Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Sehat Buat Kamu yang Sering Minum Kopi

List Artikel
11 November 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia. Minuman yang awalnya lebih banyak diseruput pada saat pagi hari, kini bisa dinikmati saat kapan saja karena minum kopi sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat perkotaan. Baik itu diminum saat sedang meeting bersama dengan klien hingga saat sedang nongkrong bersama dengan teman-teman. Kopi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah depresi, meningkatkan memori ingatan, menurunkan resiko kanker, dan masih banyak lagi. Tapi di balik banyaknya manfaat kopi tentunya ada dampak negatif yang dihasilkan oleh kopi. Nah, bagi kamu yang sering minum kopi atau setiap hari, PergiKuliner punya beberapa tips sehat agar kamu tetap bisa minum kopi dengan aman setiap harinya, yaitu:



Sumber: Pergikuliner.com


1. Kurangi Gula dan Krim

Minum kopi setiap hari memang sangat bagus bagi tubuh, tapi tentunya jenis kopi yang bisa kamu konsumsi adalah varian kopi hitam seperti americano dan espresso. Penggunaan gula dan krim pada kopi bisa membuat kadar gula darah kamu naik dan mengakibatkan resiko penyakit diabetes. Jadi kalau kamu ingin minum kopi setiap harinya, kamu bisa memilih varian kopi hitam.


2. Memperbanyak Minum Air Putih

Kamu pasti sudah tahu kalau dampak dari seringnya minum kopi bisa membuat warna gigi kamu menguning. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meminum banyak air putih setelah minum kopi agar sisa kopi yang melekat pada gigimu bisa hilang dengan minum air putih. Selain itu, air putih juga bisa melapisi lapisan dinding lambung agar tidak langsung terkena kafein dari kopi.


3. Beri Jeda Saat Makan dan Minum Kopi

Minum kopi setiap hari, terutama saat pagi hari bisa membuat perut mulas karena kafein bisa menstimulasi dan meningkatkan kontraksi dalam usus sehingga kotoran bisa lebih cepat keluar. Hal ini membuat nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh jadi lebih sedikit. Oleh karena itu, beri jeda waktu saat kamu baru selesai makan dan ingin minum kopi agar makanan yang telah kamu makan bisa diserap terlebih dahulu nutrisinya oleh tubuh.


4. Memperbanyak Makan Buah dan Sayur

Untuk meminimalisasi efek samping dari terlalu sering minum kopi, kamu bisa memperbanyak makan buah dan sayuran. Buah dan sayuran selain memiliki banyak kandungan serat alami juga bisa membuat nutrisi dalam tubuh jadi lebih seimbang dan mengurangi efek kafein secara alami.


5. Kopi yang Digiling Lebih Baik dari Kopi Instan

Kopi yang digiling sendiri akan jauh lebih sehat dibanding kopi instan karena kamu bisa mengontrol kadar gula dan krim dalam minuman kopimu. Jika tak mau repot menggiling sendiri di rumah, kamu bisa membeli yang sudah digiling atau minum di coffee shop. Saat memesan kopi di coffee shop kamu bisa meminta jumlah takaran gula dan krim pada barista sesuai dengan keinginan kamu. 

 

Itu dia beberapa tips sehat buat kamu yang sering minum kopi. Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi dalam mengkonsumsi kopi dan tetap bisa tetap menyeruput kopi dengan aman. Apalagi kalau kamu minum kopi di beberapa coffee shop atau kedai kopi rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Soth.Ta Coffee

Foto Soth.Ta Coffee
Foto Soth.Ta Coffee
Foto Soth.Ta Coffee

First Crack

Foto First Crack
Foto First Crack
Foto First Crack

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Harlan + Holden Because Coffee

Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee

kopimanyar

Foto kopimanyar
Foto kopimanyar
Foto kopimanyar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?