tips terakhir yang wajib kamu ingat adalah menu sarapan sehat bagi orang kantoran bukanlah mementingkan kuantitas, tapi kualitaslah yang perlu diperhatikan. Jadi kalau selama ini kamu sarapan dengan tujuan supaya kenyang sehingga porsi sarapan jadi lebih besar, maka mulailah untuk mengurangi porsi tersebut dan menggantinya supaya lebih berkualitas dengan menyertakan porsi protein dan serat yang seimbang dengan karbohidrat. Jika kamu sarapan sampai kekenyangan, maka kinerja otak akan melemah dan bisa menghambat aktivitasmu. Ditambah lagi kamu jadi malas bergerak dan mudah mengantuk.

 

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana sarapan sehat yang bagus untuk orang kantoran? Coba dipraktekkan langsung saja ya teman PergiKuliner, kamu bisa mencoba memasak di rumah atau makan langsung di tempat-tempat berikut ini!

Sama Dengan

Foto Sama Dengan
Foto Sama Dengan
Foto Sama Dengan

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Social House

Foto Social House
Foto Social House
Foto Social House

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?